Karakteristik Sirkuit Indianapolis Amerika

Ditunjuknya Indianapolis Motor Speedway menjadi tuan rumah MotoGP mulai musim 2008 ini membuat Amerika Serikat punya dua seri balapan, di samping Laguna Seca. Tapi kalau “seniornya” cuma menggelar kelas MotoGP, Indianapolis akan menjadi tuan rumah lengkap karena kelas 125 cc dan 250 cc juga akan dihelat.

Karena dasarnya merupakan trek balap mobil, banyak modifikasi dilakukan pihak sirkuit demi bisa menggelar MotoGP. Setelah mendapat restu dari FIM, akhirnya lahirlah sirkuit “baru tapi lama” dengan panjang lintasan 4,185 km dan terdiri dari 16 belokan,

Indianapolis Motor Speedway sendiri sudah ada sejak tahun 1909 dan dianggap sebagai lintasan pertama di dunia yang memiliki fasilitas lengkap. Sirkuit ini bisa digunakan untuk beberapa balapan berbeda dengan panjang lintasan yang juga berbeda-beda, namun yang menjadi trade mark tentu saja balapan Indi 500.

Dengan kapasitas mencapai 257.000 penonton dan bahkan bisa mencapai 400.000 orang, sirkuit ini menjadi lintasan balap terbesar sepanjang sejarah.

Pembangunan sirkuit ini sendiri menghabiskan dana sebesar 3 juta dollar Amerika atau sekitar 29 milyar rupiah. Pada bagian bawah struktur bangunan ini, digunakan sebagai museum Indianapolis Motor Speedway Hall yang mulai dibuka sejak tahun 1956.

One thought on “Karakteristik Sirkuit Indianapolis Amerika”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s