TESTIS MALDESENSUS

Testis Maldesensus, maldescent testiculorum

Pada masa janin, testis berada di rongga abdomen dan beberapa saat sebelum bayi dilahirkan, testis mengalami desensus testikulorum atau turun ke dalam kantung skrotum. Diduga ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan testis ke dalam skrotum, antara lain: (1) adanya tarikan dari gubernakulum testis dan refleks dari otot kremaster, (2) perbedaan pertumbuhan gubernakulum dengan pertumbuhan badan, dan (3) dorongan dari tekanan intraabdominal.

Oleh karena sesuatu hal, proses desensus testikulorum tidak berjalan dengan baik sehingga testis tidak berada di dalam kantong skrotum (maldesensus). Dalam hal ini mungkin testis tidak mampu mencapai skrotum tetapi masih berada pada jalurnya yang normal, keadaan ini disebut kriptorkismus, atau pada proses desensus, testis tersesat (keluar) dari jalurnya yang normal, keadaan ini disebut sebagai testis ektopik.

Testis yang belum turun ke kantung skrotum dan masih berada dijalurnya mungkin terletak di kanalis inguinalis atau di rongga abdomen yaitu terletak di antara fossa renalis dan anulus inguinalis internus. Testis ektopik mungkin berada di perineal, di luar kanalis inguinalis yaitu diantara aponeurosis obligus eksternus dan jaringan subkutan, suprapubik, atau di regio femoral (Gambar 9-1).

Angka kejadian

Angka kejadian kriptorkismus pada bayi prematur kurang lebih 30% yaitu 10 kali lebih banyak daripada bayi cukup bulan (3%). Dengan bertambahnya usia, testis mengalami desensus secara spontan, sehingga pada saat usia 1 tahun, angka kejadian kriptorkismus tinggal 0,7– 0,9 %. Setelah usia 1 tahun, testis yang letaknya abnormal jarang dapat mengalami desensus testis secara spontan.

Etiologi

Testis maldesensus dapat terjadi karena adanya kelainan pada (1) gubernakulum testis, (2) kelainan intrinsik testis, atau (3) defisiensi hormon gonadotropin yang memacu proses desensus testis.

Patofisiologi dan Patogenesis

Suhu di dalam rongga abdomen ± 10C lebih tinggi daripada suhu di dalam skrotum, sehingga testis abdominal selalu mendapatkan suhu yang lebih tinggi daripada testis normal; hal ini mengakibatkan kerusakan sel-sel epitel germinal testis. Pada usia 2 tahun, sebanyak 1/5 bagian dari sel-sel germinal testis telah mengalami kerusakan, sedangkan pada usia 3 tahun hanya 1/3 sel-sel germinal yang masih normal. Kerusakan ini makin lama makin progresif dan akhirnya testis menjadi mengecil.

Karena sel-sel Leydig sebagai penghasil hormon androgen tidak ikut rusak, maka potensi seksual tidak mengalami gangguan.

Akibat lain yang ditimbulkan dari letak testis yang tidak berada di skrotum adalah mudah terpluntir (torsio), mudah terkena trauma, dan lebih mudah mengalami degenerasi maligna.

Gambar 9-1. Letak testis maldesensus. Gambar di sebelah kanan adalah beberapa letak testis kriptorkismus yaitu 1. Testis retraktil, 2. Inguinal, dan 3. Abdominal, sedangkan gambar di sebelah kiri menunjukkan testis ektopik, antara lain: 4. Inguinal superfisial, 5. Penil, 6. Femoral

Gambaran klinis

Pasien biasanya dibawa berobat ke dokter karena orang tuanya tidak menjumpai testis di kantong skrotum, sedangkan pasien dewasa mengeluh karena infertilitas yaitu belum mempunyai anak setelah kawin beberapa tahun. Kadang-kadang merasa ada benjolan di perut bagian bawah yang disebabkan testis maldesensus mengalami trauma, mengalami torsio, atau berubah menjadi tumor testis.

Inspeksi pada regio skrotum terlihat hipoplasia kulit skrotum karena tidak pernah ditempati oleh testis. Pada palpasi, testis tidak teraba di kantung skrotum melainkan berada di inguinal atau di tempat lain. Pada saat melakukan palpasi untuk mencari keberadaan testis, jari tangan pemeriksa harus dalam keadaan hangat.

Jika kedua buah testis tidak diketahui tempatnya, harus dibedakan dengan anorkismus bilateral (tidak mempunyai testis). Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan hormonal antara lain hormon testosteron, kemudian dilakukan uji dengan pemberian hormon hCG (human chorionic gonadotropin).

Uji hCG untuk mengetahui keberadaan testis :

  • Periksa kadar testosteron awal à Injeksi hCG 2000U/hari selama 4 hari
  • Apabila pada hari ke V: Kadar meningkat 10 kali lebih tinggi daripada kadar semula àTestis memang ada

Keberadaan testis sering kali sulit untuk ditentukan, apalagi testis yang letaknya intraabdominal dan pada pasien yang gemuk. Untuk itu diperlukan bantuan beberapa sarana penunjang, di antaranya adalah flebografi selektif atau diagnostik laparoskopi.

Pemakaian ultrasonografi untuk mencari letak testis sering kali tidak banyak manfaatnya sehingga jarang dikerjakan. Pemeriksaan flebografi selektif adalah usaha untuk mencari keberadaan testis secara tidak langsung, yaitu dengan mencari keberadaan pleksus Pampiniformis. Jika tidak didapatkan pleksus pampiniformis kemungkinan testis memang tidak pernah ada.

Melalui laparoskopi dicari keberadaan testis mulai dari dari fossa renalis hingga anulus inguinalis internus, dan tentunya laparoskopi ini lebih dianjurkan daripada melakukan eksplorasi melalui pembedahan terbuka..

Diagnosis Banding

Seringkali dijumpai testis yang biasanya berada di kantung skrotum tiba-tiba berada di daerah inguinal dan pada keadaan lain kembali ke tempat semula. Keadaan ini terjadi karena reflek otot kremaster yang terlalu kuat akibat cuaca dingin, atau setelah melakukan aktifitas fisik. Hal ini disebut sebagai testis retraktil atau kriptorkismus fisiologis dan kelainan ini tidak perlu diobati.

Selain itu maldesensus testis perlu dibedakan dengan anorkismus yaitu testis memang tidak ada. Hal ini bisa terjadi secara kongenital memang tidak terbentuk testis atau testis yang mengalami atrofi akibat torsio in utero atau torsio pada saat neonatus.

Tindakan

Pada prinsipnya testis yang tidak berada di skrotum harus diturunkan ke tempatnya, baik dengan cara medikamentosa maupun pembedahan. Dengan asumsi bahwa jika dibiarkan, testis tidak dapat turun sendiri setelah usia 1 tahun sedangkan setelah usia 2 tahun terjadi kerusakan testis yang cukup bermakna, maka saat yang tepat untuk melakukan terapi adalah pada usia 1 tahun.

Medikamentosa

Pemberian hormonal pada kriptorkismus banyak memberikan hasil terutama pada kelainan bilateral, sedangkan pada kelainan unilateral hasilnya masih belum memuaskan. Obat yang sering dipergunakan adalah hormon hCG yang disemprotkan intranasal.

Operasi

Tujuan operasi pada kriptorkismus adalah: (1) mempertahankan fertilitas, (2) mencegah timbulnya degenerasi maligna, (3) mencegah kemungkinan terjadinya torsio testis, (4) melakukan koreksi hernia, dan (5) secara psikologis mencegah terjadinya rasa rendah diri karena tidak mempunyai testis.

Operasi yang dikerjakan adalah orkidopeksi yaitu meletakkan testis ke dalam skrotum dengan melakukan fiksasi pada kantong sub dartos.

About these ads

44 thoughts on “TESTIS MALDESENSUS”

  1. Pak, apakah ada kelainan fisik yang akan diderita oleh pasien yang mengalami operasi untuk menurunkan testis ini pada usia 1 tahun, seperti halnya sering capek atau mengalami gangguan yang lainnya ?
    trim

  2. Om,, saya mau tanya…
    Klo testisnya turun sblh,knp ya om?

    terus ada efek sampingnya ngga??
    gmn cara buat balikin k posisi awal testis??

    Biasanya testis yg trn sbelah, biasa dsbt org awam turun bero’.
    Kirimin jwbnya k EMAIL saya ya om.
    Terima ksh….

  3. dok, saya sudah dewasa 30 thn namun testis masih belum ada sama sekali.

    bgmn ya dok, bisa diketahui dari mana?
    kira-kira efek sampingnya apa dan bagaimana penanganannya?

    Jawaban ke mail saya ya, thks

    1. Dokter…..saya berumur 23thn, saya hanya memiliki satu testis tepat disebelah kanan..dan kiri di kantong skrotum nya kosong…terkadang saat jongkong disamping skrotum muncul benjolan seperti testis tetapi tidak setiap kali jongkok benjolan tersebut kelihatan… dok sangat mohon saran nya ???
      apakah yang harus saya lakukan?
      apakah jika nikah nanti saya tidak akan bisa memberikan keturunan?
      apakah sangat berpenaruh di kualitas sperma?
      dan efek apa yang akan muncul dengan keadaan spt ini ?
      mohon dibalas dok..
      Terima Kasih’
      Diego

  4. Ass
    Begini Dokter, saya memiliki masalh pada testis saya yang sebelah kanan.
    Kurang lebih 14 th yang lalu saya mulai merasakan kalau testis sebelah kanan say mulai mengecil dan puncaknya pada saat ini, testis saya seukuran kelereng yg kecil.

    Saya pernah disarankan dokter utk berobat ke dokter rujukan, tp hinnga saat ini saya belum mengindahkan saran baik tersebut

    Hingga hari ini saya belom menikah. Pertanyaannya adalah apakah saya masih bisa memiliki keturunan jika kelak harus menikah? Oh ya usia saya saat ini 38 th.

    Pertanyaan kedua, apakah kondisi ini bisa berakibat fatal buat kesehatan organ saya yg lain? Mengingat saya tak pernah merasakan keluhan sakit pada bagian bawah perut saya. Sekalipun saya menduga ada yang tidak beres pada organ ginjal say.

    Atas seluruh kebaikan Anda saya ucapkan terimakasih.

  5. dokter,anak saya 1thn 4 bln testis sebelah kiri belum turun saya sudah pergi kedokter endoktrin anak katanya harus terapi hormon.pertanyaan saya,apakah efek samping dari pemberian hormon HCG ?apakah dampaknya bisa berbulu,kelamin jd agak besar dan anak bisa sangat agresif? kalo di operasi termasuk operasi keci,atau besar?saya minta tlg kalo di operasi kedokter bedah mana yang penah menangani kasus kriptorkismus ini?tolong kirim jawabannya ke e-mail saya ya…terima kasih

  6. dokter, mau tanya…
    Apa pengaruhnya ketika satu testis ada di skrotum dan satunya kecil ada di inguinal?
    Kalo seandainya satu testis yang di inguinal itu tidak diturunkan atau diambil, apakah akan membahayakan?
    Apakah seorang laki-laki kalo hanya memiliki 1 testis di skrotum bisa punya anak atau tidak?
    Apakah dengan satu testis itu akan menyebabkan infertilitas?
    Mohon penerangannya…
    Terimakasih

    1. Dok, anak saya sudah berumur 8 tahun, ada kelainan pada testisnya yang tidak turun 1, apakah dilakukan operasi untuk menurunkan, dan bagaimana kemungkinan keberhasilan operasi tersebut, apakah ada pengaruh setelah dilakukan operasi… Mohon penjelasannya . Terima Kasih

  7. Dok, waktu dulu saya pernah mengalami pembengkakan pada testis sebelah kanan saya, dan setelah di bawa ke dokter saya di beri obat . Lama kelamaan testis saya makin kecil dan sampai skrg menghilang. Apakah dengan satu testis saya masih bisa mempunyai keturunan..makasih atas jawabannya.

  8. Dok saya punya keluhan di bawah kantung testis (tepatnya di batang penis bagian bawah setelah kantung testis) disitu muncul benjolan memanjang sebesar kelereng dan dipegang agak sakit..(sakitnya kaya bisul tp bukan bisul)dah lama dok 2-3 th-an kira2 apa ya dok? makasih dok…

  9. Dok saya pria brumur 25 thn. Selama ini salah satu testis saya msh berada d bagian paha. Apakah hal itu akan berpengaruh pada kesuburan? Dan masihkah bisa d lakukan operasi? Dikarenakan usia saya sudah dewasa
    mohon balas k email saya. Terima kasih

  10. dok anak sy umur 2 tahun tp testisnya belum turun yang kanan dan kiri, setelah sy bw ke dokter urolog dr hasik usg hasilnya testis kanan barada di pangkal testis dg hidrocele dan testis kiri di inguinal kiri juga tampak hidrocele dan kesimpulan undescended testis bilateral. sy di sarankan operasi, yang sy tanyakan anak saya bisa punya keturunan apa tidak dok? mohon penjelasannya dan trimakasih

  11. saya umur 19 tahun, salah satu dari penderita undensensus testis. memang bukanlah hal yg mudah untuk menerima hal tersebut. Baru bulan agustus kemaren saya dioperasi dan ternyata setelah check testis sebelah kiri saya sudah tidak berfungsi secara normal lagi..

    Dugaan dokter bisa karena terlalu lama di abdomen. Suhu di perut terlalu panas. Sehingga terjadi kerusakan…

    Buat teman2 yang lain saya mau bilang bagi anda yang menderita undensensus testis jangan pernah minder dengan kondisi anda…

    yamapoenya@blogspot.com

  12. saya usia 29 th.mengalami undesensus testis bilateral.sekarang saya mulai mengalami hernia scrotalis dextra reponible.saya pernah analisis sperma dgn hasil jumlah,warna,kekentalan sperma dbn ttp tidak ditemukan spermatozoa.bgm pengobatan testis sy tsb,apakah ada harapan bagi pnderita spt sy bisa mndaptkan keturunan.

    1. dear mas Johan,,,

      kalau tidak keberatan anda bisa bisa mengunjungi bloog saya yamapoenya.blogspot.com

      Di situ ada shotout mix yg bisa pake chat,,

      Saya juga salah satu penderita undensensus testis bilateral, dan dr. Herman Wibisono Sp.And (Rumah Sakit limijati bandung)pernah mengatakan dampak yang paling parah dari seorang undensensus testis adalah persentase memiliki keturunan agak susah tapi masih ada harapan..

  13. dok, saat ini umur saya 32 thn dan berencana akan menikah. tp saya khawatir krn saya hanya memiliki 1 testis. apakh saya msh bs pnya keturunan? apa yg hrs saya lakukan utk memastikannya? trima ksh dok, mhn dibalas ke email saya.

  14. dok.saya berumur 25 th saya memiliki 1 testis yg di sebelah kanan saja.apkah ad cara bwt mngemblikan testis sblah kiri,?apa efek dri kelainan tersebut?.makasih mohon pecerahan dokter.

  15. Assww….
    selamat siang dok…
    anak dari kakak sepupu saya sekarang berusia kurang dari 2 tahun, bermasalah dengan ukuran testis yang tidak sama besar, yang satu besar dan yg satu lg berukuran lebih kecil. Apakah itu berbahaya?adakah efek samping untuk kehidupannya jika ia telah dewasa kelak?bagaimana penanganannya?
    trims..

  16. Dok, minta saran anku berusia 4 tahun testis sebelah kiri tidak ada, dah konsul ke dokter harus di usg dulu untuk melihat keberadaan testis kebetulan belum di sunat, apakah kalu di sunat lebih dulu tidak apa? terimakasih.

  17. dok, saya sudah dewasa 27 thn namun testis pada kantung zakatnya tidak terdapat testis

    bgmn ya dok, bisa diketahui dari mana?
    kira-kira efek sampingnya apa dan bagaimana penanganannya?

    Jawaban ke mail saya ya, thks

  18. Siang dok,saya 27 thn dari kecil testis saya tidak pernah turun, trus kalo disaat jongkok bagian bawah perut sebelah kanan itu ada terasa testisnya cuman tidak turun sampai kekantong testis.. sementara sebelah kirinya tidak terasa sama sekali kalo diraba pake tangan…

    bagaimana ya dok, apakah jika harus dioperasi tidak terlambat mengingat umur saya sudah 27 tahun… trus kalo tidk dioperasi apa akibat nya?

    kalo dioperasi efek yg paling buruknya apa?

    balas ke email saya ya dok..
    terima kasih.

  19. dok, umur saya 23thntp saya hanya memiliki 1 testis. apakh saya msh bs pnya keturunan? apa yg hrs saya lakukan utk memastikannya? trima ksh dok, mhn dibalas ke email saya.

  20. permisi dok,, saya mau tanya,,, waktu saya kelas 5 sd dulu,, tiba” didaerah selangkangan atas sebelah kanan saya sakit banget,, dan itu berulang waktu saya kelas satu smp… dan pada suatu saat saya menyadari bahwa testis sebelah kanan saya membesar,, dan kadang sangat lembek seperti tidak ada isinya,, tapi terkadang ada dan besar dok dan itu sampai sekarang,,,tapi testis kiri saya gak apa”… tapi jika saya bandingkan testis kiri saya dengan gambar” testis di internet seperti agak lebih kecil gitu dok,,, saya mau tanya kira” saya mengidap penyakit apa yak,,, apakah ini bisa di golongkan ke dalam penyakit hernia,,, oh iya usia saya saat ini 18 tahun,,, mohon kirimkan jawabannya ke email saya ya dok,,rama.wolly@gmail.com atau disini juga gak apa”,, hehe,,, terima kasih banyak dok sebelumnya… saya sangat mengharapkan jawaban dari anda

  21. dok,knpa ea,testis sya sbalah kiri turun sbalah,apakah itu normal,tpie kog ada rsa skied sedikit ea??
    ada hal ap ea dok..
    plesea djawab

  22. Assalamualaikum dok…
    Di keluarga saya ada seorang yg sudah berumur 21th.
    Dia memiliki kedua testis yg berada di selangkangan kanan dan kiri…
    Apakah dia spermanya subur dan dia tetap bisa mempunyai keturunan?
    Apa yg anda sarankan?

    mohon reply ke email
    terima kasih

  23. dkter…. tolong saya saya sdh berumur 18 thn tapi ,,,, saya hanya punya satu testis apakah saya bisa normal kaya pria laen dan bisa punya keturunan jika saya menikah?? mohon bantu saya dokter

  24. Dokter….., anak saya hanya memiliki satu testis dan samping skrotum muncul benjolan seperti testis,dok sangat mohon saran nya ???
    apakah yang harus saya lakukan?
    apakah sangat berpenaruh di kualitas sperma?
    dan efek apa yang akan muncul dengan keadaan spt ini ?
    mohon dibalas dok..
    Terima Kasih’
    yayat

  25. Saya bryan umur 21 tahun. Saya seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di surabaya dok. Begini dok saya mempunyai masalah dengan testis saya dok. Kemarin tiba-tiba testis saya sebelah kanan terasa nyeri dok. Memang sebelumnya saya juga pernah merasakanya saat naik sepeda motor dok saya juga gak tahu kenapa. Tetapi setelah saya lihat di internet rasa nyeri pada buah zakar kemungkinan besar diakibatkan oleh terpelintirnya buah zakar. Jika demikian apa yang harus saya lakukan dok. Saya tidak mau terjadi hal yang fatal kedepanya nanti. Apakah saya harus dioperasi atau bagaimana dok. Dan jika harus dioperasi berapa biaya yang harus dikeluarkan dok karena saat ini saya masih belum memiliki penghasilan. Apabila ada alternatif lain selain operasi mohon diberitahu dok.

    Terimakasih dok tolong dijawab lewat email dok,

  26. Anak saya umur 8 thn,lahir sungsang,asfiksia berat, setelah umur 1 th, krn curiga testis tdk turun,di USG kata dr testisnya sdh turun. masalahnya sampai sekarang ukuran skrotumunya tdk bertambah besar, saya periksa testisnya yg kanan ada,ukrn lbh kecil,yg kiri tidak teraba.
    Kemungkinannya apa saja? dan penanganannya bagaimana,berapa % kemungkinan potensi ke arah ganas?

    terimakasih

  27. Dok.sy mu tanya.. Adik saya hanya punya 1 buah zakar dan letaknya di sebelah kanan,dari kecil sampe dewasa tidak pernah merasakan kesakitan atau keluhan yg lainnya. Apakah termasuk normal tidak?dan apakah tidak berpengaruh untk mendapatkan keturunan nantinya. Usinya sekarang 25 tahun.. Moho balasanya lewat email.. By.aghi.

  28. Dok usia saya 32 th menikah sudah 6 th. Dan blm punya anak, pernah tes lab katanya sperma saya lemah, apakah penyebabnya karena testis saya cuma satu? Dan yg lain msh di atas pangkal paha, mohon penjelasannya dok, terima kasih

  29. anak saya usia 4,7thn. yg kiri testisnya tidak ada, diraba juga tidak ditemukan, sudah usg 2x tdk ditemukan.
    dr menyarankan utk operasi.
    kira2 biayanya berapa yah ?
    tks sebelumnya.

  30. HALO DOK SAYA REMAJA USIA 18 THN,TESTIS BAGIAN KIRI SAYA UKURANYA 2X LBIH BSR DR TESTIS KANAN,APAKAH YANG TERJADI PD SAIA,,PDHL SAIA TIDAK MERASAKAN SAKIT ATAU GEJALA2YANG ANEH DGN TESTIS,

  31. dok.saya berumur 25 th saya ingin menikah , sy memiliki 1 testis. apkah ad cara bwt mngemblikan testis sblah kiri,?apa efek dri kelainan tersebut?.apakah saya masih bisa punya anak ? langkah apa yang bisa saya lakukan , send jawabannya di aanhastomo@yahoo.co.id

  32. slmt siang dok,,,ank saya umurx 3 tahum tapi kedua testis belum turun ke kntong skrotum stlh d usg hsilx testis kiri dan knan memang tidak nampak,,apa yg harus saya lakukan dok menghadapi masalah ini,,trimakasih

  33. Setelah sy baca coment2 ternyata memang byk yg testis sebelah kiri tdk ada,sm halnya yg di alami oleh anak sy umur 7thn,tlg diberi penjelasan detail?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s