Hasil Laguna Seca: Rossi Juara, Stoner Ngajak Adu Mulut, Doohan Bela Rossi

detikSport– Kemenangan pertama Valentino Rossi di Laguna Seca terasa sangat manis. Sudah start dengan bagus dan memenangi pertarungan sengit, Rossi juga menyetop rentetan kemenangan rival terdekatnya.

Dalam balapan, Rossi start dengan apik –suatu hal yang belakangan jarang bisa dilakukan pembalap Yamaha itu– untuk langsung berhadapan dengan Stoner.

Keduanya lantas bersaing sengit dan beberapa kali saling mendahulului. Tapi pada suatu ketika Stoner melebar sehingga pembalap Ducati itu masuk ke gravel dan kehilangan waktu karena terjatuh. Rossi pun jadi juara MotoGP AS 2008.

Sudah melalui perjalanan dashyat dalam meraih kemenangan pertamanya di Laguna Seca, kesuksesan makin membanggakan buat Rossi yang juga sukses menjaga pucuk klasemen sementara pembalap sekaligus mengakhiri rentetan kemenangan Stoner.

“Untukku, balapan itu luar biasa. Itu adalah kemenangan pertamaku di Laguna Seca dan balapannya tak bisa dipercaya,” ceria Rossi seperti dilansir Autosport, Senin (21/7/2008).

“Kami membuat beberapa modifikasi sebelum balapan dan aku bisa mendapat laju yang lebih baik. Aku sangat cepat dan setelah start bagus, aku menjalani pertarungan hebat dengan Casey, dengan banyak overtaking. Itu menyenangkan, sangat menyenangkan,” imbuh dia.

Kemenangan membuat Rossi kini memimpin klasemen sementara pembalap dengan keunggulan 25 poin dari Stoner yang ada di posisi dua.

“Itu pastinya adalah kemenangan penting. Untuk bisa menang kali pertama di Laguna rasanya emosional. Sekarang kami memasuki jeda musim panas dan kami akan berlibur serta istirahat karena kejuaraan ini sangat panjang,” tandas dia.

Doohan: Konflik Masih Akan Terus Berlanjut

Valentino Rossi dan Casey Stoner terlihat beradu mulut seusai MotoGP AS. Legenda GP Motor, Mick Doohan, memilih membiarkannya dan malah meramal konflik itu akan berlanjut.

MotoGP AS di Laguna Seca akhir pekan lalu berlangsung seru. Rossi akhirnya memenangi balapan setelah melalui pertarungan seru dengan Stoner. Usai lomba, keduanya terlihat adu mulut.

Stoner menyebut bahwa balapan tersebut adalah balapan terkotor yang dialaminya. Manuver Rossi, bagi Stoner, dianggapnya terlalu agresif, terutama ketika melakukan overtaking.

Bagi Doohan, konflik Rossi vs Stoner dianggapnya sebagai bagian dari taktik untuk mendapat keuntungan psikologis ketimbang rivalnya. Ia bahkan memprediksikan hal seperti itu akan terulang di masa mendatang.

“Jangan terkejut jika ada perang kata-kata lagi di antara mereka jika jarak poin (di klasemen) menipis. Itu akan membuat situasi di luar trek menjadi menarik,” ucap Doohan santai kepada Sydney Morning Herald,

“Apa yang mereka ucapkan setelah lomba kelihatannya normal saat ada dua orang yang bertarung untuk gelar juara. Pembalap berkata-kata untuk mencoba meraih keunggulan atas rival mereka atau untuk membuat lawan tidak nyaman. Itu bagian dari permainan,” papar lima kali juara dunia GP 500 tersebut.

Doohan mengatakan bahwa pertarungan psikologis seperti itu adalah tradisi di balap motor. “Perang kata-kata seperti ini sudah berlangsung dari dulu. Barry Sheene dan Kenny Roberts melakukannya 30 tahun lalu dan kita semua melihat yang seperti itu setelahnya di antara rival-rival di era yang berbeda,” lanjutnya.

Bagaimanapun, Doohan mengingatkan bahwa perang di luar trek tak berpengaruh kepada perebutan gelar jawara MotoGP. “Casey dan Valentino sudah cukup lama berada di sana untuk menyadari kalau hasil di sirkuit-lah yang benar-benar berpengaruh,” ucap dia. “Anda tidak mendapatkan poin dengan bicara.”

Meski tak ingin tahu kalimat seperti apa yang saling terlontar di Laguna Seca, Doohan yakin betul bahwa baik Stoner maupun Rossi sama-sama memiliki respek terhadap lawannya.

“Kenapa tidak? Valentino adalah juara dunia lima kali dan salah satu yang terhebat sepanjang masa. Sementara Casey adalah anak muda yang berjuang keras memenangi gelarnya tahun lalu,” tegas pria Australia berusia 43 tahun itu.

“Masing-masing dari mereka memenangi empat balapan tahun ini dan mari kita semua duduk dan menikmati sebuah pertarungan yang menarik dalam tujuh seri yang akan datang,” tutup Doohan.

Hasil MotoGP AS

1. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 44min 4.311 secs
2. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 44min 17.312 secs
3. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 44min 30.920 secs
4. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 44min 39.212 secs
5. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 44min 39.974 secs
6. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 44min 41.979 secs
7. Toni Elias SPA Alice Team (B) 44min 45.940 secs
8. Ben Spies USA Rizla Suzuki (B) 44min 46.238 secs
9. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 44min 47.330 secs
10. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 44min 48.702 secs
11. Jamie Hacking USA Kawasaki Racing Team (B) 44min 50.569 secs
12. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 44min 59.584 secs
13. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 44min 59.832 secs
14. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 45min 6.691 secs
15. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 45min 12.518 secs
16. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 45min 15.273 secs
17. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 44min 34.872 secs

5 thoughts on “Hasil Laguna Seca: Rossi Juara, Stoner Ngajak Adu Mulut, Doohan Bela Rossi”

  1. itulah balap casey stoner terlalu mengandalkan kekuatan motor sedangkan rossi adalah pembalap yang mengandalkan skill dan kekuatan motor,jadi hal yang dilakukan rossi di gp laguna seca adalah hall yang sangat hebat dengan motor yang kalah power pun rossi bisa juara apalagi rossi pakai motor yang power nya hebat .stoner ga ada apa2 nya..selamat buat rossi dan team yamaha..bravo.

  2. Itulah bedanya antara pembalap profesional dengan pembalap karbitan. Rossi memang sudah mengerti bagaimana harus menyelesaikan balapan dengan baik. Sedangkan Stoner, dia hanya mengandalakan faktor keberuntungan saja. Yang namanya juara sejati kan kalau kalah ya memang harus mengakui, bukannya malah mengajak adu mulut. Wah semoga menang terus deh Valentino Rossi..

  3. the best race Moto GP 2008!!!

    Ciptaan manusia tetap tidak bs mengalahkan ciptaan Tuhan,,,anda semua pasti tau yg say maksud kan??
    Viva Vale…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s