bedah urologi

sekadar catatan kecil

Embolisasi Varikokel

Embolisasi Varikokel, Varicocele embolization

  • Tanpa general anestesi
  • Kateter kecil dimasukkan ke vena femoralis dekstra -> vena cava inferior -> vena renalis sinistra -> vena spermatika interna sinistra -> pleksus pampiniverus under the guidance of X-ray imaging (figure 4)

figure 4

  • A dye is injected to create an X-ray map (venogram) of the vein and tiny metal coils or other embolizing substances are inserted through the catheter to block the flow of blood to the vein ( Figure 5 )

Keuntungan Embolisasi Varikokel :

  • Effective as surgery, as measured by improvement in semen analysis and pregnancy rates.
  • Does not require any surgical incision
  • Lower rate of complications (from 0 to 1 percent)
  • Requires less recovery time. Setelah tindakan, observasi beberapa jam lalu langsung pulang, n besoknya sudah bisa langsung kerja.
About these ads

Juni 25, 2008 - Posted by | urologi | , , ,

45 Komentar »

  1. [...] Masih terjadi silang pendapat di antara para ahli tentang perlu tidaknya melakukan operasi pada varikokel. Di antara mereka berpendapat bahwa varikokel yang telah menimbulkan gangguan fertilitas atau gangguan spermatogenesis merupakan indikasi untuk mendapatkan suatu terapi. Tindakan yang dikerjakan adalah: (1) ligasi tinggi vena spermatika interna secara Palomo melalui operasi terbuka atau bedah laparoskopi, (2) varikokelektomi cara Ivanisevich, (3) atau secara perkutan dengan memasukkan bahan sklerosing ke dalam vena spermatika interna ( embolisas… [...]

    Ping balik oleh VARIKOKEL « bedah urologi | Juni 26, 2008 | Balas

    • apakah ada cara lain selain di oprasi????

      Komentar oleh hany febriana | April 11, 2011 | Balas

  2. help me;
    3 hari lalu suami saya cek an-sper hasilnya oligoastenoteratozoospermi
    konsentrasi 15 jt/ml
    motilitas 40%
    morfologi normal 2% abnormal 98%
    hasil USG testis varikokel kanan dan kiri (ringan)
    mohon info nama dokter dan rumah sakit yang bagus untuk embolisasi varikokel ( mohon info- via email saya yah)

    Komentar oleh Trilsky | Agustus 9, 2008 | Balas

  3. Anda tinggal dimana? Jakarta, bandung or surabaya ?

    Komentar oleh becks | Agustus 9, 2008 | Balas

  4. Di jakarta dan bandung,

    Komentar oleh Trilsky | Agustus 9, 2008 | Balas

  5. maaf sebelumnya mohon pencerahan…
    sebulan lalu
    buah kemaluan saya linu2x…
    setelah saya naik tangga…
    trus…saya melihat perbedaan tinggi
    pada buah kemaluan kanan lebih bawah dari yang kiri…

    sudah check k dokter…
    pembengkakan biasa….
    mohon pencerahannya…

    klo bisa tolong email saya yah…

    fajararianto@yahoo.co.id

    Komentar oleh fajar | Agustus 29, 2008 | Balas

  6. ^fajar..
    hati2… takutnya itu malah tortio testis, segera periksakan ke dokter bedah terdekat, syukur2 bisa ketemu urolog…

    Komentar oleh becks | Agustus 29, 2008 | Balas

  7. saya sudah dioperasi hidrokel. setelah itu kambuh lagi disebelah kiri.apakah ini termasuk varikokel.

    Komentar oleh cio | September 10, 2008 | Balas

  8. [...] (3) atau secara perkutan dengan memasukkan bahan sklerosing ke dalam vena spermatika interna ( embolisas… [...]

    Ping balik oleh » Varikokel atau varicocele RUANG SEPI | Oktober 19, 2008 | Balas

  9. jika saya Meraba sukrotum sebrlah kiri.
    seperti ad urat.
    tapi jika saya jalan tidak nyeri…
    atau pun sakit…

    apakah saya varicoceli…??
    bagaimana patogenesis na??

    Komentar oleh alul | Januari 29, 2009 | Balas

    • punyaku juga gapapa bro yang penting ga ganggu

      Komentar oleh hamba allah | Desember 30, 2009 | Balas

  10. dua tahun yang lalu (2006) aku disempat dioperasi varikokel kanan dan kiri namun sebelah kanan terjadi pembengkakan. kira2 ada nggak terapi untuk memulihkan selain opersasi ? bandung

    Komentar oleh samuelharyadi | Januari 30, 2009 | Balas

    • Halo Samuel.. boleh tau, sudah ada yang jawab pertanyaan ini, kenapa terjadi pembengkakan dan apa solusinya?

      Kalau sdh ada infonya, mohon di share ke saya yaa Samuel.. saya juga sedang bingung dgn operasi verikokel. Japri ke email juga boleh. Terimakasi banyak.

      Komentar oleh Arti | Mei 13, 2009 | Balas

  11. Katanya di Indonesia ini belum ada embolisasi varikokel ya? Kalau ada, dimana? Trims

    Komentar oleh Hedy | Februari 3, 2009 | Balas

  12. obat tradisional apa ya yang bisa untuk mengobati penyakit vorikokel…help me terima kasih

    Komentar oleh alda wijaya | Februari 9, 2009 | Balas

  13. kok di testis saya ada benjolan 4 harusnya kan ada 2 benjolan saja, trus benjolan yg 2 kok makin lama makin membesar, apakah itu kanker or tumor atw gmana yaaaa, trima kasih.

    Komentar oleh suhadi | Februari 22, 2009 | Balas

  14. jika diatas di sampaikan keuntungan2 dari metode ini.apakah juga bisa disampaikan resiko2 yang mungkin terjadi dgn embolosasi ini…TS

    Komentar oleh sari | Maret 8, 2009 | Balas

  15. apakah penderita varikokel harus melakukan operasi? apakah tidak ada cara lain selain operasi?

    Komentar oleh andhi | Maret 22, 2009 | Balas

  16. aku sering ngelakuin onani,,,nah beberapa saat lalu di testisku ada kayak benjolan klo dipegang rasanya sakit. apa itu varikokel ya?

    terus tindakannya apa kudu di oprasi?
    trimz

    Komentar oleh andi | Maret 23, 2009 | Balas

  17. Mohon pertolongan, urgent dok. Suami sy ada verikokel besar di kanan, sekaligus retrograde (tp cek urine terakhir 2X sperm di urine kosong). Kami mau IVF, suami mau di ope TESE sekaligus verikokel.

    Pertanyaannya: jika masih ada verikokel, apakah kualitas sperm dari hasi TESE akan baik? Krn katanya verikokel bikin jelek kondisi sperm.

    Untuk itu, apakah sebaiknya ope verikokel dulu, lalu setelah tunggu 4-6 bulan sperm ada kemajuan, baru dilakukan ope TESE? Mohon petunjuk. Juga dokter yang bagus utk ope verikokel.

    Tolong dikirim ke email saya ya Dok. Trimakasih.

    Komentar oleh Arti | Mei 13, 2009 | Balas

  18. tempat yang bagus dan tidak terlalu mahal untuk embolisasi varikokel dimana ya? dokter siapa dan rs mana? tolong reply via email. thx dok

    Komentar oleh aksay | Mei 25, 2009 | Balas

  19. dok saya pendirita varikokel..saya baru tau baru kmrn..cuman saya udh mengetahui dari kecil dan org tua saya juga tau…apakah setelah saya umur 24 tahun ini saya udh terlambat untuk berobat…emak terlihat dan diraba terasa ada urat2 ditetsis sblh kiri cuman tidak sakit..apakah benar penderita varikokel tidak bisa memiliki anak….tolong dok…saya juga sering melakukan musturbasi sendiri bahkan bisa tiap hari..sy berusaha mencegahnya tapi tidak bs..pernah dulu saya merasa penis skit bahkan penis saya mengeluarkan darah bersama sperma cuman slth itu saya makan antibiotik lam kelamaan tidak pernah lagi.. tolong dok..varikokel itu pasti madul kah…apalagi saya mengidap udh puluhan tahun…saya down bgt..padahal 3thm lagi sy udh mempersiapkan perkawinan..cuman klo bener varikokel itu mandul saya tidak mau membuat pasangan hidup saya kecewa…smoga dokter bisa membantu saya dlm masalah ini

    Komentar oleh bagus | Oktober 2, 2009 | Balas

  20. dok saya berusia 30thn,sy sdh menikah 2 tahun tp blom punya anak.sblum menikah sy pernah cek ke dokter dan dinyatakan punya varikokel,disaranakan utk operasi tp sy tdk mau.apakah ada cr lain selain operasi??, apakah dgn operasi bisa mennjamin sperma akan lebih subur dan bisa punya anak??,kl memang bisa punya anak dgn operasi varikokel.sy mau melakukan operasi,kira2 biayanya berapa?yg bagus dimana?.trima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh mega romala | April 7, 2010 | Balas

  21. mohon info segera. selain operasi bedah, adakah jalan lain untuk varikokel berat?? tks

    Komentar oleh vie | April 10, 2010 | Balas

  22. kog banyak pertanyaan dari penderita tapi kog g ada jawaban dari dokternya yah? saya pengen tau dimana tindakan embolisasi varikokel ? dikota mana? trimakasi banyak kalo dijawab .

    Komentar oleh kamal | Mei 21, 2010 | Balas

  23. coba cek ini:

    http://id.answers.yahoo.com/questn/index?qid=20100823174853AA8uooN

    Komentar oleh mave | Agustus 28, 2010 | Balas

  24. dok sy menderita varikokel setelah di periksa di salah satu RS di jkt sy di vonis menderita varikokel sehingga membuat pikiran sy tidak tenang setiap akan berhubungn sy slalu berpkir bisa gak yah sy punya anak?sedangkan varikokel sy masih kecil tp dokter menyarankan untuk di operasi

    mohon jwbannya dok di tunggu

    Komentar oleh setiawan | November 3, 2010 | Balas

  25. dok,, suami saya sepertinya menderita varikokel,, testis yang sebelah kiri lebih besar dari yang kanan.. sewaktu saya tanya sejak kapan mulai seperti itu,, ternyata sejak dia masi SD,, bagaimana cara mengobatinya dok?? mohon bantuannya. terima kasih

    Komentar oleh husnul | Januari 6, 2011 | Balas

  26. asss…..
    dok sya laki-laki 21 thun,
    saya menderita varikokel sebelah kiri,
    tp sya sdh mlkukan oprsi,tp biji atau buah zakar saya mnjadi besar sebalh,
    yang ingin saya tanyakan,
    berapa lma kah normalnya buah zakar saya?

    Komentar oleh ANSORI | Februari 17, 2011 | Balas

  27. ass….
    Mhon ptunjuk kl varikoker tdk trasa skit msuk stadium apa/tngkt brpa

    Komentar oleh mor | Maret 15, 2011 | Balas

  28. klo varikokel blum terasa sakit masuk stadium brapa?
    dimana bisa embolisasi varikokel ? dikota mana?

    Komentar oleh evin | April 9, 2011 | Balas

  29. mohon info nama dokter dan rumah sakit yang bagus untuk embolisasi varikokel. Pls di email langsung japri.
    Terima kasih banyak sebelumnya

    Komentar oleh dian ns | Juni 15, 2011 | Balas

  30. saya menderita varicocell sejak thn 2005 dan pernah melakukan operasi pd th 2006, tetapi setelah operasi benjolan itu tetap ada, saya tnyakan dokter kenapa bisa begitu,?.. dokter bilang pertanyaannya sma seperti knpa uban bisa tumbuh lg walaupun sudah di cabut,.
    pertanyaan saya. apa benar penyakit ini tidak bisa di sembuhkan ? jika bisa melalui apa, terapi atau operasi lg? tolong di jawab dok..

    Komentar oleh rizky | Juni 28, 2011 | Balas

  31. pak/ibu dokter,

    untuk embolisasi berapa ya biayanya,

    trimakasi infonya pak/ibu

    miko

    Komentar oleh miko | Juni 30, 2011 | Balas

  32. pak dokter & ibu dokter yang terhormat,saya mau tanya…..
    saya mempunyai kemaluan yang terkena varikokel,tapi sperma yang saya keluarkan masih tetap banyak…..

    1. apakah ini akan mengganggu pada proses pembuahan pada calon istri saya setelah menikah?
    2. apakah saya mesti operasi?
    3. apakah ada jalan lain atau pengobatan tradisional yang bisa saya lakukan tampa operasi?

    mohon jawaban & bantuannya?
    sekian & terima kasih

    Komentar oleh joni | Juli 25, 2011 | Balas

  33. SUAMI SAYA POSITIF KENA VARIKOKEL, BOLEH SARAN SAYA TIDAK USAH OPERASI TAPI ALTERNATIF, SEBAB SUAMI SAYA NGERI DOKTER BILANG O[PERASI SEPELE, SUDAH BANYAK PENGALAMAN OPERASI SEPELE, MALAH PENGARUH KE ALIN. KARENA OBAT ANASTESI ITU BISA AKIBAT FATAL. PENGALAMAN RUMAH SAKIT2 YG PARAH GAK MAU TANGGUNG JAWAB, PASIEN BUKAN SEMBUH TAPI TAMBAH PARAH.

    Komentar oleh VERONICA | September 10, 2011 | Balas

  34. Dok sy divonis varikokel dan taunya br kemarin setelah kt ke ahli andrologi,dan termasuk derajat besar,apakah kt msh punya harapan dok utk pny anak dok?dan kalau hrs di op brp biayanya dan brp lama proses pemulihannya;Trm ksh

    Komentar oleh Angkasa | Oktober 11, 2011 | Balas

  35. alamat prakteknya ada dimana, dok?

    Komentar oleh hanif al huda | November 3, 2011 | Balas

  36. Mohon informasinya via email untuk dokter dan alamat rumah sakit yang bagus untuk melakukan embolisasi varikokel? Bagaimana tingkat keberhasilan operasi, apakah bisa kambuh lagi pada tempat yang sama. Terima kasih.

    Komentar oleh ardy | Januari 6, 2012 | Balas

  37. jujur penyakit ini buat aku jadi stres(varikokel)
    terkadang aku nggk bisa ngapa ngapain,
    pusing aku,nggk tau harus ngapain,
    uda minum obat brkali2 tapi nggk sembuh2,
    setelah itu aku jalanin operasi pertama hasilnya sama,
    setelah berapa tahun aku di operasi,
    aku kerumah sakit lagi,
    dan aku di operasi ke dua kalinya,
    tetap hasilnya sama,
    aku nggk tau harus gimana lagi,
    ter kadang aku bingun, dengan cara apa lagi penyakit ini bisa di sembuh kan?…………………

    Komentar oleh aci_gokil | Februari 2, 2012 | Balas

  38. Kayanya saya punya varikokel di sebelah kanan.tapi belum diperiksa dokter.selain operasi bisa ngga pake terapi.

    Komentar oleh wahyu | Februari 21, 2012 | Balas

  39. Selamat malam dok,operasi varikokel bilateral ringan di urology dan rumah sakit mana di jakarta pusat dan atau jakarta timur?Saya menurut dokter varikokel bilateral ringan.
    Mohon diberikan nama dokter spesialis urology dan rumah sakit,sperma saya saat ini tidak keluar padahal sebelumnya keluar dan ingin punya anak karena pernah punya anak.Mohon di tanggapi melalui email saya : juliuscm2003@yahoo.com terimakasih.

    Komentar oleh julius corneles | Maret 9, 2012 | Balas

  40. Dok, apakah varikokel bisa kambuh lagi? saya sudah pernah operasi varikokel pada desember th 2009. Operasi dilakukan di bagian inguinal kanan dan kiri. Tp akhir2 ini gejala2 sprti dulu muncul lagi, nyeri pada scrotum. Kalo memang bs kambuh, apa yg hrus dilakukan? Harus operasi lagi kah? Sbnrnya apa saja faktor resiko penyebab varikokel n penyebab rekurensinya? Apakah ada hub. Kebiasaan sering tidak memakai Celana dalam saat braktivitas mnjadi fktor resikonya? Terima kasih dok..

    Komentar oleh dwipa putra | April 6, 2012 | Balas

  41. dok, akhir2 ini saya mengalami sakit di atas testis saya. saluran pembuluhnya tiba2 membesar terus sakit banget itu terjadi kadang di kiri saja kadang dikanan saja bahkan keduanya. setelah saya kompres pakai es dan saya buat tiduran lumayan enakan. pernah saya coba juga pada waktu sakit begitu saya keluarkan sperma saya dan sakitpun mulai reda. dan akhir2 ini di daerah kemaluan saya terasa hangat ga seperti biasanya. sampe2 pantat saya panas kalau dibuat duduk. apakah saya menderita varikokel doc? 2 tahun lagi saya mau menikah. saya jadi kepikiran terus dok, apakah saya bisa memiliki anak, saya tidak mau mengecewakan pasangan saya. mohon informasinya doc bisa balas ke da2nk.embara@gmail.com

    terima kasih,

    dadang

    Komentar oleh dadang | Agustus 22, 2012 | Balas

  42. [...] (3) atau secara perkutan dengan memasukkan bahan sklerosing ke dalam vena spermatika interna ( embolisas… [...]

    Ping balik oleh APA ITU VARIKOKEL | sutarjanagandoel | Maret 20, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: