Stoner Juara Gila-gilaan , Rossi Terkapar

Assen, detikSport – Drama terjadi di Assen. Stoner Kembali menunjukan bahwa dirinya merupakan satu satunya pembalap yang mampu memanfaatkan torsi dan tenaga “gila” Desmosedici Gp7/8. Rossi ? Kesalahan ditikungan pertama membuat Rossi tercecer di posisi ke 11.
Sedangkan posisi kedua berhasil diraih oleh Dani Pedrosa yang untuk saat ini memimpin klasemen sementara Moto Gp. Posisi podium ketiga yang tinggal beberapa meter berhasil direbut Edwards dari genggaman Nicky Hayden. Dengan demikian nampaknya Gelar juara dunia Moto Gp tidak akan jauh dari Stoner, Pedrosa dan Rossi. Untuk Lorenzo nampaknya posisi ke 6 cukup baik bagi dirinya mengingat ia masih dalam pemulihan dan karirnya pun masih sangat panjang.

Casey Stoner keluar jadi juara usai menjaga posisi satu sejak start sampai finis. Sementara itu Valentino Rossi hanya finis di posisi 11, sehingga Dani Pedrosa pun merebut tampuk teratas klasemen sementara. Nicky Hayden yang sejengkal lagi finis di posisi tiga malah mengalami masalah dan akhirnya bercokol di tempat keempat.

Di awal balapan, Rossi menabrak Randy de Puniet sehingga harus kehilangan posisi. Meski berusaha keras, “The Doctor” hanya bisa finis di posisi 11.

Sementara itu Stoner kembali melanjutkan tren kemenangan setelah sebelumnya digdaya di Donnington. Kali ini dia tampil apik di GP Belanda untuk menjaga persaingan gelar juara dunia.

Pedrosa yang start di posisi dua sukses menjaga posisinya di tempat kedua. Dengan tambahan 20 poin dia kini memimpin klasemen dengan 171 poin. Rossi ada di posisi kedua dengan 167 angka sedangkan Stoner di tempat ketiga dengan 142 poin

Jalannya Balapan

Toni Elias bermasalah dari start, dia melongok-longok bagian belakang motornya. Tabrakan terjadi! Randy De Puniet ditabrak Valentino Rossi dan keduanya terjatuh!

Alex de Angelis juga terjatuh tak lama kemudian! Kelihatannya cukup parah karena dia langsung memegangi tangannya. Kecelakaan ini tak melibatkan pembalap lainnya.

Casey Stoner sementara itu sudah dilalui Daniel Pedrosa, kendati Stoner bisa memimpin kembali sesaat sebelum memasuki lap kedua. Rossi tampaknya bisa kembali ke lintasan meski tercecer di belakang. Nicky Hayden bisa memanfaatkan itu dan untuk sementara mengisi posisi ketiga. Benar-benar dramatis saat balapan baru tuntas melintasi putaran pertama!

Stoner, Pedrosa, Hayden, Shinya Nakano dan Andrea Dovizioso mengisi posisi lima terdepan dengan balapan masih tersisa 22 lap. Stoner memimpin dengan cukup nyaman. Ow, Dovizioso lantas bisa mendahului Nakano untuk menempati posisi empat di lap ini.

Dengan masih 20 lap tersisa, Stoner masih jauh di depan dengan keunggulan 3, 471 detik dari Pedrosa yang ada di posisi dua. Rossi sementara itu masih tercecer di posisi empat dan Nakano kembali dilalui, kali ini oleh Chris Vermeulen, yang juga melewati Dovizioso. Dari posisi start delapan, Vermeulen kini ada di tempat keempat. Ohh, Anthony West terpeleset dan terlempar keluar lintasan! Dia kelihatannya tak apa-apa walau sangat kesal.

Stoner makin menjauh dari pengejarnya. Dengan 16 lap tersisa, dia menambah jaraknya jadi 4,250 detik dari Pedrosa. Kejayaan Stoner yang mengamankan podium satu setelah mendulang pole di Donnington bisa terulang lagi!

Pada lap 12 dari total 26, di mana Rossi? Tampaknya dia masih berjuang dari posisi terbelakang, posisi 13. Jaraknya cukup jauh dari Marco Melandri yang ada di depannya, yaitu 8,745 detik.

Dengan 10 lap tersisa, Stoner, Pedrosa, Hayden, Edwards dan Dovizioso mengisi lima posisi terdepan. Rossi? Masih di posisi terbelakang berjuang mengejar Melandri. Hayden sementara itu terus memangkas waktunya melahap satu putaran. Hati-hati, Pedrosa!

Enam lap tersisa. Rossi sudah di posisi 12, menguntit Elias setelah melewati Melandri. Bisakah Rossi terus mengais poin-poin tambahan nan berharga?

Stoner unggul nyaris sepuluh detik atas Pedrosa dengan empat lap tersisa. Kemenangan pembalap Ducati itu sudah di depan mata.

Rossi melewati Elias! Tiga lap tersisa, dan Rossi kini ada di posisi 11.

Lap terakhir. Stoner, Pedrosa, Hayden, Edward dan Dovizioso ada di lima terdepan. Stoner tak teredam dan melintasi garis finis! Pedrosa finis di posisi dua. Ow! Hayden terlihat bermasalah dengan motornya dan dilalui Edwards beberapa meter menuju garis finis!


Hasil GP Belanda:

Posisi-Pembalap-Tim(Ban)-Waktu
1. Casey Stoner Ducati (B) 42:12.337
2. Dani Pedrosa Honda (M) + 11.310
3. Colin Edwards Yamaha (M) + 17.125
4. Nicky Hayden Honda (M) + 20.477
5. Andrea Dovizioso Honda (M) + 27.346
6. Jorge Lorenzo Yamaha (M) + 28.608
7. Chris Vermeulen Suzuki (B) + 32.330
8. Shinya Nakano Honda (B) + 34.892
9. James Toseland Yamaha (M) + 38.566
10. Sylvain Guintoli Ducati (B) + 38.817
11. Valentino Rossi Yamaha (B) + 46.025
12. Toni Elias Ducati (B) + 48.213
13. Marco Melandri Ducati (B) + 59.594

Retire

Pembalap-Tim(ban)-Lap
Anthony West Kawasaki (B) 6
Alex de Angelis Honda (B) 0
Randy de Puniet Honda (M) 0

2 thoughts on “Stoner Juara Gila-gilaan , Rossi Terkapar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s