Kontroversi Rekaman (Palsu?) Pembicaraan Pilot Blackbox (Kotak Hitam, CVR) Kecelakaan Pesawat Adam Air

Biasanya, kita tidak pernah bisa mendengarkan isi Blackbox pesawat yang mengalami kecelakaan. Namun, entah bagaimana caranya, ternyata rekaman Blackbox pesawat Adam Air 574 itu ternyata bisa didengarkan. Adalah seorang anggota Kaskus dengan nickname exc@libur yang kemarin membuat link ke rapid share tentang rekaman pembicaraan itu.

Sedangkan katanya, bro durossi berhasil mengupload video ilustrasi kecelakaan pesawat terbang serupa di laut pada situs youtube,

masih dari kaskus, berikut paparannya : Dari menit pertama rekaman terdengar background percakapan dicockpit suara ATC makasar sedang berbicara dengan psawat lain yakni TGN 461 (trigana four six one), atc memberi info kpada 461 bahwa saat itu visibility (jarak pandang) di bandara hasanuddin sekitar2-3 kilometer (two up to three kilomike/kilometres), angin dari arah 290 derajat 07 knots (wind at two nine zero degrees at zero seven knots)…etc etc (diantaranya atc menawarkan pada TGN mau membuat approach to land atau tetap holding pada posisi 11miles)

Menit ke 2.25 pada rekaman captain pilot adam memerintahkn co-pilot agar confirm posisi mereka pd atc makasar..

pilot: coba confirm posisi aja, confirm on radial sekian..124(one two four) DME(distance measuring equipment adlh alat bantu navigasi didarat yg menentukan jarak pesawat dengan station di mana peralatan DME tersebut berada, dlm hal ini adam 574 berada 125 Nautical miles dr MKS VOR/DME)

atc: go ahead,rojer adam 574(five seven four)position 125 dme mks(mike kilo sierra) crossing radial 307(three zero seven)..

pilot: thats confirm, thats confirm…bnr kan ngaco, ngaco ni FMS sama EFIS (instrument dipesawat yg mengindikasikan jarak, CMIIW)

Pada awal2 rekaman itu mereka masih berusaha untuk align actual position, mereka lagi ngomongin DME yang beda MKS (Mike Kilo Sierra) Makassar,

bisa didenger dari kata2 capt: “makanya gue liat lagi kok DME nya beda sama DME gambarnya ini, udah ngaco dia emang, udah mulai kapal bambu ini, mendingan kita percaya sama ini aja deh..”

ada kata2 capt juga yang bilang, “FMS telah mengacaukan dirinya sendiri”

terus ada kata2 “gue (kalo gak salah denger) terbangnya melanglang buana”

mereka coba untuk terbang manual ada kata2 capt yang bilang “coba ini aja, aaaaa gue pake ini aja deh terbangnya, pakeeee IRS nya taro di attitude”,

copilot “yes”……

capt “taro di attitude aja deh”,

copilot “yang left?”

pada saat itu terdengar autopilot disengage, karena otomatis kalo IRS di switch ke ATT autopilot bakal mati… pada saat autopilot mati mulai kedengeran alert “banking banking banking” yang artinya pesawat terlalu miring ke kiri ato ke kanan melebihi batas wajarnya..

kayaknya mereka gak sadar, soalnya capt nya teriak panik “jangan di belokin nih!”

di situ suasananya udah mulai kacau dan panik kayaknya, kedengeran dari suara copilot yang ngadu ke kaptennya “captain captain captain”

pada saat itu terdengar juga suara peringatan kalo pesawat overspeed, terdengar lagi aduan si copilot “aduh capt capt capt.. yah yah”

sisanya mereka ngucap “allahu akbar” pasrah, dan sisanya teriak diiringin suara windshield yang makin kenceng, dan mungkin ada body pesawat yang udah patah karena gak kuat nahan beban pesawat.

Tentu kawan-kawan masih teringat dengan kecelakaan pesawat Adam Air di awal tahun 2007 yang lalu. Ya, pada 1 Januari – Adam Air Penerbangan 574 dari Jakarta – Manado via Surabaya jatuh di sekitar Selat Makassar. Tercatat 102 orang tewas seketika (96 penumpang dan 6 awak pesawat).

(sumber : kaskus)

(WARNING sound) : PULL…

Voice on DHI 574 cockpit : ini —-

ATC: trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .

TGN 161: say again sir?

ATC: trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?

TGN 161: affirmative, we are make holding

ATC: roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)

Voice on DHI 574 cockpit: aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)

TGN 161: —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: loh, ini DMEnya nih yah…

iya makanya juga ngaconya disitu

nah, ini mike kilo sierra

yah…

ATC: adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?

DHI 574: affirm

mach 74 maintaining 070…

Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074

anginnya dah mulai normal lagi

iyah….

ATC: Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)

selamat tahun baru mas….

DHI 574: Gatu

ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….

Voice on DHI 574 cockpit: —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini

iyah…

ngaco dia tuh brarti

dah ngaco dah emang …dah ngaco

udah mulai gambar bambu ini

udah, kita percaya ama ini aja deh…

hehehe… iyalah….

—- cewe-cewe

makanya, terlalu jauh banget

—-

___noise___

salah lagi ini dia….

—-

iya nih

coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

(on the background, FO calling ATC)

ATC: go ahead

—- : —- —-

DHI 574: roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra

Voice on DHI 574 cockpit: ok….. that’s confirm… that’s confirm

affirm

iya khan.. ngaco

ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…

FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…

oi terbangnya melanglang buana eh….

TGN 161: trigana 161, maintain visibility now

ATC: standby one

Voice on DHI 574 cockpit: ini aja kep yah

coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude

yes

yah ini aja

TGN 161: Trigana 161 request visibility now?

ATC: standby one

TGN 161: standby

Voice on DHI 574 cockpit: masuk ke….

fail aja

fail?

yah, vault aja nih

—-

ntar attitude (or) altitude aja nih

ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)

attitude (or) altitude? nggak..

yang laen…

ATC: trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots

Voice on DHI 574 cockpit: (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)

TGN 161: copied, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: —- SELCAL dan altitude

masukin ini

heading brapa nih kep? (FO asking)

zero… zero seven nine yah (captain)

iya

masukin ini keatas

TGN 161: trigana 161, request ILS.. visual at runway 13

ATC: trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13

Voice on DHI 574 cockpit: ini kep?

taro NAV lagi….

TGN 161: trigana 161, ….descent to two thousand confirm?

(in the background, warning sound ….—-….)

ATC : affirm

Voice on DHI 574 cockpit: taro NAV lagi, taro NAV lagi….

TGN 161: descent to two thousand, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: yes?

taro NAV lagi (in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)

taro NAV lagi

NAV!…… ok kep?

JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–

captain, captain, captain…

(WARNING sign…. ticking….)

aduh kep, kep, kep….

ya, ya…

Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..

DHI 574: Mayday…..

Voice on DHI 574 cockpit: argh…

Allahuakbar….

DHI 574: MAYDAY… MAYDAY…!!

Voice on DHI 574 cockpit: Allahuakbar….

allahuakbar….

(…sounds like windshield kracking…)

argh…

allahuakbar….

NB :
– DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)
– Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang
– ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).
– DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.
– DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).
– FO = First Officer…. Copilot.
– FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

48 thoughts on “Kontroversi Rekaman (Palsu?) Pembicaraan Pilot Blackbox (Kotak Hitam, CVR) Kecelakaan Pesawat Adam Air”

  1. ALLAH HUAKBAR ….
    kecelakan bener-benar naas,
    sungguh membuat semua orang yang melihat ato mendengar rekaman ini pasti terharu dan merasakan bagaimana tegang nya keadaan saat itu…
    semua sudah menjadi kehendak ALLAH…
    bagi kaum kerabat yang ditinggalkan …
    semoga sabar untuk menghadapinya…
    dan bagi para korban semoga amal ibadah nya diterima disisi ALLAH SWT…
    amien….

  2. semoga ini menjadi hikmah buat kita semua… amien..
    Buat keluarga yang ditinggalkan moga bisa menjadi ladang amal karena keikhlasannya…

  3. Gw gak suka ma orang yang nyebarin rekaman ini… Apa ga punya SIMPATI ma keluarga korban?

    Bagaimana perasaan anda jika anda salah satu keluarga korban Adam Air dan anda mendenger teriakan terakhir keluarga anda sebelum meninggal?

    Apa orang-orang Indonesia itu pada tidak punya simpati sampe mereka tega menyebarkan hal-hal seperti ini…

    Manfaat apa yang bisa kita dapat dari penyebaran rekaman ini? Itu hanya akan menambah kesedihan keluarga korban…

    *May they rest in peace…😦 *

  4. pimpinan adam air harusnya ada yang bertanggung jawab atas matinya 102 penumpang adam air,
    bila benar pimpinan adam air sering memerintahakan pilot harus terbang walau navigasi rusak dengan tidak mengindahkan nyawa manusia.

  5. Ping-balik: Apa Kotak hitam or Black Box itu?? « SENYAWA
  6. INSYAALLAH bisa menjadi pelajaran buat yang mendengarkan, segala sesuatu nya bisa berubah dalam sekejap….dan untuk mengembalikan lagi ingatan kita yang mulai terlena dg kehidupan dunia bahwa setiap yang bernyawa pasti akan menemui maut..

  7. kupikir, black box itu harusnya tidak untuk dipublikasikan, tidak etis, apa gunanya buat keluarga korban selain menambah luka.
    harusnya itu hanya untuk yg berkepentingan saja, supaya mereka mau memperbaiki diri

  8. NtAh ReKaMaNNa BnR pA gA Yg JlS sMoGa SmUa InI mMbErIkAn PElAjArAn Yg TerBaIk WaT qT sMuA…….. SmUaNa AdA DI tGn Yg MaHa KuAsA……….

  9. mdhn2 ada kejujuran dari pemerintah klo emang ni percakapan asli dr blackbox kecelakan pesawat ADAM AIR yg naas…biar masyarakat tdk bingung..dah bingung dgn persoalan hidup d tambah lg ke tdk jujuran n ketegasan dr pemerintah ttg kecelakan pesawat ADAM
    AIR

  10. saya setuju ini tidak dijadikan konsumsi publik. apalagi beberapa stasiun tv telah menayangkannya lengkap dg visualisasinya. gak kebayang betapa sedihnya para keluarga. luka lama berdarah kembali.

    please, janganlah diteruskan. tidak ada gunanya. apapun alasannya, tetap tidak manusiawi menayangkan ini. janganlah meraup keuntungan materi dari kesedihan orang lain, kasian…😦

  11. Pihak keluarga memang pasti sedih karena luka lama dibuka kembali. Tetapi kebenaran harus diungkap sejelas-jelasnya meskipun menyakitkan. Ini adalah fakta kebobrokan sebuah perusahaan penerbangan dan melibatkan instansi pemberi ijin yang dengan mudah meloloskan ijin terbang (sudah sangat parah, aku curiga ada uang bermain, nyawa penumpang kok dibeli dengan uang. Kita harus kritis bila ingin maju.

    Dengan demikian akan banyak orang tahu fakta sebenarnya agar jangan terulang kasus kecelakaan yang sampai sekarang tidak jelas kabar beritanya, kok sptnya ada unsur menutupi (melindungi) pihak tertentu (pejabat di DPR) dan pengusaha besar (money politics).

    Menteri perhub harus mempublish rekaman aslinya kepada pihak yang memang ahli flight navigator untuk memastikan rekaman ini asli atau tidaknya. Bukan sibuk bantah ini palsu atau tidak, kok spt kasus Suap DPR yang melibatkan 2 pejabat (ada unsur melindungi), kalau kita mau maju harus transparan, kalau perlu bos adam air dan semua orang yang terlibat seret ke meja hijau tanpa memandang unsur uang dan kekuasaan. KEADILAN dan KEBENARAN harus ditegakkan.

    Mari kita tunjukkan patriotisme bangsa Indonesia dengan mulai JUJUR.

  12. ya thanks banget atas informasi nya

    semua kita serahkan kepada yang di atas

    buat keluarga korban

    ihklas kan aja kepergian mereka

    kita ambil hikmah nya,,

  13. dari Allah kita diciptakan. dan kepadaNYAlah kita berpulang. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat bersabar dan mengambil hikmahnya.

  14. walaupun sama sama nggak punya moral dan hati tapi masih mendingan yang memposting isi blackbox adam air dari pada kantor kantor berita (stasiun televisi) swasta yang menayangkan juga mengangkatnya jadi berita, stasiun2 itu hanya melihat sisi headlines nya aja yang artinya kepopuleran stasiun mereka dan akhirnya duit untuk mereka. menurut saya itu bukan keterbukaan informasi, tapi pengumuman terbuka kalau mereka juga tidak punya moral dan hati sama seperti si pelaku pencurian data dan pelaku posting.

  15. Pihak keluarga sudah menyatakan bahwa suara takbir dan vokal Yoga (co-pilot) adalah betul milik Yoga, dan tidak mungkin salah. Dengarkan juga suara air waktu takbir terakhir.

    Teruskan berbohong demi melindungi martabat, uang dan kehormatan … . Suatu hari nanti kebenaran akan terungkap, banyak orang yang lebih pintar yang masih menyimpan teori mereka dan suatu hari pasti muncul kebenaran. Spt yang saya yakini selama ini: dalam setiap kejahatan tidak ada yang sempurna, selalu ada “something wrong”.

    Bangsa besar harus mengakui kesalahan dulu bila memang ada yang salah tanpa malu, dari situ akan timbul simpati akan keJUJURan yang diberikan.

    Ingat 10 perintah Allah “Jangan bersaksi dusta” (tidak ada maksud SARA di tulisan ini, tapi warning buat pembohong)

  16. mending dksh tau aja k msyrkt ttg isi black box yg jd sebab kecelakaan dg bgitu masyarakat atopun pemerintah jg bs menilai..bukan dg cara seperti ini smpe pkek visualisasi segala.g da untungnya..

  17. Saya sedih mendengarkan rekaman Adam Air itu. Tetapi lebih menyedihkan ketika terjadi polemik seputar keaslian rekamannya.Namun demikian, asli ataupun palsu, yang pasti kita harus mengambil hikmah dengan peristiwa beredarnya rekaman memilukan black box Adam Air 574.

  18. Menurut saya rekaman itu asli. Yang jadi masalah adalah kok bisa2nya bocor gitu lho. Ini berarti orang2 Indonesia masih payah dalam menyimpan apa yang seharusnya disimpan.

  19. salam kenal yah..friend-friend dan bro-bro gw…ikutan neh, Yah emang sudah takdir dari yang maha kuasa, walo pesawat baru sekalipun kalo yang kuasa bilang Kun Fa Ya Kun maka terjadilah Allahu Akbar!!!

  20. wlupun masih di ragukan keasliannya,tp peristiwa ini memberikan pelajaran bwt kt lw kt itu hrs sllkbar siap menghadapi kematian krn kematian bs kpnpun menjemput kt.allahhu akbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s