Sirkuit Laguna Seca

DetikSport- Laguna Seca terletak di kota Monterey, California, Amerika Serikat. Pertama kali dibuka pada tahun 1957 setelah menghabiskan dana 1,5 juta dollar AS sebagai ongkos pembangunannya.

Berbagai balapan digelar di sirkuit sepanjang 3,6 km ini. Selain MotoGP, Laguna Seca juga menjadi tuan rumah beberapa event seperti F1, CART, Champ Car Marlboro Challenge, American LeMans Series, hingga A1GP.

Khusus untuk MotoGP, sirkuit ini pertama kali menggelarnya pada tahun 1991. Ketika itu pembalap Yamaha, Eddie Lawson, tampil sebagai juara. Setelah vakum dari kurun waktu 1995-2004, mereka pun kembali menggelar balapan MotoGP tahun 2005. Pada tahun tersebut Nicky Hayden berhasil keluar menjadi juara bersama tunggangannya, Honda RC211V.

Nama pembalap Yamaha, Wayne Rainey, tercatat sebagai yang paling sering menjadi juara di sirkuit yang memiliki 11 tikungan ini. Rainey tercatat sebagai juara pada tahun 1989, 1990, dan 1991. Pada pehelatan tahun 2007 nama Casey Stoner lah yang keluar sebagai juara.

Sementara itu, Helio Castrovenes tercatat sebagai pemegang rekor lap time ketika berlaga di ajang Champ Car. Pembalap asal Brasil itu menorehkan catatan waktu 1:07,722 detik

Laguna Seca merupakan sirkuit yang berlawanan dengan arah jarum jam. Sirkuit ini juga memiliki sebuah tikungan yang amat terkenal, Corkscrew. Tikungan kedelapan ini dianggap sebagai salah satu tikungan paling menantang dalam dunia motorsport. Tikungan tersebut berbentuk menyerupai huruf ‘U’ dengan landasan yang menurun di akhirnya.

Sirkuit ini hanya menggelar balapan kelas MotoGP (dulu 500 cc) dan tidak menggelar balapan untuk kelas 125 cc dan 250 cc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s