bedah urologi

sekadar catatan kecil

VARIKOKEL, varicocele

Home >> Urologi >> Varikokel, varicocele

  • Topic Related :

- Embolisasi varikokel, varicocele embolization
- Hidrokel



Varikokel , varicocele, adalah dilatasi abnormal dari vena pada pleksus pampiniformis akibat gangguan aliran darah balik vena spermatika interna. Kelainan ini terdapat pada 15% pria. Varikokel ternyata merupakan salah satu penyebab infertilitas pada pria; dan didapatkan 21-41% pria yang mandul menderita varikokel.

Etiologi dan anatomi

Hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti penyebab varikokel, tetapi dari pengamatan membuktikan bahwa varikokel sebelah kiri lebih sering dijumpai daripada sebelah kanan (varikokel sebelah kiri 70–93 %). Hal ini disebabkan karena vena spermatika interna kiri bermuara pada vena renalis kiri dengan arah tegak lurus, sedangkan yang kanan bermuara pada vena kava dengan arah miring. Di samping itu vena spermatika interna kiri lebih panjang daripada yang kanan dan katupnya lebih sedikit dan inkompeten.

Jika terdapat varikokel di sebelah kanan atau varikokel bilateral patut dicurigai adanya: kelainan pada rongga retroperitoneal (terdapat obstruksi vena karena tumor), muara vena spermatika kanan pada vena renails kanan, atau adanya situs inversus.

Patogenesis

Varikokel dapat menimbulkan gangguan proses spermatogenesis melalui beberapa cara, antara lain:

1. Terjadi stagnasi darah balik pada sirkulasi testis sehingga testis mengalami hipoksia karena kekurangan oksigen.

2. Refluks hasil metabolit ginjal dan adrenal (antara lain katekolamin dan prostaglandin) melalui vena spermatika interna ke testis.

3. Peningkatan suhu testis.

4. Adanya anastomosis antara pleksus pampiniformis kiri dan kanan, memungkinkan zat-zat hasil metabolit tadi dapat dialirkan dari testis kiri ke testis kanan sehingga menyebabkan gangguan spermatogenesis testis kanan dan pada akhirnya terjadi infertilitas.

Gambaran klinis dan diagnosis

Pasien datang ke dokter biasanya mengeluh belum mempunyai anak setelah beberapa tahun menikah, atau kadang-kadang mengeluh adanya benjolan di atas testis yang terasa nyeri.

Pemeriksaan dilakukan dalam posisi berdiri, dengan memperhatikan keadaan skrotum kemudian dilakukan palpasi. Jika diperlukan, pasien diminta untuk melakukan manuver valsava atau mengedan. Jika terdapat varikokel, pada inspeksi dan papasi terdapat bentukan seperti kumpulan cacing-cacing di dalam kantung yang berada di sebelah kranial testis.

Secara klinis varikokel dibedakan dalam 3 tingkatan/derajat:

1. Derajat kecil: adalah varikokel yang dapat dipalpasi setelah pasien melakukan manuver valsava

2. Derajat sedang: adalah varikokel yang dapat dipalpasi tanpa melakukan manuver valsava

3. Derajat besar: adalah varikokel yang sudah dapat dilihat bentuknya tanpa melakukan manuver valsava.

Kadangkala sulit untuk menemukan adanya bentukan varikokel secara klinis meskipun terdapat tanda-tanda lain yang menunjukkan adanya varikokel. Untuk itu pemeriksaan auskultasi dengan memakai stetoskop Doppler sangat membantu, karena alat ini dapat mendeteksi adanya peningkatan aliran darah pada pleksus pampiniformis. Varikokel yang sulit diraba secara klinis seperti ini disebut varikokel subklinik.

Diperhatikan pula konsistensi testis maupun ukurannya, dengan membandingkan testis kiri dengan testis kanan. Untuk lebih objektif dalam menentukan besar atau volume testis dilakukan pengukuran dengan alat orkidometer. Pada beberapa keadaan mungkin kedua testis teraba kecil dan lunak, karena telah terjadi kerusakan pada sel-sel germinal.

Untuk menilai seberapa jauh varikokel telah menyebabkan kerusakan pada tubuli seminiferi dilakukan pemeriksaan analisis semen. Menurut McLeod, hasil analisis semen pada varikokel menujukkan pola stress yaitu menurunnya motilitas sperma, meningkatnya jumlah sperma muda (immature,) dan terdapat kelainan bentuk sperma (tapered).

Terapi

Masih terjadi silang pendapat di antara para ahli tentang perlu tidaknya melakukan operasi pada varikokel. Di antara mereka berpendapat bahwa varikokel yang telah menimbulkan gangguan fertilitas atau gangguan spermatogenesis merupakan indikasi untuk mendapatkan suatu terapi.

Tindakan yang dikerjakan adalah:

(1) ligasi tinggi vena spermatika interna secara Palomo melalui operasi terbuka atau bedah laparoskopi,

(2) varikokelektomi cara Ivanisevich,

(3) atau secara perkutan dengan memasukkan bahan sklerosing ke dalam vena spermatika interna ( embolisasi ). Untuk lebih jelasnya mengenai embolisasi varikokel KLIK DISINI.

Evaluasi

Pasca tindakan dilakukan evaluasi keberhasilan terapi, dengan melihat beberapa indikator antara lain: (1) bertambahnya volume testis, (2) perbaikan hasil analisis semen (yang dikerjakan setiap 3 bulan), atau (3) pasangan itu menjadi hamil.

Pada kerusakan testis yang belum parah, evaluasi pasca bedah vasoligasi tinggi dari Palomo didapatkan 80% terjadi perbaikan volume testis, 60-80% terjadi perbaikan analisis semen, dan 50% pasangan menjadi hamil.

About these ads

Juni 21, 2008 - Posted by | urologi | , , , , , , , , , , , , , , ,

109 Komentar »

  1. ok bos

    Komentar oleh aku | Juni 22, 2008 | Balas

  2. We…eee….eee…eee…akhirnya bikin blog juga to….Wah,,,wah,,,hebat euy. :D Nih, tak kasih komentar. Idep2 buat penglaris…wakakak…

    Postingan ini mesti hasil copy paste pas dapet tugas koass bedah to? Hayo ngaku….

    Sayangnya kuq bikinnya di wordpress…Aku kesulitan ngasih komentar kalo di wordpress. Bikin di blogger aja…HIDUP BLOGGER! ^0^

    Komentar oleh Andri | Juni 22, 2008 | Balas

  3. pak bisa gak….mandul bisa di obati…ada teman saya dia(pria) punya penyakit,,katanya tidak bisa punya keturunan,,dia mengatakan bahwa penyakitnya itu tidak bisa di obati ataupun di operasi,,,aku tidak tau persis,sebab dia tidak bertahu apa nama penyakit itu?saya perihatin sama teman saya itu…

    Komentar oleh Ama | Juli 15, 2008 | Balas

  4. @Ama
    Ya kalo mandul(Infertil) kan penyebabnya mcm2, bisa dr pihak pria atopun perempuannya. Varikokel mrpkn salah satu aja dr byk penyebab infertil pd pria. So, segera periksakan ke dokter terdekat suami-istri tersebut. Ok.

    Komentar oleh becks | Juli 17, 2008 | Balas

  5. DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD

    Komentar oleh icad | Agustus 6, 2008 | Balas

  6. Pak, tanya ya kalo hasil pemeriksaan sperma hasilnya azospermia, masih bisa punya anak nggak?Apakah kalo kena varicocele bisa disembuhkan ? Pak saya sangat memerlukan jawabannya.Thanks

    Komentar oleh Finna | Agustus 13, 2008 | Balas

  7. pak dokter. sy usia 34 tahun, menderta varikokel KANAN kira2 setahun, tapi karena nyeri yg sangat, maka baru operasi varikokel kmrn. tapi kata dokter bedahnya, cuma diikat pembuluh vena yg mengarah ke vena cava, spy darah tdk mngalir ke bawah. sementara benjolan varisesnya masih ada di scortum, dan benjolan varises itu terasa nyeri.
    berkali2 sy tanya dokter, mnrt beliau tdk perlu dikhawatirkan dan tdk perlu ‘dihilangkan’/’diangkat dgn operasi’. masalahnya, kalo dibiarkan disana terus, makin lama, makin mengganggu aktifitas saya.
    apakah memungkinkan, benjolan varises itu dihilangkan, dengan cara medis?? sy tdk masalah dgn fertilitas, saya tdk mandul,sudah punya 3 anak.
    terima kasih

    Komentar oleh ariel | Agustus 27, 2008 | Balas

  8. pak, saya mw nanya, apa bisa varicocele disembuhkan dengan terapi seperti terapi pijat/totok??
    apa pasti 100% bisa normal bila telah operasi?
    terima kasih

    Komentar oleh sony | September 4, 2008 | Balas

  9. ^sony..
    kalau mau terapi yang untuk bisa dilaksanakan pada manusia melalui riset dan kajian ilmiah yang panjaaaang sekali, anda bisa memakai jasa dokter.

    tapi kalo mau “coba2″ dan puas hanya dengan testimoni katanya, anda bisa pake pengobatan yang lain,
    tx

    Komentar oleh becks | September 5, 2008 | Balas

  10. bagaimana dg BURUNK saya ini bozt…..????….

    Komentar oleh yeast | Oktober 10, 2008 | Balas

    • Ass ww Dok, saya punya Varikokel awalnya sebelah kiri, dan kata dokter harus dioperasi, namun karna saya dapat kerjaan dan harus udah mulai masuk, jadi saya batalkan operasi tsb, dan sampai saat ini sudah 11 tahun itu terlewati, sekarang saya udah punya anak 2 Org, yang membuat saya resah dan kadang sakit pada varikokel tsb kayaknya udah mulai membesar, berat dan sekarang menjalar kekantong sebelah kanan dok, trus apa yang harus saya lakukan..,apakah cuma operasi jalan terakhirnya dok, tolong dong sarannya dok, mksh sebelumnya y.

      Komentar oleh udaaaaa | Mei 16, 2011 | Balas

  11. apakah kebanyakan ONANI bisa menimimbulkan VORIKOKEL….???

    Komentar oleh yeast | Oktober 10, 2008 | Balas

  12. kaka’Q kan juga kena penyakit itu.trus udah operasi.apa penyakit ini bisa sembuh?

    Komentar oleh ani | Oktober 15, 2008 | Balas

  13. mohon ijin buat ngopi..buat belajarrr.

    Komentar oleh candra | Oktober 19, 2008 | Balas

  14. kakak saya udh operasi tp ktanya cm di ikat gt,,,trs bsk mw operasi lg.,,apakah sehabis operasi bisa sembuh?????

    Komentar oleh guitarcode | November 4, 2008 | Balas

  15. Dok, sy pengidap varikokel. sy diaanjurkan utk operasi, tp sy tdk punya biaya utk itu. bila sy tdk di operasi apa bs bermasalah testis sy? Tq

    Komentar oleh bobby e | Desember 27, 2008 | Balas

  16. gejala varicocel itu seperti apa untuk lebih jelasnya(scr fisik)……..

    Komentar oleh nilam | Januari 1, 2009 | Balas

  17. dok, apa setiap verikokel hrs dioperasi? kalo iya, nama & jenis operasinya apa? konsekuensinya apa kl tdk dioperasi? kl tdk hrs dg operasi, apa ada terapi/tindakan non-operatif lain? makasih ya, dok..

    Komentar oleh arif | Januari 22, 2009 | Balas

  18. saya mau tanya,
    apakah varicocele ini berbahaya bagi laki-laki?
    trus,apakah klau kta mempunyai penyakit ini kta akan menderita KEMANDULAN,……………….

    Komentar oleh novrizal | Januari 28, 2009 | Balas

  19. dok,saya telah dioperasi karena varikokel.
    Tapi benjolan seperti cacing diskrotum belum hilang?
    Berapa lama akan hilang ?
    Seteleh dioperasi saya tidak kuat anggat beban
    diatas 20 kg,apa ini pengaruh operasi?

    Komentar oleh charis mustofa | Januari 29, 2009 | Balas

  20. kira2 apa ya…., Efek amping kl varikokel di operasi. Mohon bantuannya

    Komentar oleh Bobby | Februari 22, 2009 | Balas

  21. saya sudah menikah 11 tahun , belum mempunyai anak. barusan terdeteksi adanya varikokel. saya sudah menjalani operasi varikokel , apa yang harus saya jalani agar segera mempunyai keturunan ?

    Komentar oleh setiyo | Maret 11, 2009 | Balas

    • satu tahun yang lalu,saya dioperasi karena varicocele. Namun sampai sekarang,istri saya belum ada tanda-tanda hamil.Apakah,penyalit varicocele tumbuh lagi atau bagaimana.Trima kasih

      Komentar oleh asmawi,HS | September 23, 2009 | Balas

  22. saya laki-laki 25 th,knp klo habis ereksi kadang terasa da rasa tegang disekitar testis. apakah itu termasuk vorikokel?trim”s dok.

    Komentar oleh lb2 | Maret 15, 2009 | Balas

  23. Salam,
    Saya adalah penderita varikokel,,dan saya telah melakukan operasi.
    Tapi sampai saat ini,varikokel itu masih ada.
    Gumpalan seperti cacing itu masih sering terjadi.
    Apakah operasinya gagal?
    Saya belum menikah,,bagaimana saya harus membuktikan kesuburan saya??

    Komentar oleh Fajrin Setiamartha | Maret 24, 2009 | Balas

  24. Salam..
    Sy laki2 berusia 27 thn.. Sy blm tau apakah sy penderita hernia atau varikokel. Tp sy merasa pegal dan berat di bagian testis apbl sy kecapean atau kelelahan dlm bekerja.. Dan pd batang penis ada urat atau otot yg menonjol pd sbelah kanan.. Dan sperma sy jg ada yg menggumpal spt karet atau lem. Mohon petunjuk. Apakah sy menderita hernia atau varikokel..

    Komentar oleh Okto | Maret 25, 2009 | Balas

  25. dok mau nanya ada gak selain operasi obatnya yang alami atau obat herbal.saya sekarang baru berusia 20 tahun ,saya merasakan di pinggang saya sebelah kiri bagian bawah atau hampir dekat scrotum sebelah kiri terkadang terasa nyeri apalagi kalo sedang capek.Apakah itu termasuk verikokel?
    tyhank …

    Komentar oleh zifau | Mei 4, 2009 | Balas

  26. terimakasih atas pengetahuan tentang penyakit itu,aku jadi ngerti bahaya n efek dari penyakit itu

    Komentar oleh dindra | Mei 6, 2009 | Balas

  27. makasi atas infonya, siapa pun yang ahu tolong donk kirim jawaban di savitrievy@yahoo.co.id
    apa varikokel bisa mematikan penderitanya ?
    terus apa kalau operasi bisa gagal atau tidal berhasil ?

    Komentar oleh evy | Mei 25, 2009 | Balas

    • gak mematikan. kcuali ad komplikasi lain.
      shbis op bs kambuh lg.

      Komentar oleh becks | Mei 25, 2009 | Balas

  28. biasa nya pake bius apa untuk operasi varicocele?

    Komentar oleh nia | Mei 26, 2009 | Balas

  29. dok saya umurnya 22th da menderita pnyakit varikokle tp saya takut klo di Operasi apakah ada cara lain to menyembuhkanya dok?

    Komentar oleh Arman | Juni 11, 2009 | Balas

  30. Dok,saya umur 26 th,saya udh nikah 1 th belum punya anak,setelah saya periksa ke dokter saya menderita penyakit varikokel,saat itu jg lgsung saya operasi karena mnrut dokter kalo ga di operasi itu menyebabkan kurang subur pada sperma saya dan mengakibatkan tdk bisa punya keturunan tapi setelah 6 bln kemudian kenapa saya jg blm pnya ketururnan dan kadang2 kalo saya kecapean kenapa rasa nyeri itu msh terasa….???

    Komentar oleh gatan_d@yahoo.co.id | Juni 19, 2009 | Balas

    • Saya hanya ingin menambahkan tentang pengalaman pribadi saya,buat Bp2 semua tidak usah takut apabila terkena penyakit varicocale pasti tdk bisa punya anak,karena yg saya alami sendiri setelah operasi 1 thn,dan saya melakukan tes kesuburan ke Lab. hasilnya Alhmdulilah NORMOZOOSPERMIA,yg artinya Sperma Normal,dan saat ini istri saya Alhmdlah sudah hamil,sekedar info aja kalo memang sudah di operasi coba di tes aja ke dokter untuk memastikan kesuburannya ato ada gangguan lain.Thx

      Komentar oleh gatan | November 26, 2009 | Balas

  31. dok, varikokel ap bedanya ma tortio testis?
    soalnya kayanya gw menderita tortio deh dok
    ap yang harus saya lakukan? sy blum ke dokter sih, jadi blum bisa pastiin itu tortio, tapi gw lht d suatu situs mirip dok,
    kalo d biarin ad efek sampingnya gak dok? cara penyembuhannya ad gak selain operasi? soalnya takut operasi :(

    Komentar oleh Firan | Juli 3, 2009 | Balas

  32. Pak, saya sudah diperiksa sekitar tahun 2003 dan harus dioperasi varikokel, tapi belum dilakukan, apa kalo sekarang dioperasi harus periksa dari awal lagi, atau tinggal operasi saja. Tks

    Komentar oleh sukardi | Juli 7, 2009 | Balas

  33. sy punya teman testisnya besar sebelah, apakah itu penyakit varikokel?, kalau betul bagaimana cara mengobatinya, trimakasih….

    Komentar oleh abdullah | Juli 20, 2009 | Balas

  34. Saya punya teman yang hanya mempunyai testis satu buah, bagaimanakah pengaruh untuk kesehatan dan reproduksinya, mohon jawabannya, terimakasih

    Komentar oleh Noviandi | Juli 28, 2009 | Balas

  35. kok segitu banyak pertanyaan gk da jawabanya semua, pribenn tochh????

    Komentar oleh Rieni | Agustus 16, 2009 | Balas

  36. dok saya sudah operasi varikokel sudah 3 tahun yg lalu, tapi knapa sampe sekarang kantong testis sebelah kiri saya masih kelihatan bengkak. Itu pengaruh tidak terhadap kesuburan sperma saya??
    mohon jawabannya??

    Komentar oleh andika | September 5, 2009 | Balas

  37. dok, saya berusia 23 tahun.sewaktu umur 21 tahun saya mendaftar di penerimaan tentara. dalam tes kesehatan saya diketahui menderita varicocele, dan ini menyebabkan saya gagal. karena katanya pengidap varicocele tidak akan kuat menjalani pelatihan tentara. karena berbagai hal, saya baru akan merencanakan operasi sekarang.
    pertanyaan saya:
    -apakah ada efek samping dari operasi varicocele?
    -berapa persen kemungkinan operasi ini berhasil?
    -apakah setelah menjalani operasi dan sukses, jika saya mendaftar tentara lagi, hal ini tidak akan menjadi sandungan?
    sebelumnya terimakasih saya ucapkan atas jawaban dokter.

    Komentar oleh alex | September 8, 2009 | Balas

  38. Dokter, saya wanita berusia 26 tahun, menikan bulan Juli 2007 (2,2th), sampai saat ini kami belum dipercaya untuk memperoleh keturunan.
    setahun yang lalu kami melakukan program kehamilan pada klinik infertilitas di salah satu rumah sakit di Semarang
    saya ditangani oleh dokter spesialis kandungan sub fertilitas, suami oleh spesialis androlog
    hasilnya saya normal dan setiap masa subur dokter selalu bilang dlm rahim saya ada 4 telur matang yang siap dibuahi, tetapi suami diketahui ada varikokel derajad 2, dokter menyarankan untuk dilakukan operasi. tetapi sampai saat ini suami saya blm bersedia karena takut dengan efek yang akan ditimbulkan pasca operasi.
    akhirnya kami menghentikan program tsb, saya dan suami saat ini tdk lagi berkonsultasi ke dokter,kami hanya mengharapkan keajaiban dari Tuhan agar saya bisa hamil.
    mohon sarannya dok, jika varikokel derajad 2 apakah bisa disembuhan selain dengan operasi misalnya dengan makanan yang bergizi atau terapi lainnya.
    terima kasih atas sarannya

    Komentar oleh Ita | September 23, 2009 | Balas

  39. malam dok..
    saya seorang istri yang lagi berharap banget punya keturunan. suami saya divonis memiliki varicocale dan sudah dioperasi bulan lalu. sekarang kami lagi bingung langkah apa atau obat apa yang arus dikonsumsi agar proses perbaikan cepat terjadi dan kami cepat dikaruniai momongan. kami sangat berharap saran dan nasehat dari dokter. makasi banyak

    Komentar oleh agung putri | Oktober 1, 2009 | Balas

  40. Malam dok,saya mau tanya sewaktu saya masih umur 19 tahun tepatnya waktu itu tahun 1996 saya sudah menjalani operasi varicocele,yang mana pada saat itu saya telah gagal melamar menjadi anggota Polri/TNI sebanyak 2 kali pelamaran,namun setelah saya selesai menjalani operasi Varicocele kemudian saya mencoba kembali,dan akhirnya saya berhasil menjadi anggota Polri pada tahun 1998 yang mana pada saat saya menajalani pendidikan saya tidak pernah mengalami kecapaian ataupun mengalami lelah malahan saya mendapatkan rangking 1 untuk lari marathon 50 Km dl pendidikan,dan pada tahun 2003 saya menikah,memang pada usia pernikahan saya dalam waktu 6 bulantersebut saya belum dikarunia anak,namun setelah itu saya langsung dikarunia anak oleh tuhan sampai anak saya sekarang ini 3 orng,Yang ingin saya tanyakan apa memang Varicocele sangat berbahaya?,dan apa varicocele itu bisa turun menurun?,apa varicocele itu bisa menurunkan stamina sexs?,sebelumnya trima kasih atas jawaban dokter….

    Komentar oleh Rafli | Oktober 2, 2009 | Balas

  41. bu dok, saya sudah operasi varicocele, selanjutnya terapi apa agar kami segera punya anak. apa pasca operasi, varicocele bisa terjadi lagi? kalau terkadang masih nyeri setelah 2bl apa tidak ada masalah medis. trima kasih

    Komentar oleh toto | November 21, 2009 | Balas

  42. pak saya penderita parikokel,dan sudah pernah di operasi tapi sekarang saya malah hipoten/lemah shwat.dan pakokel saya masih tetap seperti dulu.
    apakah parikokel bisa menyebabkan lemah sahwat ya pak?trimakasi

    Komentar oleh putu | Desember 28, 2009 | Balas

  43. dok aku mau nanya,sy sudah operasi ,scortu/tanpa scortu apakah produksi seperma tdk ada?,tapi aku masih mengalami ereksi,apakah ereksi terjadi akibat produksi sperma?apakah aku bisa punya keturunan?

    Komentar oleh kamaruddin hasan | Januari 2, 2010 | Balas

  44. dok sy periksa kedokter ktnya saya menderita varikokle, dan disarnkan opersi. pertanyaan saya apa ngk ada pengaruhnya dengan fungsilaki-laki sy.dan apa dengan opersi bisa sembuh seperti sedia kala. tempat opersi yang baik dimana ya dok…..

    Komentar oleh Ilyas Pardede | Januari 26, 2010 | Balas

  45. berapa biaya operasi varikokle ya dok. rumah sakit mana yang baik utk melakukan operasi….?

    Komentar oleh Ilyas Pardede | Januari 26, 2010 | Balas

    • Dear Pak ILyas,

      mohon informasinya k email sy juga y Pak, klu dah dapat jawaban/info dari pertanyaan Bapak… “berapa biaya operasi varikokle ya dok. rumah sakit mana yang baik utk melakukan operasi….?”

      terima kasih Pak,
      slm knal

      Komentar oleh enk | Juli 23, 2010 | Balas

  46. dok pagi….
    saya udah 7 bulan nikah tapi kq belum punya keturunan juga ya.. n testis sebelah kiri lbh turun n bagian atasnya kq salurannya lebih berasa kalo di raba,tapi tdk seperti kumpulan cacing tapi itu udah lama kq,,apa ya itu dok ??? berpengaruh gak ?? mohon pencerahannya Terimakasih.

    Komentar oleh otnap | Februari 10, 2010 | Balas

  47. saya mau tanya…kayanya saya kena penyakit varikokel, karna kalo saya liat testis sebelah kiri saya jauh lebih panjang kebawah dibanding yg sebelah kanan…yg mau saya tanyain, kalo kita ada penyakit varikokel boleh ga kita ikut fitnes, atau aktifitas fitnes ternyata berbahaya buat org yg mempunyai penyakit ini..karena rencananya saya mau fitnes dlm waktu dekat ini,terima kasih.

    Komentar oleh andy makhrian | Februari 23, 2010 | Balas

  48. Apa bedanya varikokel dgn hernia ? Apakah varikokel PASTI TERJADI di buah zakarnya ????

    Komentar oleh Agus Jatmiko | Februari 26, 2010 | Balas

  49. BLOGNYA LENGAKP BANGET…LAM KENAL YAH, DARI TEMAN SEJAWAT.CILACAP

    Komentar oleh susantodr | April 2, 2010 | Balas

  50. artikel yang menarik..salam temen sejawat.

    Komentar oleh dr.agus | April 6, 2010 | Balas

  51. mohon jawabannya segera….apakah varikokel ini harus selalu dg operasi? dan mohon info ke dokter mana hrs dituju?? bgmn tingkat keberhasilan dg varikokel berat?? tks

    Komentar oleh vie | April 10, 2010 | Balas

  52. saya mau nanya..apakah varikokel itu harus selalu diatasi dgn dioperasi? Atau apakah ada obat herbal sehingga penderita tidak perlu dioperasi?
    saya tidak lulus tes kesehatan krna varikokel….mohon petunjuk segera…terima kasih..

    Komentar oleh Benito | April 23, 2010 | Balas

  53. malam dok. suami ku bru aj di vonis vericocel,rncna nya mau di operasi.brapa lma ya dok untk pulih pasca opersi?suami kv krja sbgai pmdam kebakaran yg pnuh dngan aktivitas berat.apakah akn brpngaruh pda nya?be coz dia cnta bgt sma pkrjaan d lpngan.apkah aktifitas hbngan kmi akan brpngruh?mhn jwbn nya.thnks sblm nya.

    Komentar oleh anah | Mei 4, 2010 | Balas

  54. setelah menikah sy juga dirundung kekhawatiran tidak bisa memiliki keturunan. Alhamdulillah setelah 4 Bulan masa perkawinan,Istri saya Hamil. Sebelumnya sya khawatir memiliki gejala Varikokel karena kantung testis sya Aga Membengkak di sebelah kanan.

    Komentar oleh Yuki | Juni 7, 2010 | Balas

  55. mana ni jawabannya?

    Komentar oleh kamal | Juli 8, 2010 | Balas

  56. Dok saya mau tanya..
    Umur saya 21 tahun dan blm menikah. Satu tahun yg lalu saya melakukan operasi varikokel..tapi kdang2 saya msh merasakan testis saya sakit smpai saat ini.. Apa benar stelah operasi kualitas sperma akan membaik atau malah sbalikny??

    Komentar oleh Ariel | Juli 16, 2010 | Balas

  57. met malam dok, sebelumnya mohon maaf menganggu, saya tertarik mengisi ini, setelah saya membaca keluhan2 rekan2 tentang sakitnya, di sini saya sungguh merasakan hal yang sama, untuk itu dok, saya minta arahan sama dokter, mohon maaf, di pelir sebelah kanan saya terasa nyeri jika saya tidur tengkurap, dan juga jikala saya memakai celana dalam ketat, tapi kalau saya melaksanakan kegiatan tidak merasa sakit atau nyeri pun, kemudian saya merasakan ada urat2 yg menggerompol di antara pangkal penis hingga telur jakar namun tidak begitu banyak, itupun kalau di rabah saja terasa seperti itu, apa kah itu tergolong penyakit verikokel, dan apa yang harus saya lakukan? selain operasi bisa sembuh tidak? terimakih dok, mohon nasehatnya buat saya.

    Komentar oleh karya | Agustus 17, 2010 | Balas

  58. Dok, penyakit apa yg dapat menyebabkan varikokel?

    Komentar oleh ari | Agustus 27, 2010 | Balas

  59. siang dok, saya pernah didiagnosa oleh dokter obgyn (2005) menderita varicocel, namun saya biarkan saja, yg saya rasakan samapai saat ini sering terasa sakit pada pelir, umur saya skrg sdh 45 tahun menikah sdh 14 tahun, yg mau saya tanyakan sama dokter:
    1. jika tdk dioperasi akibatnya apa ?
    2. Jika dilakukan operasi apa mungkin saya mendapatkan keturunan?
    3. selanjutnya saya mohon bantuan dokter dan terima kasih

    Komentar oleh gesman | September 4, 2010 | Balas

  60. dok, mohon dijawab segera ya
    jika buah zakar mengumpal keatas, keras, menghitam, dan seperti ada totol2nya, apakah itu varikokel? mohon dijawab, segera ya.. karena saya lihat kiriman2 pertanyaan sebelumnya belum dijawab, padahal blog ini sangat bermanfaat dan jawaban dokter dinantikan.
    Terima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh muslim | September 4, 2010 | Balas

  61. maaf dok..saya udh mnjalani operasi pnyakit ini kiri&kanan setahun lalu.,tpi saya msih merasakan adanya gangguan yg sama seperti sebelum pasca operasi pada (maaf)biji jakar saya yg sebelah kanan,.apakh ad infeksi atau peradangan urat yg ad didlm alat reproduksi saya?apakah ada jalan atau semacam obat utk menghancurkan cairan kotor yang ada didalam biji jakar saya..atau semacam terapi selain opersai ulang…terima kasih dok,.dan mohon jawabannya..

    Komentar oleh Rudy asnady | September 30, 2010 | Balas

  62. saya punya penyakit vericolle tapi adakah pengobatan cara lain selain di operasi?

    Komentar oleh willy tjahyadi | Oktober 2, 2010 | Balas

  63. ass..
    sy pnderita varikokel dan sdh d operasi..
    apakah jika sdh di operasi varikokel sdh pasti sembuh dan bisa nantinya punya anak???
    dan apakah varikokel bisa disebabkan karena sering melakukan onani??

    trima kasih sebelumnya. mohon jawabannya…

    Komentar oleh muhammad | Oktober 3, 2010 | Balas

  64. Waktu kami menikah pada tahun 2005 silam, sampai sekarang kami belum juga di karuniai keturunan. waktu kami periksa di dokter spesialis kandungan, katanya istri saya tidak ada masalah terhadap kandungannya, dan saya pun juga di suruh diagnosa spermatozoa, ternyata hasilnya sel telur saya kosong, mani encer tidak kental, warna putih tidak kekuning – kuningan. waktu di periksa lagi ternyata pada testis saya ada semacam urat yang bergumpal seperti testis namun lembut. kata dokter itu varises. apakah itu yang namanya varikokel?? disarankan oleh dokternya untuk operasi, tapi saya takut dan saya ingin bertanya kepada dokter
    - kalau di biarkan itu akan bermasalah atau tidak?
    - apakah ada efek sampingnya setelah operasi?
    - dimana operasinya?
    - berapa biayanya?
    mohon saran dan penjelasannya, atas perhatian sebelumnya diucapkan terima kasih.

    Komentar oleh sudiono | Oktober 7, 2010 | Balas

  65. PAGI DOK SAYA SUDAH OPERASI SELAMA 3 TAHUN TAPI KOK MASH ADA BEKASNYA DISEBELAH KIRI,,,APAKAH TIDAK BISA HILANG???

    Komentar oleh MAULANA | Oktober 24, 2010 | Balas

  66. saya suadah operasi varikokel 5 bln yg lalu, varikokel bilateral, dan hasilnya setelah 3bulan saya analisa semen, noormozospermia . dalam laporan operasi memang tidak ada penyulit, makanya proses jg tidak lama, tapi saya bersedih karena belum punya istri .xixixixixixixixixi . . . . .

    Komentar oleh kamal | Desember 24, 2010 | Balas

  67. owh y saya saranin ajah, operasi varikokel termasuk operasi sedang, jadi pilihlah dokter specialis urolog yg bener2 yg udah jam terbangnya tinggi, cos disini butuh ketrampilan khusus,dalam meligasi venanya .tidak asal main ligasi ajah, karena berdekatan dgn spermatic acord .itu ajah teman temin. jangan bersedih dan takut operasi bakal mati ato lain sebagainya, dokternyapun jg bakal mati kan ? hehehehehehe . .

    Komentar oleh kamal | Desember 24, 2010 | Balas

  68. dok,sy sdh menikah hampir 4 th smp skr blm dikaruniai momongan. sy sdh di tes melalui USG dan HSG hasilnya normal. suami sy saat tes sperma dikatakan azoospermia dan secara fisik memang testisnya spt yg digambarkan (kecil sebelah). apa itu yg dikatakan varikokel? dan apakah varikokel dpt menyebabkan azoospermia? pengobatannya apa harus lewat operasi?

    Komentar oleh linda | Januari 13, 2011 | Balas

  69. Assalammu’alaikum,
    dok sya ingn mnanykan penykit varikokel apakh sngt mmbhyakn,seandainya diobati dengan pijat apakag bisa smbuh

    Komentar oleh intan | Januari 21, 2011 | Balas

  70. dok,saya sudah operasi varicocele sebelah kanan kira2 7 bulan yang lalu. Namun sampe sekarang gejala varicolele itu belum hilang dan apabila kecapean urat2 yg menggerombol disebelah testis kanan muncul dan nyeri. saya sudah konsultasi ke dokter yg operasi saya, katanya itu akan hilang dengan sendirinya. terus saya konsultasi ke dokter yang lain, sy sdh USG dan Difoto fungsi ginjalnya dan ternyata tidak masalah, dan saya dinyatakan masih ada varicocele sebelah kanannya serta harus dioperasi lagi.Yang saya tanyakan adalah apakah memang betul operasi varicocele yang pertama itu gagal ? dan apakah saya harus dioperasi lagi? Mohon dibalas ke alamat email saya…Tks

    Komentar oleh Djatmoko | Januari 23, 2011 | Balas

  71. dok,
    saya laki-laki 21 thn,
    saya bru sdh mlksanakan oprsi variokel sebelah kiri,tp stlah oprsi testis/bijinya membesar/bengkak sebelah sampai skrng blm normal”,
    yg ingin saya tayakan, brpa lma kah dok normalnya bengkak bijinya ne?

    Komentar oleh ansori | Februari 14, 2011 | Balas

  72. cuma cari info..

    Komentar oleh malesan.blogspot.com | Maret 25, 2011 | Balas

  73. Selamat siang dokter,saya sudah menikah 4 thn tapi belum dikaruniai keturunan sampai skrg ada masalah di bagian buah zakar saya,ada urat keras kanan kiri udah ada 5thn ini dokter apakah itu penyebabnya dan saya sudah ke lab utk periksa spermahasilnya kwalitas sperma saya tidak bagus dimanakah saya harus periksa ohon balasan dari dokter

    Komentar oleh Charles | Maret 26, 2011 | Balas

  74. pak,, dok. pa bsa varcocle bsa di sembuhkan at b’sfat sementara atau dapat menghilang dengan sendirinya?? s

    Komentar oleh jalal | Maret 31, 2011 | Balas

  75. Pak dokter… saya varikokel grade 3 dan mau operasi mungkin 2 bulan lagi… karena banyak hal yang tidak memungkinkan saya untuk operasi dalam waktu dekat ini.
    Yang saya tanyakan apa selama 2 bulan ini saya masih boleh berolahraga?? karena beberapa orang melarang saya untuk berolahraga seperti biasanya.. yang kedua Apakah sering olahraga di tempat Gym yang menyebabkan saya menderita varikokel ini??

    Komentar oleh Nasion | April 22, 2011 | Balas

    • Kasusnya sama donk, boleh minta dikit saran…thx
      salam

      Komentar oleh cupunk | Mei 12, 2011 | Balas

    • apa sekarang kamu sudah dioperasi….bagaimana hasil nya,,,krna saya jg varikokel grade 3,dan dianjurkan untuk dioperasi,,,tp saya takut kalau terjadi hal2 yg tdk diinginkan atau memperparah keadaan,,,,

      Komentar oleh agung | Januari 17, 2012 | Balas

  76. kalaw varikokel udah d operasi, tetapi masih sering kambuh ada kemungkinan dia infertil ga?

    Komentar oleh arta | April 24, 2011 | Balas

  77. apakah setelah operasi tidak akan mengganggu pada fungsi penis….

    Komentar oleh imam maulana | April 28, 2011 | Balas

  78. Ass ww Dok, saya punya Varikokel awalnya sebelah kiri, dan kata dokter harus dioperasi, namun karna saya dapat kerjaan dan harus udah mulai masuk, jadi saya batalkan operasi tsb, dan sampai saat ini sudah 11 tahun itu terlewati, sekarang saya udah punya anak 2 Org, yang membuat saya resah dan kadang sakit pada varikokel tsb kayaknya udah mulai membesar, berat dan sekarang menjalar kekantong sebelah kanan dok, trus apa yang harus saya lakukan..,apakah cuma operasi jalan terakhirnya dok, tolong dong sarannya dok, mksh sebelumnya y.

    Komentar oleh udaaaaa | Mei 16, 2011 | Balas

  79. dokter kalau saya memasukkan artikel dokter dengan memberikan link ke blog dokter, boleh tidak??

    Komentar oleh doddy | Mei 18, 2011 | Balas

  80. dokter apkah varikokel itu !!! mempunya pengaruh pada saat kta melakukan olahraga seperti lari ???

    Komentar oleh indra doli | Mei 29, 2011 | Balas

  81. biaya operasi berapa ya dok??? mohon di balas

    Komentar oleh lisstyo | Juni 2, 2011 | Balas

  82. Baya operasi varikokel berapa ya dok??

    Komentar oleh lisstyo | Juni 2, 2011 | Balas

  83. Dokter tanya dong, bisa tidak varikokel itu dilihat hanya dgn kasat mata saja, misal dgn membandingkan testis kanan dgn kiri ? kalau saya perhatikan dari gambar, testis yang sebelah kiri lebih turun dari yang kanan, apa memang seperti itu? terus bagaimana kalau kebalikannya (kanan lbh turun dari kiri)

    Komentar oleh ossanihOssa | Juni 9, 2011 | Balas

  84. kok gak ad blsane smua koment tmn2….gmn nie

    Komentar oleh Deen | Juli 5, 2011 | Balas

  85. dokter……dimana tempat terapi embolisasi varikokel yg bagus ?

    Komentar oleh Bragamusti | Juli 13, 2011 | Balas

  86. pagi…..,2 bulan ni saya sering merasakn skitnya……,, mengape varekokel,,, sakitnye lari ke perut..?

    Komentar oleh ihs | September 10, 2011 | Balas

  87. kalo varikokel itu setelah bisa timbul lagi atau gak? misalnya yang di operasi kiri kemudian yang kanan terkena lagi??

    Komentar oleh rangga | September 10, 2011 | Balas

  88. Dok, zakar sy sebelah kanan nyeri dan turun, sering kencing. Sy sudah di lab urin dan darah hasilnnya normal. Di usg doppler juga normal. Sy bingung sakit sy apa? Sy hrs bagaimana.

    Komentar oleh Ahmad | September 17, 2011 | Balas

  89. Dok, saya d vonis punya penyakit varikokel, saya mau dftr polisi , tapi setelah d chek up, ternyata ada parikokel d sebelah kiri dan hrus d operasi,, apa parikokel menyebababkan kemandulan,???, mkasih dok,,

    Komentar oleh Diki | Oktober 27, 2011 | Balas

  90. Berapa biaya yang perlu disiapkan untuk operasi varikokel?

    Komentar oleh fajar | Oktober 29, 2011 | Balas

    • klw di TPT bnjar masin skitar Rp 7s/d 9 jutaan,

      Komentar oleh ramuwiradinata sirait | November 20, 2011 | Balas

  91. halo dok,suami sy didiagnosa menderita varikokel dan sudah operasi dua2nya kira2 5th yg lalu tp smp skrg kadang2 masih terasa ngilu,bagamana mngatasinya kami jg blm py keturunan,apakah ada obat atau multivitamin yg bs meningkatkan kualitas sperma pasca operasi,minta sarannya,mkasih dok…

    Komentar oleh wiwin | November 30, 2011 | Balas

  92. Dokter saya mau nanya udh 3 tahun saya menikah tp belum juga dikaruniai seorang anak dan saya sdh melakukan pemeriksaan sperma hasilnya sperma saya terotozospermia dan hasil pemeriksaan saya juga di diagnosa menderita verikokel.Saya disararankan utk melakukan operasi oleh dokter tempat saya melakukan pemeriksaan,dan yang ingin saya tanyakan apakah ada tindakan lain yang bisa saya lakukan selain melakukan operasi.

    Komentar oleh muhartika | Desember 6, 2011 | Balas

  93. jika dioperasi dok apakah menyebabkan mandul tanpa merasakan nyeri lg? Dan jika sblah kanan diatas testis ada kantong yg kdang muncul kadang ilang dpagi hari dan bisa kempes jika ditekan itu gejala apa? Thks

    Komentar oleh berdy | Desember 31, 2011 | Balas

  94. salam….
    saya pria berumur 32thn dan mengidap vericocel, sy uda ngejalani operasi kmrn..tp blm ada perbaikan…sy jd bingung…kira2 skrg sy hrs ngapain ya?

    Komentar oleh ernika | Februari 5, 2012 | Balas

  95. trus…bisa terjadi impoten gak kalau sudah operasi varicocele..?

    Komentar oleh yenny | Maret 5, 2012 | Balas

  96. verikokel sebelah kanan yaitu pembuluh darahnya kemaren diUSG dan hasilnya besar atau melebar…ada cara lain selain dioperasi. Mungkin dengan mengkomsumsi buahbuahan???? Terimakasih sebelumnya

    Komentar oleh Jansen | Maret 6, 2012 | Balas

  97. dok setelah 1th opersi knpa masih ada gelendong cacing ya?apakah emeng gak bisa hilang terimakasih

    Komentar oleh faisal | Maret 6, 2012 | Balas

  98. slamat malam,
    nama saya boys saya bekerja di bagian kernet mobil yg tugasnya ngakatin barang ke konsumen,,,
    maaf dok,,, mau nanya,,, pda kemaluan saya tepatnya di sebelah kiri, terkadang sakit dari paha sampai d pinggul blakang kiri saya,, lalu biji testis saya d sebelah kiri trun sebelah,,,klo boleh tw it penyakit ap y dok,,, lalu bgaimana cara mengobatinya? lalu misalnya it salah satunya di operasi,,, apkah tidak ad cara lainnya,,,,?

    Komentar oleh boy | Maret 11, 2012 | Balas

  99. Setelah melalui test sperma, sy dinyatakan oligoteratozoospermae, kemudian setelah diperiksa ternyata mengidap vaarikokel grade 1, dan diharuskan operasi di bagian pembuluh yang ada di saluran palomo, hal ini menyebabkan terjadinya gangguan pada sperma yang dihasilkan shingga kemungkinan untuk membuahi sel telur sngat kecil> krn tidak ada sperma yang berkualitas,. Hal ini lah yang menguatkan hati saya untuk melkukan operasi< Dr. menyatakan bahwa proses pemulihan emakan waktu 3 bulan dan ternyata prediksi dr. telah menyemangati diri sy Alhamdullilah 3 bulan setelhnya,. sya operasi di bulan januari dan di bulan april 2011 istri sy dinyatakan positif hamil, dan di bulan januari 2012 kami melahirkan anak pertama kami trima kash untuk dunia kedokteran yang telah menemukan cara menangani kami dan tidk lupa Tetap berusah dan berdoa Kepada Allah SWT ,. krna atas rahmat dan hidayahNya dan inayahNya kami bisa menerima scr ihklas semua Amien

    Komentar oleh djamhary | Maret 22, 2012 | Balas

  100. Malm Dok
    Sya HArdikha,,Umur sya 18 thun/
    sy tidak tau apakh saya ini puny VARIKOKEL atau tidak,,
    tetapi Apa kantung kemih saya ,,terlihat mengebdur.
    apa tu VARIKOKEL atau Tidak ya Dok..dan apalh tu bisa mengganggu kesuburan saya Dokj?
    Thx sebelum nya

    Komentar oleh Hardikha Yhudistira | Agustus 14, 2012 | Balas

  101. dokternya edan,banyak pertanyaan tidak ada yang di jawab,apa dokter lagi sibuk oprasi ya

    Komentar oleh marlon | Januari 22, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: