Sroner Terjerembab, Rossi Menang Mudah

detikSport, Brno – Valentino Rossi kembali menjadi juara seri MotoGP, kali ini di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Namun, kemenangan ini tak lepas dari jalan yang “diberikan” oleh Casey Stoner di awal lomba.

Bagi yang menonton balapan yang berlangsung hari Minggu (17/8/2008) ini pasti tahu maksud kalimat di atas. Ya, Stoner yang sejak sesi kualifikasi selalu memimpin harus melupakan lomba ini akibat tergelincir di lap ketujuh. Patut disayangkan mengingat saat itu ia tengah memacu motornya supaya bisa unggul cukup jauh dari Rossi.

Selanjutnya, seperti yang diketahui, Rossi pun tak terbendung. The Doctor tak memiliki lawan lagi sehingga ia bisa dengan mudah memenangi lomba ini.

Kejadian ini bak ulangan dari apa terjadi di Laguna Seca beberapa pekan lalu. Ketika itu Stoner juga tergelincir keluar trek. Bedanya, saat itu ia masih bisa melanjutkan balapan dan mencicipi podium meski harus puas hanya di posisi dua.

Dengan hasil ini posisi Rossi di klasemen semakin tak tergoyahkan. Dengan nilai 237 yang dimilikinya, ia kini unggul 50 poin atas Stoner yang berada di posisi dua dengan raihan angka 187.

Jalannya Balapan

Balapan di Sirkuit Brno ini dimulai dengan Stoner langsung melesat selepas start. Ia mampu mempertahankan posisinya sebagai yang terdepan. Sementara itu menyusul di belakangnya adalah John Hopkins yang berhasil menyalip Valentino Rossi. The Doctor pun turun ke posisi tiga.

Bagai ingin membalas kekalahan di Laguna Seca, Stoner langsung menggeber motornya secepat mungkin. Baru dua lap balapan berjalan, rider asal Australia ini langsung memimpin hingga satu detik di depan Rossi. Berturut-turut di posisi tiga dan empat adalah Hopkins dan Anthony West.

Dua lapa kemudian keunggulan tersebut melebar hingga 1,3 detik. Rossi memang terus mencoba memacu kecepatan motornya, tetapi Stoner untuk saat ini seperti tak terkejar.

Namun, balapan ini akhirnya menjadi antiklimaks bagi Stoner. Setelah tak terkejar dari awal, ia melakukan kesalahan di lap ketujuh: motornya tergelincir saat menikung.

16 lap menjelang berakhirnya balapan itu, Stoner kembali mengulangi apa yang terjadi di Laguna Seca. Saat menikung, motornya tergelincir keluar trek. Pembalap Ducati itu memang kemudian masih bisa menlanjutkan balapan tetapi hanya untuk sementara waktu. Tak lama kemudian ia pun memarkir motornya di gravel trap.

Rossi yang tepat berada di belakangnya pun langsung mengambil alih pimpinan lomba. Pada lap sembilan ia pun menjadi tak terkejar. Keunggulannya dari pemilik posisi dua, Chris Vermeulen, mencapai 12 detik! Pembalap Italia ini pun menguasai lomba.

Di belakang Rossi, salip-salipan seru terjadi antara Vermeulen dan Loris Capirossi. Tak mau hanya menempati posisi tiga, Capirossi pun memacu motornya. Pada lap ke-12 ia pun berhasil membuat dirinya berada di posisi dua.

Pada lap ke-14 keunggulan Rossi atas pesaing-pesaing di belakangnya semakin menjadi-jadi. Penunggang Yamaha ini unggul hingga 17 detik. Sementara itu berada di posisi dua adalah Toni Elias dan di tempat ketiga adalah Capirossi.

Rossi pun akhirnya keluar sebagai pemenang dengan diikuti oleh Elias di posisi dua dan Capirossi di tempat ketiga. Menempati urutan empat adalah Shinya Nakano dan Anthony West finis di posisi lima.

Hasil Balapan

(posisi-pembalap-tim-catatan waktu)

1. Valentino Rossi Yamaha 43:28.841
2. Toni Elias Ducati + 15.004
3. Loris Capirossi Suzuki + 21.689
4. Shinya Nakano Honda + 25.859
5. Anthony West Kawasaki + 29.465
6. Chris Vermeulen Suzuki + 30.608
7. Marco Melandri Ducati + 36.453
8. Alex de Angelis Honda + 36.750
9. Andrea Dovizioso Honda + 38.822
10. Jorge Lorenzo Yamaha + 39.573
11. John Hopkins Kawasaki + 39.610
12. Sylvain Guintoli Ducati + 40.892
13. James Toseland Yamaha +1:11.490
14. Colin Edwards Yamaha +1:21.133
15. Dani Pedrosa Honda +1:37.038
16. Randy de Puniet Honda +1:38.407

Tak Finis

Casey Stoner Ducati lap 6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s