bedah urologi

sekadar catatan kecil

HIDROKEL

Home >> Urologi >> Hidrokel

  • Topic Related :

- Embolisasi varikokel, varicocele embolization

- Varikokel, varicocele

Hidrokel, hydroceles adalah penumpukan cairan yang berlebihan di antara lapisan parietalis dan viseralis tunika vaginalis. Dalam keadaan normal, cairan yang berada di dalam rongga itu memang ada dan berada dalam keseimbangan antara produksi dan reabsorbsi oleh sistem limfatik di sekitarnya.

Etiologi

Hidrokel yang terjadi pada bayi baru lahir dapat disebabkan karena: (1) belum sempurnanya penutupan prosesus vaginalis sehingga terjadi aliran cairan peritoneum ke prosesus vaginalis (hidrokel komunikans) atau (2) belum sempurnanya sistem limfatik di daerah skrotum dalam melakukan reabsorbsi cairan hidrokel.

Pada orang dewasa, hidrokel dapat terjadi secara idiopatik (primer) dan sekunder. Penyebab sekunder terjadi karena didapatkan kelainan pada testis atau epididimis yang menyebabkan terganggunya sistem sekresi atau reabsorbsi cairan di kantong hidrokel. Kelainan pada testis itu mungkin suatu tumor, infeksi, atau trauma pada testis/epididimis.

Gambaran klinis

Pasien mengeluh adanya benjolan di kantong skrotum yang tidak nyeri. Pada pemeriksaan fisis didapatkan adanya benjolan di kantong skrotum dengan konsistensi kistus dan pada pemeriksaan penerawangan menunjukkan adanya transiluminasi. Pada hidrokel yang terinfeksi atau kulit skrotum yang sangat tebal kadang-kadang sulit melakukan pemeriksaan ini, sehingga harus dibantu dengan pemeriksaan ultrasonografi. Menurut letak kantong hidrokel terhadap testis, secara klinis dibedakan beberapa macam hidrokel, yaitu (1) hidrokel testis, (2) hidrokel funikulus, dan (3) hidrokel komunikan. Pembagian ini penting karena berhubungan dengan metode operasi yang akan dilakukan pada saat melakukan koreksi hidrokel.

  • Pada hidrokel testis, kantong hidrokel seolah-olah mengelilingi testis sehingga testis tak dapat diraba. Pada anamnesis, besarnya kantong hidrokel tidak berubah sepanjang hari.
  • Pada hidrokel funikulus, kantong hidrokel berada di funikulus yaitu terletak di sebelah kranial dari testis, sehingga pada palpasi, testis dapat diraba dan berada di luar kantong hidrokel. Pada anamnesis kantong hidrokel besarnya tetap sepanjang hari.
  • Pada hidrokel komunikan terdapat hubungan antara prosesus vaginalis dengan rongga peritoneum sehingga prosesus vaginalis dapat terisi cairan peritoneum. Pada anamnesis, kantong hidrokel besarnya dapat berubah-ubah yaitu bertambah besar pada saat anak menangis. Pada palpasi, kantong hidrokel terpisah dari testis dan dapat dimasukkan ke dalam rongga abdomen.

Terapi

Hidrokel pada bayi biasanya ditunggu hingga anak mencapai usia 1 tahun dengan harapan setelah prosesus vaginalis menutup, hidrokel akan sembuh sendiri; tetapi jika hidrokel masih tetap ada atau bertambah besar perlu difikirkan untuk dilakukan koreksi.

Tindakan untuk mengatasi cairan hidrokel adalah dengan aspirasi dan operasi. Aspirasi cairan hidrokel tidak dianjurkan karena selain angka kekambuhannya tinggi, kadang kala dapat menimbulkan penyulit berupa infeksi.

Beberapa indikasi untuk melakukan operasi pada hidrokel adalah: (1) hidrokel yang besar sehingga dapat menekan pembuluh darah, (2) indikasi kosmetik, dan (3) hidrokel permagna yang dirasakan terlalu berat dan mengganggu pasien dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Pada hidrokel kongenital dilakukan pendekatan inguinal karena seringkali hidrokel ini disertai dengan hernia inguinalis sehingga pada saat operasi hidrokel, sekaligus melakukan herniorafi. Pada hidrokel testis dewasa dilakukan pendekatan skrotal dengan melakukan eksisi dan marsupialisasi kantong hidrokel sesuai cara Winkelman atau plikasi kantong hidrokel sesuai cara Lord. Pada hidrokel funikulus dilakukan ekstirpasi hidrokel secara in toto

Penyulit

Jika dibiarkan, hidrokel yang cukup besar mudah mengalami trauma dan hidrokel permagna bisa menekan pembuluh darah yang menuju ke testis sehingga menimbulkan atrofi testis.

About these ads

Juni 22, 2008 - Posted by | urologi | , , ,

54 Komentar »

  1. cek.cek.cek.terlalu keren untuk ditampilkan, but I think its very importen for us

    Komentar oleh baini | Agustus 30, 2008 | Balas

  2. cool pic…..
    teruskan semangat ngeblognya ya bu dokter…

    Komentar oleh rangga | September 3, 2008 | Balas

  3. wah ga bisa bayangin “buah pelir” yang sebesar itu…
    nice pic bu dokter….

    Komentar oleh dimas | September 4, 2008 | Balas

  4. aku gak ngerti bu dokter… :D

    Komentar oleh nyurian | September 11, 2008 | Balas

  5. keren bgt bu dokter….

    Komentar oleh dhanny | September 16, 2008 | Balas

  6. Terima kasih atas imformasinya…saya punya anak yg baru berusia 10 hari ,testisnya besar sbelah perbndinganya 1 banding 3. Yg besar keras sedangkan yg kecil agak lembek…tolong imformasiny tentang keadaan anak saya ke email sy…sekali lagi terima kasih

    Komentar oleh Suryanto | Desember 25, 2008 | Balas

  7. Sumpah sob……gde buanget………

    Trus solusinya gimana??????/?/?

    Komentar oleh fedo | Januari 18, 2009 | Balas

  8. keren bgt dok, saya terbantu banget atas infonya, saya blh nanya ngk dok? ada pasien umurnya sekitar 70 an, kena penyakit ini juga uda kurang lebih 3 minggu,katanya pipisnya nda sakit, trus dia pernah jatuh n kena punggungnya di daerah ginjal kiri gt dok.uda nda pernah ML. yang saya mau tanyakan dok,penyebabnya apa y dok? apakah ada terapi selain bedah? misalnya minum obat saja gt dok. trima kasi banyak. Tuhan memberkati

    Komentar oleh Jaya | Januari 24, 2009 | Balas

  9. ooo iy sebelumnya salam kenal dok…. he he he he

    Komentar oleh Jaya | Januari 24, 2009 | Balas

  10. tulisannya sangat menarik
    boleh minta kepustakaannya..

    Komentar oleh Viator | Januari 26, 2009 | Balas

    • Thank dok atas keterangannya. Anak saya berumur 1,5 tahun dan testisnya besar sebelah. Kadang2 bisa membesar dan mengecil. Ada dokter sarankan untuk dioperasi dan ada yang sarankan untuk disedot cairan tersebut. Gimana menurut dokter ?? Terima kasih… GBU

      Komentar oleh Ratna | Mei 6, 2009 | Balas

  11. ponakanku umur 3 tahun kena hidrokel. kira2 kalo operasinya nunggu dia umur 6 or 7 thn gmn ya?

    Komentar oleh lia | Maret 4, 2009 | Balas

  12. Harusnya penanganan Hydrocele/hernia oleh dokter bedah umum/bedah urologi ya ? saya pernah operasi, yang katanya (dokter umum)itu Hydrocele (th.2000), lalu 19 Feb 20009 ini operasi Hernia (dokter umum), tetapi stlh operasi masih ada benjolan. Apa bisa dilihat dengan USG Testis ya ?

    Komentar oleh Fatih | Maret 11, 2009 | Balas

  13. Pak anak saya saat 4 bulan kok ada benjolan di selangkangan dekat perut sebelah kanan, apa itu hidrokel juga ???? bahaya nggak ????
    Terima kasih ya dokter …

    Komentar oleh Ella Shevila | Maret 24, 2009 | Balas

  14. anak saya baru d vonis hidrokel, dan hrs d lakukan tindakan bedah.. umurnya baru 2thn 3 bln, saya ga tau hrs gmn danbiayanya jg besar..kami tdk punya uang utk biaya operasi tsb, gmn ya dok saya hrs ke mana spy dpt biaya yg ringan? thx u

    Komentar oleh imelda | April 13, 2009 | Balas

  15. kalao anda memang tdk maampu slah satu solusi ya masuk jamkesmas. nanti semua biaya menjadi gratiis.. cm itu yg bs sy sarankan..

    Komentar oleh becks | April 13, 2009 | Balas

  16. hormat saya,
    anak saya usia 34 th sudah menikah 56 th,menderita hydrokele tapi sudah operasi 4 th yang lalu,apa karena itu anak saya belum punya anak.

    terimakasih

    Komentar oleh ibu irma | April 16, 2009 | Balas

  17. kalau operasi hydrocele ini untuk org dewasa .. biasanya berapa biayanya dok? tq

    Komentar oleh herlina nasution | April 24, 2009 | Balas

  18. lam kenal v^_^v…q mo nanya ne,kalo hidrokelnya baru muncul setelah berusia 1th, misalnya pd anak umur 3th, berarti kan penyebabnya belum tentu “belum sempurnanya organ”, bisa karena tumor, infeksi, atau trauma pada testis/epididimis, gitu ya? trus kalo infeksi bisa diberi antibiotik aja kan? gak perlu di operasi kan?

    Komentar oleh ayla | April 25, 2009 | Balas

  19. wow….bergidik nih bu saya.
    help me bu dokter,anak saya dari kecil besar sebelah buah pelirnya,sudah saya tanyakan ke dokter bedah dan katanya hidrokel,suruh nunggu ampe 9 bulan dengan harapan hilang sendiri,tapi anak saya usia 1 th sekarang,dan indikasi hidrokel belum hilang.sampai usia berapa saya harus menunggu,kasihan lo bu kalo dioprasi,masih kecil banget,nggak tega lo bu…..help me apa yang harus saya lakukan.bisa balas di email saya.
    muakasih berat sebelumnya.

    Komentar oleh novi kusuma abadi | April 25, 2009 | Balas

  20. anak saya pada waktu baru lahir pelirnya besar sebelah,setelah diperiksakan ke dokter bedah anak ternyata dia menderita hidrokel dan harus di operasi,saya konsultasi lagi ke dokter anak,dokter bilang ditunggu aja sampai usia 1thn ternyata setelah usia 1 tahun benjolan itu mengempis tapi buah pelirnya kecil sebelah (yg sebelahnya normal) apakah hal tersebut nantinya tidak mempengaruhi kesuburan anak saya nantinya jika sudah menikah jawabannya tolong kirim ke e-mail saya

    Komentar oleh rahayu | Juli 14, 2009 | Balas

  21. wuih ngeri bgt liat gbr nya,dok.dok,sy jg sdh 2thn menikah,tp br setahun belakangan ini kami berencana ingin pny anak.tp krn kesalahan mkn obt dr dktr saraf,suami sy sakit sampai bilirubin 20 & tiba2 buah pelirnya membenngkak.stlh liver membaik,& periksa ke andrologi+USG,ternyata suami sy memiliki hidrokel,varikokel(tp dktr varikokelnya tdk menganggu),trs hormon estradiol nya tdk normal jg.krn itu hasil pemeriksaan sperma suami sy diagnnosanya EKSTRIM OLIGOASTHENOZOOSPERMIA.gmn dok,krn utk operasi kan hrs menunggu bilirubin normal,sdgkan bilirubin suami msh dikisaran 2-3.

    Komentar oleh cecilia | Agustus 14, 2009 | Balas

  22. Thanks ya bu dokter.
    Slm kenl..
    Kmrn jd asstn operasi hydrocele.
    Orgny udh tua n udh mendrta slma 20thn.
    Artkelny sgt membntu.

    Komentar oleh Angel | September 1, 2009 | Balas

  23. askum.doc..saya ingin pertanyakan 1 soalan..jika seseorang itu punya testis kecil sebelah dan sebelah lagi normal,adakan sukar baginya untuk dapatkan zuriat??atau pun itu adalah satu jenis penyakit?kalau ia adalah penyakit bawaan testis itu,apakah penyakit nya?
    tq doc

    Komentar oleh hajar | Oktober 16, 2009 | Balas

  24. dok, aq ada 1 pertanyaan :
    apa perbedaan hidrokel dengan hernia.?
    Terima kasih sebelumnya..

    Komentar oleh shanty | November 20, 2009 | Balas

    • dari konsistensinya mbak, hernia keras karena berupa jaringan, kalo hidrokel lunak karena berupa cairan

      Komentar oleh drg. dina | Desember 18, 2009 | Balas

  25. terima kasih infonya, anak saya umur 6 tahun laki-laki mengalami hal tersebut, bisakah tidak dilakukan operasi??? kalo harus dioperasi, masuk jenis operasi ringan, sedang atau berat??? apa yang musti disiapkan tuk operasi tersebut???

    Komentar oleh Puji | Desember 8, 2009 | Balas

  26. dok, itu hernia ato hidrokel? how big? kalo hidrokel sebesar itu brarti masih tetep lunak dong? anak saya ada hidrokelnya sebelah kanan, skrg 9 bulan, keliatan mulai 2 bulan, belum saya operasikan, masih takut…n nunggu siapa tau mengecil, tapi baru2 ini saya liat kok agak membesar ya? gimana dok? saya belum siap untuk opersi skrg, kata dr, sp. BA nya….tar mungkin op.nya sekalian sirkumsisi…..saya masih belum konsul lagi…..

    Komentar oleh drg. dina | Desember 18, 2009 | Balas

  27. Artikelnya bagus..tp masih krg therapi dan krg alternatif tindakan.slm kenal

    Komentar oleh Diah miarna sari | Januari 16, 2010 | Balas

  28. Anak sy umur 3 th pelirnya besar sebelah, sudah diperiksakan ke dokter anak ktnya ada cairan pada skrotum (hydrokel). Ktnya bisa terserap sendiri, kira2 dg umur 3 th bisa terserap sendiri apa ndak

    Komentar oleh uce | Februari 2, 2010 | Balas

  29. wah.. nyari refrensi ginian dimana yya?
    penugasan niiy.
    tapi nii dh bagus ko, dok. udah bisa ngasi gambaran.

    Komentar oleh brani | Februari 28, 2010 | Balas

  30. anak saya mengalami hidrokel sejak baru lahir, sekarang berumur 2bln, dan sudah mengecil sedikit. menurut dr Sp A yang menangani anak saya, ditunggu sampai usia 6 bulan baru bisa dilakukan tindakan apa yang harus dilakukan, kalau belum mengecil akan dilakukan operasi.
    yang saya mau tanyakan,
    1.bisa sembuh normal lagi kah ukurannya?
    2.apa etiologi utamanya pada bayi? setau saya waktu saya hamil, saya betul2 menjaga kondisi serta makanan saya
    3.ada/tidak pengaruh setelah operasi?jika ada apa?
    4. bersifat rekuren? atau akan sembuh total?
    terimakasih

    Komentar oleh ria | Maret 6, 2010 | Balas

  31. hahahahahaha keren buuuuuu

    Komentar oleh je | Mei 21, 2010 | Balas

  32. saya sangat terbantu dengan topiknya.
    anak saya 3,5 th menurut pemeriksaan dokter mengalami hidrokel, namun belum terlalu besar. bisa minta suggest nya dok?

    Komentar oleh jalu | Agustus 5, 2010 | Balas

  33. anak sy 4,5 th,testisny bsr sblh sjk 1th.klo menangis,tmbh bsr,tp kdg dia pijat sdr utk memasukkan,dan bs kembali nrml.ap itu hernia atau hidrokel?dlu,dktr blg hernia,tp sy jd bngung.mhn dbls ke email sy.trm ksh dok.

    Komentar oleh nana | November 11, 2010 | Balas

  34. dok aq pnya keponakan baru berumur 2 bulan
    tp dya udh terserang hernia apa obatnya selain opersi,apa akibatnya kalo tidak dioperasi,apa kah sama hernia dengan hidrokel?

    Komentar oleh sovia nita | Desember 17, 2010 | Balas

  35. salam pak dokter mohon infonya bulan juli th kemarin anak saya 6th sdh operasi hidrokel tetapi sekarang sudah membesar lagi seperti sebelum operasi jadi lebih cepat dari 6 th yg lalu bagaimana solusinya ya

    Komentar oleh lutfiarto setya | Desember 18, 2010 | Balas

  36. bagaimana klo hidrokel pda ank ioperasi ditunggu smpe ank berumur 6-7thn?? krena ksian ank ne msih kecil bru umur 3thn

    Komentar oleh yunaa | Desember 28, 2010 | Balas

  37. gmna klo hidrokel doperasi nunggu ank umur 6-7thn?? krena ank msih kciL.,usiany jga bru 3thn.mhon bntuanny n trima ksih

    Komentar oleh yunaa | Desember 28, 2010 | Balas

  38. maaf dok, saya mau tanya; saya punya saudara menderita sejenis hidrokel. kata ortu aku dulu dia petama-tama kena TENGU ( DOKTER PASTI TAULAH HEWAN ITU) pada waktu umur 12 th, tapi krn keterbatasan pada waktu itu akhirnya sampai membesar. dan sampai saat ini blm di atasi, masih bisakah diatasi penyakit tersebut sedangkan dia sdh umur 55 tahun. saya mohon banget bantuannya. bls di email sy. atau sms ke no ini 085726566030

    Komentar oleh saeful muarif | Januari 2, 2011 | Balas

  39. anak saya usia 1,2 tahun mempunyai keluhan buah zakarnya besar sebelah,,cara menghilamgkan selain operasi ada ngga ya

    Komentar oleh YUAN | Januari 3, 2011 | Balas

  40. dok anak saya umur 2 th, sudah operasi hydrokel dan skrang suduh umur 5,5 th hydrokelnya kambuh lagi, sudah saya periksakan sama dokter dgn usg, katanya harus operasi, ada obat alternatif tdk dok selain operasi?, makasih

    Komentar oleh maryono | Maret 27, 2011 | Balas

  41. dok…
    Anak saya umur 2 bln skrotumnya besar sebelah dan jika diraba testisnya memang lbh besar sblh kanan dbandingkan yg kiri,,,
    apa ada therapy lain dok untuk penyembuhannya tanpa menunggu dya umur 1 th untuk menegakkan diagnosis pasti n tindakannya

    Komentar oleh rini kurniani | April 1, 2011 | Balas

  42. assalamualaikum dok
    anak saya mengalami hidrokel sejak baru lahir, sekarang berumur 7bln, apa bisa mengecil/hilang sendiri dan bila harus di operasi yang saya tanyakan?
    1.bisa sembuh normal lagi kah ukurannya?
    2.apa etiologi utamanya pada bayi? setau saya waktu saya hamil, saya betul2 menjaga kondisi serta makanan saya
    3.ada/tidak pengaruh setelah operasi?jika ada apa?
    4. bersifat rekuren? atau akan sembuh total?
    terimakasih
    5.kira-kira biayanya berapa dok ?
    Terima kasih

    Komentar oleh nur kholila | April 17, 2011 | Balas

  43. Cucu saya hampir 3 tahun alhamdulilah juga dikasih Allah hidrokel. Info dari RSCM Kencana konon kisaran biaya operasinya (tergantung kelas kamar dll) sekitaran 6 – belasan juta. Sekedar berbagi wacana saja, apa ada dampaknya kalau operasi ini ditunda sampai 2-3 tahun kemudian?

    Komentar oleh Haryo Hastoko | Juli 6, 2011 | Balas

  44. anak sy usia 1bln kmren kt dokter anak kna hidrokel. .q’ra2 bs sembuh g y?mslhny qlo nangis tmbh besar. .

    Komentar oleh kiki | Juli 31, 2011 | Balas

  45. salam kenal dok…sy telah menjalani operasi hernia sebelah kiri,dan sudah 18 hari biji scrotum bengkak sebelah kiri.apakah ini ada masalah atau komflikasi pasca operasi ya dok ? saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter

    Komentar oleh irwansyah | Oktober 24, 2011 | Balas

  46. dok umur sy 25th, sdh lama skali mengalami hidrokel spt ini, indikasi terdapat benjolan sblh atas testis , benjolan yg membesar ini akan kempes dikalo beranjak bngun dr tdr, kalau dipencet bs hlang tp kembali membesar! Rasa ini kelamaan jd nyeri dan pegel di bag perut bwh dan samping penis! Indikasi testispun lbh kecil dr ukuran normal, jk dbiarkan apa dampaknya dok,krn dirasa nyerinya pada saluran usus yg mengencang dan melilit! Kalau dilakukan operasi apa dampak negatifnya dgn sistem reproduksi sperma sy? Trmkrh, mhon bntuanya

    Komentar oleh berdy | Desember 18, 2011 | Balas

  47. [...] 2008. Hidrokel. http://bedahurologi.wordpress.com/2008/06/22/hidrokel/. [diakses pada tanggal 8 Juni [...]

    Ping balik oleh KOTAK MEDIS | HERNIA INGUINAL LATERALIS DEXTRA | Februari 28, 2012 | Balas

  48. maaf,dok..sy mau tanya anak sya skrg berumur 4bln lebih,dia mengidap hidrocel sejak lahir..sy sudah memeriksakan ke dokter,kt ny hrz d operasi..kira2 bsa sembuh total gak,ato ada cra lain selain operasi,ga tega msh kecil anak ny.thxs be 4.

    Komentar oleh lisye | Agustus 13, 2012 | Balas

  49. apakah penyakit akibat hidrokil dapat disembuhkan tanpa operasi

    Komentar oleh Distributor Ban Radial | April 24, 2013 | Balas

  50. hi doctor, is the real cause of hydrocele, why infants also experience swelling, how the most appropriate treatment

    Komentar oleh about beauty | April 24, 2013 | Balas

  51. aspirasi itu apa doc ?

    Komentar oleh afrianto | Mei 28, 2013 | Balas

  52. makasi dok.. bahannya bermanfaat :)

    Komentar oleh Fitrisia 'pipit' Amelin | Juni 1, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: