Foto dan Gambar Bayi Berkaki Empat dan Berpenis Dua yang Lahir di Depok

Video dan foto-foto diatas merupakan foto2 bayi malang yang mulai hari ini dirawat di RSCM. Bayi yang dipindahkan dari RS Sentra Medika, Depok, ini mengalami kelainan yang multiple congenital anomaly.

“Itu bayi kembar yang menjadi satu,” kata Ketua Perinatologi RSCM Rinawati Rohsiswatno yang menangani kasus ini di RSCM, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2008).

Bayi yang baru berumur 2 hari itu tersebut memiliki empat kaki, dua penis, dan tanpa anus. Berat tubuhnya 2.800 gram dengan panjang tubuh 50 cm.

Rinawati mengatakan akan segera melakukan operasi pada bayi tanpa nama itu. Namun, dia mengatakan operasi tersebut bukan karena kondisinya gawat.

“Namun sehat tidak ada kegawatan yang mengancam. Tindakan medis awal membuat colostomy, yaitu pembuatan lubang anus,” tambahnya.

Saat ini bayi tersebut tidak tampak ada yang menemani. Sang ibu yang bernama Setyaningsih juga tidak terlihat ketika bayi itu tiba di RSCM pukul 11.30 WIB

Menurut dokter kandungan yang menangani persalinan, Indra Sugiarno di Depok, Jumat (22/8), bayi tersebut lahir dengan cara caesar, pada Rabu malam (20/8) pukul 22.30 WIB.

Ia mengatakan, selain berkaki empat, bayi dengan berat 2,8 kilogram dan panjang 48 sentimeter itu juga mengalami kelainan, antara lain gangguan jantung dan tidak berfungsinya anus.

Berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen, kata dia, kaki tambahan tersebut terletak di bagian bokong. Untuk kaki tambahan sebelah kanan agak menyerong ke depan. Sedangkan kaki sebelah kiri letaknya sejajar dengan kaki kiri depan. “Dalam istilah medis kejadian ini biasa disebut ’parasite conjoined twin’ (kembar yang tidak lengkap),” katanya.

Sementara itu, dokter umum yang juga menangani bayi tersebut Nuryadi Dewanto mengatakan, meskipun lahir dengan sejumlah kelainan bayi tersebut dalam kondisi sehat.

Ia mengatakan, untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Jumat (22/8) siang. Bayi yang belum semapat diberi nama itu dibawa dengan ambulans Rumah Sakit Sentra Medika pukul 10.25 WIB.

Bayi tersebut lahir dari pasangan Suaduon, 26, dan Setianingsih, 20, warga Gang Belong Kampung Babakan Kelurahan Sukatani, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Kedua orang tua bayi tersebut enggan berkomentar mengenai kondisi anak pertamanya tersebut. Ayah bayi tersebut sehari-hari berprofesi sebagai buruh di perusahaan swasta.

Humas Rumah Sakit Sentra Medika, Samuel mengatakan, untuk biaya persalinan bayi tersebut akan ditanggung melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), karena berasal dari keluarga yang tidak mampu. Foto foto bayi kaki empat, berpenis dua dan tanpa anus ini juga bisa lihat disini.

About these ads

15 thoughts on “Foto dan Gambar Bayi Berkaki Empat dan Berpenis Dua yang Lahir di Depok”

  1. untuk mas suaduon & mba setianingsih,harus tabah menerima,dan rawatlah anak kalian dengan baik karena itu merupakan buah hati kalian yang siberikan oleh Yang Maha Kuasa.

  2. buat andien dan erwin atas komen diatas: kejadian diatas sama sekali tidak ada kaitannya dengan kiamat ataupun dosa2 manusia, itu murni kelainan embriologis

  3. buat andien dan erwin, jangan biarkan anak anda sendiri,apalagi membenci anak anda. rawatlah anak anda dengan penuh kasih sayang karna itu yang diperlukannya sekrang. Ini semua kehendak maha kuasa,yakinilah bahwa semuanya ini pasti ada rancangan yang indah. Tunggulah rancangan Tuhan, pasti Dia akan memberikan yang terbaik untuk andan.Harus sabar dan tabah. Tuhan memberkati

  4. Dengan satu kejadian diatas yang mungkin hanya satu dari seratus bayi lainnya yang mengalami hal tersebut yang dapat diangkat ke permukaan..harusnya kita tidak hanya belajar melihat tapi mungkin yang sangat diperlukan adalah bagaimana tindakan kita untuk memberikan hal-hal terbaik bagi ibu-ibu yang akan melahirkan anak-anak bangsa indonesia kita yang tercinta ini…berikan mereka pemgetahuan yang baik,gizi yang cukup, dan banyak hal yang bisa sama-sama kita lakukan..merasa iba itu tidaklah cukup..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s