VARIKOKEL, varicocele

Home >> Urologi >> Varikokel, varicocele

Konsultasi dengan ahli urologi ? Kunjungi  dokter eko spesialis urologi


Varikokel , varicocele, adalah dilatasi abnormal dari vena pada pleksus pampiniformis akibat gangguan aliran darah balik vena spermatika interna. Kelainan ini terdapat pada 15% pria. Varikokel ternyata merupakan salah satu penyebab infertilitas pada pria; dan didapatkan 21-41% pria yang mandul menderita varikokel.

Konsultasi dengan ahli urologi ? Kunjungi  dokter eko spesialis urologi

Etiologi dan anatomi

Hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti penyebab varikokel, tetapi dari pengamatan membuktikan bahwa varikokel sebelah kiri lebih sering dijumpai daripada sebelah kanan (varikokel sebelah kiri 70–93 %). Hal ini disebabkan karena vena spermatika interna kiri bermuara pada vena renalis kiri dengan arah tegak lurus, sedangkan yang kanan bermuara pada vena kava dengan arah miring. Di samping itu vena spermatika interna kiri lebih panjang daripada yang kanan dan katupnya lebih sedikit dan inkompeten.

Jika terdapat varikokel di sebelah kanan atau varikokel bilateral patut dicurigai adanya: kelainan pada rongga retroperitoneal (terdapat obstruksi vena karena tumor), muara vena spermatika kanan pada vena renails kanan, atau adanya situs inversus.

Patogenesis

Varikokel dapat menimbulkan gangguan proses spermatogenesis melalui beberapa cara, antara lain:

1. Terjadi stagnasi darah balik pada sirkulasi testis sehingga testis mengalami hipoksia karena kekurangan oksigen.

2. Refluks hasil metabolit ginjal dan adrenal (antara lain katekolamin dan prostaglandin) melalui vena spermatika interna ke testis.

3. Peningkatan suhu testis.

4. Adanya anastomosis antara pleksus pampiniformis kiri dan kanan, memungkinkan zat-zat hasil metabolit tadi dapat dialirkan dari testis kiri ke testis kanan sehingga menyebabkan gangguan spermatogenesis testis kanan dan pada akhirnya terjadi infertilitas.

Gambaran klinis dan diagnosis

Konsultasi dengan ahli urologi ? Kunjungi  dokter eko spesialis urologi

Pasien datang ke dokter biasanya mengeluh belum mempunyai anak setelah beberapa tahun menikah, atau kadang-kadang mengeluh adanya benjolan di atas testis yang terasa nyeri.

Pemeriksaan dilakukan dalam posisi berdiri, dengan memperhatikan keadaan skrotum kemudian dilakukan palpasi. Jika diperlukan, pasien diminta untuk melakukan manuver valsava atau mengedan. Jika terdapat varikokel, pada inspeksi dan papasi terdapat bentukan seperti kumpulan cacing-cacing di dalam kantung yang berada di sebelah kranial testis.

Secara klinis varikokel dibedakan dalam 3 tingkatan/derajat:

1. Derajat kecil: adalah varikokel yang dapat dipalpasi setelah pasien melakukan manuver valsava

2. Derajat sedang: adalah varikokel yang dapat dipalpasi tanpa melakukan manuver valsava

3. Derajat besar: adalah varikokel yang sudah dapat dilihat bentuknya tanpa melakukan manuver valsava.

Kadangkala sulit untuk menemukan adanya bentukan varikokel secara klinis meskipun terdapat tanda-tanda lain yang menunjukkan adanya varikokel. Untuk itu pemeriksaan auskultasi dengan memakai stetoskop Doppler sangat membantu, karena alat ini dapat mendeteksi adanya peningkatan aliran darah pada pleksus pampiniformis. Varikokel yang sulit diraba secara klinis seperti ini disebut varikokel subklinik.

Diperhatikan pula konsistensi testis maupun ukurannya, dengan membandingkan testis kiri dengan testis kanan. Untuk lebih objektif dalam menentukan besar atau volume testis dilakukan pengukuran dengan alat orkidometer. Pada beberapa keadaan mungkin kedua testis teraba kecil dan lunak, karena telah terjadi kerusakan pada sel-sel germinal.

Untuk menilai seberapa jauh varikokel telah menyebabkan kerusakan pada tubuli seminiferi dilakukan pemeriksaan analisis semen. Menurut McLeod, hasil analisis semen pada varikokel menujukkan pola stress yaitu menurunnya motilitas sperma, meningkatnya jumlah sperma muda (immature,) dan terdapat kelainan bentuk sperma (tapered).

Terapi

Konsultasi dengan ahli urologi ? Kunjungi  dokter eko spesialis urologi

Masih terjadi silang pendapat di antara para ahli tentang perlu tidaknya melakukan operasi pada varikokel. Di antara mereka berpendapat bahwa varikokel yang telah menimbulkan gangguan fertilitas atau gangguan spermatogenesis merupakan indikasi untuk mendapatkan suatu terapi.

Tindakan yang dikerjakan adalah:

Konsultasi dengan ahli urologi ? Kunjungi  dokter eko spesialis urologi

(1) ligasi tinggi vena spermatika interna secara Palomo melalui operasi terbuka atau bedah laparoskopi,

(2) varikokelektomi cara Ivanisevich,

(3) atau secara perkutan dengan memasukkan bahan sklerosing ke dalam vena spermatika interna ( embolisasi ). Untuk lebih jelasnya mengenai embolisasi varikokel KLIK DISINI.

Evaluasi

Konsultasi dengan ahli urologi ? Kunjungi  dokter eko spesialis urologi

Pasca tindakan dilakukan evaluasi keberhasilan terapi, dengan melihat beberapa indikator antara lain: (1) bertambahnya volume testis, (2) perbaikan hasil analisis semen (yang dikerjakan setiap 3 bulan), atau (3) pasangan itu menjadi hamil.

Pada kerusakan testis yang belum parah, evaluasi pasca bedah vasoligasi tinggi dari Palomo didapatkan 80% terjadi perbaikan volume testis, 60-80% terjadi perbaikan analisis semen, dan 50% pasangan menjadi hamil.

Konsultasi dengan ahli urologi ? Kunjungi  dokter eko spesialis urologi

110 tanggapan untuk “VARIKOKEL, varicocele”

  1. We…eee….eee…eee…akhirnya bikin blog juga to….Wah,,,wah,,,hebat euy. 😀 Nih, tak kasih komentar. Idep2 buat penglaris…wakakak…

    Postingan ini mesti hasil copy paste pas dapet tugas koass bedah to? Hayo ngaku….

    Sayangnya kuq bikinnya di wordpress…Aku kesulitan ngasih komentar kalo di wordpress. Bikin di blogger aja…HIDUP BLOGGER! ^0^

  2. pak bisa gak….mandul bisa di obati…ada teman saya dia(pria) punya penyakit,,katanya tidak bisa punya keturunan,,dia mengatakan bahwa penyakitnya itu tidak bisa di obati ataupun di operasi,,,aku tidak tau persis,sebab dia tidak bertahu apa nama penyakit itu?saya perihatin sama teman saya itu…

  3. @Ama
    Ya kalo mandul(Infertil) kan penyebabnya mcm2, bisa dr pihak pria atopun perempuannya. Varikokel mrpkn salah satu aja dr byk penyebab infertil pd pria. So, segera periksakan ke dokter terdekat suami-istri tersebut. Ok.

  4. Pak, tanya ya kalo hasil pemeriksaan sperma hasilnya azospermia, masih bisa punya anak nggak?Apakah kalo kena varicocele bisa disembuhkan ? Pak saya sangat memerlukan jawabannya.Thanks

  5. pak dokter. sy usia 34 tahun, menderta varikokel KANAN kira2 setahun, tapi karena nyeri yg sangat, maka baru operasi varikokel kmrn. tapi kata dokter bedahnya, cuma diikat pembuluh vena yg mengarah ke vena cava, spy darah tdk mngalir ke bawah. sementara benjolan varisesnya masih ada di scortum, dan benjolan varises itu terasa nyeri.
    berkali2 sy tanya dokter, mnrt beliau tdk perlu dikhawatirkan dan tdk perlu ‘dihilangkan’/’diangkat dgn operasi’. masalahnya, kalo dibiarkan disana terus, makin lama, makin mengganggu aktifitas saya.
    apakah memungkinkan, benjolan varises itu dihilangkan, dengan cara medis?? sy tdk masalah dgn fertilitas, saya tdk mandul,sudah punya 3 anak.
    terima kasih

  6. pak, saya mw nanya, apa bisa varicocele disembuhkan dengan terapi seperti terapi pijat/totok??
    apa pasti 100% bisa normal bila telah operasi?
    terima kasih

  7. ^sony..
    kalau mau terapi yang untuk bisa dilaksanakan pada manusia melalui riset dan kajian ilmiah yang panjaaaang sekali, anda bisa memakai jasa dokter.

    tapi kalo mau “coba2” dan puas hanya dengan testimoni katanya, anda bisa pake pengobatan yang lain,
    tx

    1. Ass ww Dok, saya punya Varikokel awalnya sebelah kiri, dan kata dokter harus dioperasi, namun karna saya dapat kerjaan dan harus udah mulai masuk, jadi saya batalkan operasi tsb, dan sampai saat ini sudah 11 tahun itu terlewati, sekarang saya udah punya anak 2 Org, yang membuat saya resah dan kadang sakit pada varikokel tsb kayaknya udah mulai membesar, berat dan sekarang menjalar kekantong sebelah kanan dok, trus apa yang harus saya lakukan..,apakah cuma operasi jalan terakhirnya dok, tolong dong sarannya dok, mksh sebelumnya y.

  8. Dok, sy pengidap varikokel. sy diaanjurkan utk operasi, tp sy tdk punya biaya utk itu. bila sy tdk di operasi apa bs bermasalah testis sy? Tq

  9. dok, apa setiap verikokel hrs dioperasi? kalo iya, nama & jenis operasinya apa? konsekuensinya apa kl tdk dioperasi? kl tdk hrs dg operasi, apa ada terapi/tindakan non-operatif lain? makasih ya, dok..

  10. dok,saya telah dioperasi karena varikokel.
    Tapi benjolan seperti cacing diskrotum belum hilang?
    Berapa lama akan hilang ?
    Seteleh dioperasi saya tidak kuat anggat beban
    diatas 20 kg,apa ini pengaruh operasi?

  11. saya sudah menikah 11 tahun , belum mempunyai anak. barusan terdeteksi adanya varikokel. saya sudah menjalani operasi varikokel , apa yang harus saya jalani agar segera mempunyai keturunan ?

    1. satu tahun yang lalu,saya dioperasi karena varicocele. Namun sampai sekarang,istri saya belum ada tanda-tanda hamil.Apakah,penyalit varicocele tumbuh lagi atau bagaimana.Trima kasih

  12. saya laki-laki 25 th,knp klo habis ereksi kadang terasa da rasa tegang disekitar testis. apakah itu termasuk vorikokel?trim”s dok.

  13. Salam,
    Saya adalah penderita varikokel,,dan saya telah melakukan operasi.
    Tapi sampai saat ini,varikokel itu masih ada.
    Gumpalan seperti cacing itu masih sering terjadi.
    Apakah operasinya gagal?
    Saya belum menikah,,bagaimana saya harus membuktikan kesuburan saya??

  14. Salam..
    Sy laki2 berusia 27 thn.. Sy blm tau apakah sy penderita hernia atau varikokel. Tp sy merasa pegal dan berat di bagian testis apbl sy kecapean atau kelelahan dlm bekerja.. Dan pd batang penis ada urat atau otot yg menonjol pd sbelah kanan.. Dan sperma sy jg ada yg menggumpal spt karet atau lem. Mohon petunjuk. Apakah sy menderita hernia atau varikokel..

  15. dok mau nanya ada gak selain operasi obatnya yang alami atau obat herbal.saya sekarang baru berusia 20 tahun ,saya merasakan di pinggang saya sebelah kiri bagian bawah atau hampir dekat scrotum sebelah kiri terkadang terasa nyeri apalagi kalo sedang capek.Apakah itu termasuk verikokel?
    tyhank …

  16. Dok,saya umur 26 th,saya udh nikah 1 th belum punya anak,setelah saya periksa ke dokter saya menderita penyakit varikokel,saat itu jg lgsung saya operasi karena mnrut dokter kalo ga di operasi itu menyebabkan kurang subur pada sperma saya dan mengakibatkan tdk bisa punya keturunan tapi setelah 6 bln kemudian kenapa saya jg blm pnya ketururnan dan kadang2 kalo saya kecapean kenapa rasa nyeri itu msh terasa….???

    1. Saya hanya ingin menambahkan tentang pengalaman pribadi saya,buat Bp2 semua tidak usah takut apabila terkena penyakit varicocale pasti tdk bisa punya anak,karena yg saya alami sendiri setelah operasi 1 thn,dan saya melakukan tes kesuburan ke Lab. hasilnya Alhmdulilah NORMOZOOSPERMIA,yg artinya Sperma Normal,dan saat ini istri saya Alhmdlah sudah hamil,sekedar info aja kalo memang sudah di operasi coba di tes aja ke dokter untuk memastikan kesuburannya ato ada gangguan lain.Thx

  17. dok, varikokel ap bedanya ma tortio testis?
    soalnya kayanya gw menderita tortio deh dok
    ap yang harus saya lakukan? sy blum ke dokter sih, jadi blum bisa pastiin itu tortio, tapi gw lht d suatu situs mirip dok,
    kalo d biarin ad efek sampingnya gak dok? cara penyembuhannya ad gak selain operasi? soalnya takut operasi 😦

  18. Pak, saya sudah diperiksa sekitar tahun 2003 dan harus dioperasi varikokel, tapi belum dilakukan, apa kalo sekarang dioperasi harus periksa dari awal lagi, atau tinggal operasi saja. Tks

  19. sy punya teman testisnya besar sebelah, apakah itu penyakit varikokel?, kalau betul bagaimana cara mengobatinya, trimakasih….

  20. Saya punya teman yang hanya mempunyai testis satu buah, bagaimanakah pengaruh untuk kesehatan dan reproduksinya, mohon jawabannya, terimakasih

  21. dok saya sudah operasi varikokel sudah 3 tahun yg lalu, tapi knapa sampe sekarang kantong testis sebelah kiri saya masih kelihatan bengkak. Itu pengaruh tidak terhadap kesuburan sperma saya??
    mohon jawabannya??

  22. dok, saya berusia 23 tahun.sewaktu umur 21 tahun saya mendaftar di penerimaan tentara. dalam tes kesehatan saya diketahui menderita varicocele, dan ini menyebabkan saya gagal. karena katanya pengidap varicocele tidak akan kuat menjalani pelatihan tentara. karena berbagai hal, saya baru akan merencanakan operasi sekarang.
    pertanyaan saya:
    -apakah ada efek samping dari operasi varicocele?
    -berapa persen kemungkinan operasi ini berhasil?
    -apakah setelah menjalani operasi dan sukses, jika saya mendaftar tentara lagi, hal ini tidak akan menjadi sandungan?
    sebelumnya terimakasih saya ucapkan atas jawaban dokter.

  23. Dokter, saya wanita berusia 26 tahun, menikan bulan Juli 2007 (2,2th), sampai saat ini kami belum dipercaya untuk memperoleh keturunan.
    setahun yang lalu kami melakukan program kehamilan pada klinik infertilitas di salah satu rumah sakit di Semarang
    saya ditangani oleh dokter spesialis kandungan sub fertilitas, suami oleh spesialis androlog
    hasilnya saya normal dan setiap masa subur dokter selalu bilang dlm rahim saya ada 4 telur matang yang siap dibuahi, tetapi suami diketahui ada varikokel derajad 2, dokter menyarankan untuk dilakukan operasi. tetapi sampai saat ini suami saya blm bersedia karena takut dengan efek yang akan ditimbulkan pasca operasi.
    akhirnya kami menghentikan program tsb, saya dan suami saat ini tdk lagi berkonsultasi ke dokter,kami hanya mengharapkan keajaiban dari Tuhan agar saya bisa hamil.
    mohon sarannya dok, jika varikokel derajad 2 apakah bisa disembuhan selain dengan operasi misalnya dengan makanan yang bergizi atau terapi lainnya.
    terima kasih atas sarannya

  24. malam dok..
    saya seorang istri yang lagi berharap banget punya keturunan. suami saya divonis memiliki varicocale dan sudah dioperasi bulan lalu. sekarang kami lagi bingung langkah apa atau obat apa yang arus dikonsumsi agar proses perbaikan cepat terjadi dan kami cepat dikaruniai momongan. kami sangat berharap saran dan nasehat dari dokter. makasi banyak

  25. Malam dok,saya mau tanya sewaktu saya masih umur 19 tahun tepatnya waktu itu tahun 1996 saya sudah menjalani operasi varicocele,yang mana pada saat itu saya telah gagal melamar menjadi anggota Polri/TNI sebanyak 2 kali pelamaran,namun setelah saya selesai menjalani operasi Varicocele kemudian saya mencoba kembali,dan akhirnya saya berhasil menjadi anggota Polri pada tahun 1998 yang mana pada saat saya menajalani pendidikan saya tidak pernah mengalami kecapaian ataupun mengalami lelah malahan saya mendapatkan rangking 1 untuk lari marathon 50 Km dl pendidikan,dan pada tahun 2003 saya menikah,memang pada usia pernikahan saya dalam waktu 6 bulantersebut saya belum dikarunia anak,namun setelah itu saya langsung dikarunia anak oleh tuhan sampai anak saya sekarang ini 3 orng,Yang ingin saya tanyakan apa memang Varicocele sangat berbahaya?,dan apa varicocele itu bisa turun menurun?,apa varicocele itu bisa menurunkan stamina sexs?,sebelumnya trima kasih atas jawaban dokter….

  26. bu dok, saya sudah operasi varicocele, selanjutnya terapi apa agar kami segera punya anak. apa pasca operasi, varicocele bisa terjadi lagi? kalau terkadang masih nyeri setelah 2bl apa tidak ada masalah medis. trima kasih

  27. pak saya penderita parikokel,dan sudah pernah di operasi tapi sekarang saya malah hipoten/lemah shwat.dan pakokel saya masih tetap seperti dulu.
    apakah parikokel bisa menyebabkan lemah sahwat ya pak?trimakasi

  28. dok aku mau nanya,sy sudah operasi ,scortu/tanpa scortu apakah produksi seperma tdk ada?,tapi aku masih mengalami ereksi,apakah ereksi terjadi akibat produksi sperma?apakah aku bisa punya keturunan?

  29. dok sy periksa kedokter ktnya saya menderita varikokle, dan disarnkan opersi. pertanyaan saya apa ngk ada pengaruhnya dengan fungsilaki-laki sy.dan apa dengan opersi bisa sembuh seperti sedia kala. tempat opersi yang baik dimana ya dok…..

    1. Dear Pak ILyas,

      mohon informasinya k email sy juga y Pak, klu dah dapat jawaban/info dari pertanyaan Bapak… “berapa biaya operasi varikokle ya dok. rumah sakit mana yang baik utk melakukan operasi….?”

      terima kasih Pak,
      slm knal

  30. dok pagi….
    saya udah 7 bulan nikah tapi kq belum punya keturunan juga ya.. n testis sebelah kiri lbh turun n bagian atasnya kq salurannya lebih berasa kalo di raba,tapi tdk seperti kumpulan cacing tapi itu udah lama kq,,apa ya itu dok ??? berpengaruh gak ?? mohon pencerahannya Terimakasih.

  31. saya mau tanya…kayanya saya kena penyakit varikokel, karna kalo saya liat testis sebelah kiri saya jauh lebih panjang kebawah dibanding yg sebelah kanan…yg mau saya tanyain, kalo kita ada penyakit varikokel boleh ga kita ikut fitnes, atau aktifitas fitnes ternyata berbahaya buat org yg mempunyai penyakit ini..karena rencananya saya mau fitnes dlm waktu dekat ini,terima kasih.

  32. mohon jawabannya segera….apakah varikokel ini harus selalu dg operasi? dan mohon info ke dokter mana hrs dituju?? bgmn tingkat keberhasilan dg varikokel berat?? tks

  33. saya mau nanya..apakah varikokel itu harus selalu diatasi dgn dioperasi? Atau apakah ada obat herbal sehingga penderita tidak perlu dioperasi?
    saya tidak lulus tes kesehatan krna varikokel….mohon petunjuk segera…terima kasih..

  34. malam dok. suami ku bru aj di vonis vericocel,rncna nya mau di operasi.brapa lma ya dok untk pulih pasca opersi?suami kv krja sbgai pmdam kebakaran yg pnuh dngan aktivitas berat.apakah akn brpngaruh pda nya?be coz dia cnta bgt sma pkrjaan d lpngan.apkah aktifitas hbngan kmi akan brpngruh?mhn jwbn nya.thnks sblm nya.

  35. setelah menikah sy juga dirundung kekhawatiran tidak bisa memiliki keturunan. Alhamdulillah setelah 4 Bulan masa perkawinan,Istri saya Hamil. Sebelumnya sya khawatir memiliki gejala Varikokel karena kantung testis sya Aga Membengkak di sebelah kanan.

  36. Dok saya mau tanya..
    Umur saya 21 tahun dan blm menikah. Satu tahun yg lalu saya melakukan operasi varikokel..tapi kdang2 saya msh merasakan testis saya sakit smpai saat ini.. Apa benar stelah operasi kualitas sperma akan membaik atau malah sbalikny??

  37. met malam dok, sebelumnya mohon maaf menganggu, saya tertarik mengisi ini, setelah saya membaca keluhan2 rekan2 tentang sakitnya, di sini saya sungguh merasakan hal yang sama, untuk itu dok, saya minta arahan sama dokter, mohon maaf, di pelir sebelah kanan saya terasa nyeri jika saya tidur tengkurap, dan juga jikala saya memakai celana dalam ketat, tapi kalau saya melaksanakan kegiatan tidak merasa sakit atau nyeri pun, kemudian saya merasakan ada urat2 yg menggerompol di antara pangkal penis hingga telur jakar namun tidak begitu banyak, itupun kalau di rabah saja terasa seperti itu, apa kah itu tergolong penyakit verikokel, dan apa yang harus saya lakukan? selain operasi bisa sembuh tidak? terimakih dok, mohon nasehatnya buat saya.

  38. siang dok, saya pernah didiagnosa oleh dokter obgyn (2005) menderita varicocel, namun saya biarkan saja, yg saya rasakan samapai saat ini sering terasa sakit pada pelir, umur saya skrg sdh 45 tahun menikah sdh 14 tahun, yg mau saya tanyakan sama dokter:
    1. jika tdk dioperasi akibatnya apa ?
    2. Jika dilakukan operasi apa mungkin saya mendapatkan keturunan?
    3. selanjutnya saya mohon bantuan dokter dan terima kasih

  39. dok, mohon dijawab segera ya
    jika buah zakar mengumpal keatas, keras, menghitam, dan seperti ada totol2nya, apakah itu varikokel? mohon dijawab, segera ya.. karena saya lihat kiriman2 pertanyaan sebelumnya belum dijawab, padahal blog ini sangat bermanfaat dan jawaban dokter dinantikan.
    Terima kasih sebelumnya.

  40. maaf dok..saya udh mnjalani operasi pnyakit ini kiri&kanan setahun lalu.,tpi saya msih merasakan adanya gangguan yg sama seperti sebelum pasca operasi pada (maaf)biji jakar saya yg sebelah kanan,.apakh ad infeksi atau peradangan urat yg ad didlm alat reproduksi saya?apakah ada jalan atau semacam obat utk menghancurkan cairan kotor yang ada didalam biji jakar saya..atau semacam terapi selain opersai ulang…terima kasih dok,.dan mohon jawabannya..

  41. ass..
    sy pnderita varikokel dan sdh d operasi..
    apakah jika sdh di operasi varikokel sdh pasti sembuh dan bisa nantinya punya anak???
    dan apakah varikokel bisa disebabkan karena sering melakukan onani??

    trima kasih sebelumnya. mohon jawabannya…

  42. Waktu kami menikah pada tahun 2005 silam, sampai sekarang kami belum juga di karuniai keturunan. waktu kami periksa di dokter spesialis kandungan, katanya istri saya tidak ada masalah terhadap kandungannya, dan saya pun juga di suruh diagnosa spermatozoa, ternyata hasilnya sel telur saya kosong, mani encer tidak kental, warna putih tidak kekuning – kuningan. waktu di periksa lagi ternyata pada testis saya ada semacam urat yang bergumpal seperti testis namun lembut. kata dokter itu varises. apakah itu yang namanya varikokel?? disarankan oleh dokternya untuk operasi, tapi saya takut dan saya ingin bertanya kepada dokter
    – kalau di biarkan itu akan bermasalah atau tidak?
    – apakah ada efek sampingnya setelah operasi?
    – dimana operasinya?
    – berapa biayanya?
    mohon saran dan penjelasannya, atas perhatian sebelumnya diucapkan terima kasih.

  43. saya suadah operasi varikokel 5 bln yg lalu, varikokel bilateral, dan hasilnya setelah 3bulan saya analisa semen, noormozospermia . dalam laporan operasi memang tidak ada penyulit, makanya proses jg tidak lama, tapi saya bersedih karena belum punya istri .xixixixixixixixixi . . . . .

  44. owh y saya saranin ajah, operasi varikokel termasuk operasi sedang, jadi pilihlah dokter specialis urolog yg bener2 yg udah jam terbangnya tinggi, cos disini butuh ketrampilan khusus,dalam meligasi venanya .tidak asal main ligasi ajah, karena berdekatan dgn spermatic acord .itu ajah teman temin. jangan bersedih dan takut operasi bakal mati ato lain sebagainya, dokternyapun jg bakal mati kan ? hehehehehehe . .

  45. dok,sy sdh menikah hampir 4 th smp skr blm dikaruniai momongan. sy sdh di tes melalui USG dan HSG hasilnya normal. suami sy saat tes sperma dikatakan azoospermia dan secara fisik memang testisnya spt yg digambarkan (kecil sebelah). apa itu yg dikatakan varikokel? dan apakah varikokel dpt menyebabkan azoospermia? pengobatannya apa harus lewat operasi?

  46. Assalammu’alaikum,
    dok sya ingn mnanykan penykit varikokel apakh sngt mmbhyakn,seandainya diobati dengan pijat apakag bisa smbuh

  47. dok,saya sudah operasi varicocele sebelah kanan kira2 7 bulan yang lalu. Namun sampe sekarang gejala varicolele itu belum hilang dan apabila kecapean urat2 yg menggerombol disebelah testis kanan muncul dan nyeri. saya sudah konsultasi ke dokter yg operasi saya, katanya itu akan hilang dengan sendirinya. terus saya konsultasi ke dokter yang lain, sy sdh USG dan Difoto fungsi ginjalnya dan ternyata tidak masalah, dan saya dinyatakan masih ada varicocele sebelah kanannya serta harus dioperasi lagi.Yang saya tanyakan adalah apakah memang betul operasi varicocele yang pertama itu gagal ? dan apakah saya harus dioperasi lagi? Mohon dibalas ke alamat email saya…Tks

  48. dok,
    saya laki-laki 21 thn,
    saya bru sdh mlksanakan oprsi variokel sebelah kiri,tp stlah oprsi testis/bijinya membesar/bengkak sebelah sampai skrng blm normal”,
    yg ingin saya tayakan, brpa lma kah dok normalnya bengkak bijinya ne?

  49. Selamat siang dokter,saya sudah menikah 4 thn tapi belum dikaruniai keturunan sampai skrg ada masalah di bagian buah zakar saya,ada urat keras kanan kiri udah ada 5thn ini dokter apakah itu penyebabnya dan saya sudah ke lab utk periksa spermahasilnya kwalitas sperma saya tidak bagus dimanakah saya harus periksa ohon balasan dari dokter

  50. Pak dokter… saya varikokel grade 3 dan mau operasi mungkin 2 bulan lagi… karena banyak hal yang tidak memungkinkan saya untuk operasi dalam waktu dekat ini.
    Yang saya tanyakan apa selama 2 bulan ini saya masih boleh berolahraga?? karena beberapa orang melarang saya untuk berolahraga seperti biasanya.. yang kedua Apakah sering olahraga di tempat Gym yang menyebabkan saya menderita varikokel ini??

    1. apa sekarang kamu sudah dioperasi….bagaimana hasil nya,,,krna saya jg varikokel grade 3,dan dianjurkan untuk dioperasi,,,tp saya takut kalau terjadi hal2 yg tdk diinginkan atau memperparah keadaan,,,,

  51. Ass ww Dok, saya punya Varikokel awalnya sebelah kiri, dan kata dokter harus dioperasi, namun karna saya dapat kerjaan dan harus udah mulai masuk, jadi saya batalkan operasi tsb, dan sampai saat ini sudah 11 tahun itu terlewati, sekarang saya udah punya anak 2 Org, yang membuat saya resah dan kadang sakit pada varikokel tsb kayaknya udah mulai membesar, berat dan sekarang menjalar kekantong sebelah kanan dok, trus apa yang harus saya lakukan..,apakah cuma operasi jalan terakhirnya dok, tolong dong sarannya dok, mksh sebelumnya y.

  52. Dokter tanya dong, bisa tidak varikokel itu dilihat hanya dgn kasat mata saja, misal dgn membandingkan testis kanan dgn kiri ? kalau saya perhatikan dari gambar, testis yang sebelah kiri lebih turun dari yang kanan, apa memang seperti itu? terus bagaimana kalau kebalikannya (kanan lbh turun dari kiri)

  53. Dok, zakar sy sebelah kanan nyeri dan turun, sering kencing. Sy sudah di lab urin dan darah hasilnnya normal. Di usg doppler juga normal. Sy bingung sakit sy apa? Sy hrs bagaimana.

  54. Dok, saya d vonis punya penyakit varikokel, saya mau dftr polisi , tapi setelah d chek up, ternyata ada parikokel d sebelah kiri dan hrus d operasi,, apa parikokel menyebababkan kemandulan,???, mkasih dok,,

  55. halo dok,suami sy didiagnosa menderita varikokel dan sudah operasi dua2nya kira2 5th yg lalu tp smp skrg kadang2 masih terasa ngilu,bagamana mngatasinya kami jg blm py keturunan,apakah ada obat atau multivitamin yg bs meningkatkan kualitas sperma pasca operasi,minta sarannya,mkasih dok…

  56. Dokter saya mau nanya udh 3 tahun saya menikah tp belum juga dikaruniai seorang anak dan saya sdh melakukan pemeriksaan sperma hasilnya sperma saya terotozospermia dan hasil pemeriksaan saya juga di diagnosa menderita verikokel.Saya disararankan utk melakukan operasi oleh dokter tempat saya melakukan pemeriksaan,dan yang ingin saya tanyakan apakah ada tindakan lain yang bisa saya lakukan selain melakukan operasi.

  57. jika dioperasi dok apakah menyebabkan mandul tanpa merasakan nyeri lg? Dan jika sblah kanan diatas testis ada kantong yg kdang muncul kadang ilang dpagi hari dan bisa kempes jika ditekan itu gejala apa? Thks

  58. salam….
    saya pria berumur 32thn dan mengidap vericocel, sy uda ngejalani operasi kmrn..tp blm ada perbaikan…sy jd bingung…kira2 skrg sy hrs ngapain ya?

  59. verikokel sebelah kanan yaitu pembuluh darahnya kemaren diUSG dan hasilnya besar atau melebar…ada cara lain selain dioperasi. Mungkin dengan mengkomsumsi buahbuahan???? Terimakasih sebelumnya

  60. slamat malam,
    nama saya boys saya bekerja di bagian kernet mobil yg tugasnya ngakatin barang ke konsumen,,,
    maaf dok,,, mau nanya,,, pda kemaluan saya tepatnya di sebelah kiri, terkadang sakit dari paha sampai d pinggul blakang kiri saya,, lalu biji testis saya d sebelah kiri trun sebelah,,,klo boleh tw it penyakit ap y dok,,, lalu bgaimana cara mengobatinya? lalu misalnya it salah satunya di operasi,,, apkah tidak ad cara lainnya,,,,?

  61. Setelah melalui test sperma, sy dinyatakan oligoteratozoospermae, kemudian setelah diperiksa ternyata mengidap vaarikokel grade 1, dan diharuskan operasi di bagian pembuluh yang ada di saluran palomo, hal ini menyebabkan terjadinya gangguan pada sperma yang dihasilkan shingga kemungkinan untuk membuahi sel telur sngat kecil> krn tidak ada sperma yang berkualitas,. Hal ini lah yang menguatkan hati saya untuk melkukan operasi< Dr. menyatakan bahwa proses pemulihan emakan waktu 3 bulan dan ternyata prediksi dr. telah menyemangati diri sy Alhamdullilah 3 bulan setelhnya,. sya operasi di bulan januari dan di bulan april 2011 istri sy dinyatakan positif hamil, dan di bulan januari 2012 kami melahirkan anak pertama kami trima kash untuk dunia kedokteran yang telah menemukan cara menangani kami dan tidk lupa Tetap berusah dan berdoa Kepada Allah SWT ,. krna atas rahmat dan hidayahNya dan inayahNya kami bisa menerima scr ihklas semua Amien

  62. Malm Dok
    Sya HArdikha,,Umur sya 18 thun/
    sy tidak tau apakh saya ini puny VARIKOKEL atau tidak,,
    tetapi Apa kantung kemih saya ,,terlihat mengebdur.
    apa tu VARIKOKEL atau Tidak ya Dok..dan apalh tu bisa mengganggu kesuburan saya Dokj?
    Thx sebelum nya

  63. saya disini hanya ingin berbagi pengalaman pribadi, saya menikah bulan des 2013, dikarenakan saya ingin segera mempunyai keturunan kami berdua sangat ingin sekali mendengar bahwa bulan yang kami lalui hasilnya positif dan kami rajin mencari berita2 baik di internet ataupun kata2 orang tua untuk program hamil, tetapi setalah 5 bulan atau tepatnya bulan mei 2014, belum juga ada tanda2 positif. pada masa 5 bulan itu saya membaca artikel tentang varikokel dan ternyata saya memiliki tanda2 seperti varikokel tersebut. pada saat saya mengetahui saya varikokel saya berpikiran positif bahwa saya pasti bisa mempunyai keturunan. dan yang saya lakukan adalah perbanyak berdoa memohon ke pada ALLAH SWT dan berusaha tentunya. adapun usaha2 yang saya lakukan adalah olahraga ringan menjaga kebugaran tubuh, makan sayur dan buah2an seperti buah semangka (saya baca di suatu artikel bermanfaat untuk kesuburan), tidak mandi dengan air hangat dikarenakan sperma sangat sensitif dan suhu testis normalnya harus lebih rendah dari suhu badan (mandi pagi dengan air dingin normal di pagi lebih segar), tidak menggunakan celana / celana dalam yang ketat (bahkan saat tidur saya sering tidak menggunakan celana dalam(menggunakan boxer). finally alhamdulillah bulan juni 2014 istri saya terlambat datang bulan dan sudah test mengunakan test kehamilan serta periksa ke dokter hasilnya positif. sangat bahagia tak ternilai rasanya. ya semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk smua. sekarang usia kehamilan istri saya sudah kurang lebih 8 week, smoga lancar sampai proses persalinan nanti amin. KEEP SPIRIT!!!

Tinggalkan komentar