Tortio Testis

Torsio testis adalah terpeluntirnya funikulus spermatikus yang berakibat terjadinya gangguan aliran darah pada testis.Keadaan ini diderita oleh 1 diantara 4000 pria yang berumur kurang dari 25 tahun, dan paling banyak diderita oleh anak pada masa pubertas (12-20 tahun). Di samping itu tidak jarang janin yang masih berada di dalam uterus atau bayi baru lahir menderita torsio testis yang tidak terdiagnosis sehingga mengakibatkan kehilangan testis baik unilateral ataupun bilateral.

Anatomi

Testis normal dibungkus oleh tunika albuginea. Pada permukaan anterior dan lateral, testis dan epididimis dikelilingi oleh tunika vaginalis yang terdiri atas 2 lapis, yaitu lapisan viseralis yang langsung menempul ke testis dan di sebelah luarnya adalah lapisan parietalis yang menempel ke muskulus dartos pada dinding skrotum.
Pada masa janin dan neonatus lapisan parietal yang menempel pada muskulus dartos masih belum banyak jaringan penyanggahnya sehingga testis, epididimis, dan tunika vaginalis mudah sekali bergerak dan memungkinkan untuk terpluntir pada sumbu funikulus spermatikus. Terpluntirnya testis pada keadaan ini disebut torsio testis ekstravaginal. Terjadinya torsio testis pada masa remaja banyak dikaitkan dengan kelainan sistem penyanggah testis. Tunika vaginalis yang seharusnya mengelilingi sebagian dari testis pada
permukaan anterior dan lateral testis, pada kelainan ini tunika mengelilingi seluruh permukaan testis sehingga mencegah insersi epididimis ke dinding skrotum. Keadaan ini menyebabkan testis dan epididimis dengan mudahnya bergerak di kantung tunika vaginalis dan menggantung pada funikulus spermatikus. Kelainan ini dikenal sebagai anomali bellclapper. Keadaan ini akan memudahkan testis mengalami torsio intravaginal.

Patogenesis

Secara fisiologis otot kremaster berfungsi menggerakkan testis mendekati dan menjauhi rongga abdomen guna mempertahankan suhu ideal untuk testis. Adanya kelainan sistem penyanggah testis menyebabkan testis dapat mengalami torsio jika bergerak secara berlebihan. Beberapa keadaan yang menyebabkan pergerakan yang berlebihan itu, antara lain adalah perubahan suhu yang mendadak (seperti pada saat berenang), ketakutan, latihan yang berlebihan, batuk, celana yang terlalu ketat, defekasi, atau trauma yang mengenai skrotum.

Terpluntirnya funikulus spermatikus menyebabkan obstruksi aliran darah testis sehingga testis mengalami hipoksia, edema testis, dan iskemia. Pada akhirnya testis akan mengalami nekrosis.

Gambaran klinis dan diagnosis

Pasien mengeluh nyeri hebat di daerah skrotum, yang sifatnya mendadak dan diikuti pembengkakan pada testis. Keadaan itu dikenal sebagai akut skrotum. Nyeri dapat menjalar ke daerah inguinal atau perut sebelah bawah sehingga jika tidak diwaspadai sering dikacaukan dengan apendisitis akut. Pada bayi gejalanya tidak khas yakni gelisah, rewel atau tidak mau menyusui. Pada pemeriksaan fisis, testis membengkak, letaknya lebih tinggi dan lebih horizontal daripada testis sisi kontralateral. Kadang-kadang pada torsio testis yang baru saja terjadi, dapat diraba adanya lilitan atau penebalan funikulus spermatikus. Keadaan ini biasanya tidak disertai dengan demam.
Pemeriksaan sedimen urine tidak menunjukkan adanya leukosit dalam urine dan pemeriksaan darah tidak menunjukkan tanda inflamasi, kecuali pada torsio testis yang sudah lama dan telah mengalami keradangan steril.
Pemeriksaan penunjang yang berguna untuk membedakan torsio testis dengan keadaan akut skrotum yang lain adalah dengan memakai: stetoskop Doppler, ultrasonografi Doppler, dan sintigrafi testis yang kesemuanya bertujuan menilai adanya aliran darah ke testis. Pada torsio testis tidak didapatkan adanya aliran darah ke testis sedangkan pada keradangan akut testis, terjadi peningkatan aliran darah ke testis.

Diagnosis Banding


1. Epididimitis akut

Penyakit ini secara klinis sulit dibedakan dengan torsio testis. Nyeri skrotum akut biasanya disertai dengan kenaikan suhu tubuh, keluarnya nanah dari uretra, ada riwayat coitus suspectus (dugaan melakukan senggama dengan bukan isterinya), atau pernah menjalani kateterisasi uretra sebelumnya. Jika dilakukan elevasi (pengangkatan) testis, pada epididimitis akut terkadang nyeri akan berkurang sedangkan pada torsio testis nyeri tetap ada (tanda dari Prehn). Pasien epididimitis akut biasanya berumur lebih dari 20 tahun dan pada pemeriksaan sedimen urine didapatkan adanya leukosituria atau bakteriuria.

2. Hernia skrotalis inkarserata

Biasanya pada anamnesis didapatkan benjolan yang dapat keluar dan masuk ke dalam skrotum.

3. Hidrokel terinfeksi

Dengan anamnesis sebelumya sudah ada benjolan di dalam skrotum

4. Tumor testis

Benjolan tidak dirasakan nyeri kecuali terjadi perdarahan di dalam testis.

5. Edema skrotum

Dapat disebabkan oleh hipoproteinemia, filariasis, adanya pembuntuan saluran limfe inguinal, kelainan jantung, atau kelainan-kelainan yang tidak diketahui sebabnya (idiopatik)

Terapi

Detorsi Manual
Detorsi manual adalah mengembalikan posisi testis ke asalnya, yaitu dengan jalan memutar testis ke arah berlawanan dengan arah torsio. Karena arah torsio biasanya ke medial maka dianjurkan untuk memutar testis ke arah lateral dahulu, kemudian jika tidak terjadi perubahan, dicoba detorsi ke arah medial. Hilangnya nyeri setelah detorsi menandakan bahwa detorsi telah berhasil. Jika detorsi berhasil operasi harus tetap dilaksanakan.

Operasi

Tindakan operasi ini dimaksudkan untuk mengembalikan posisi testis pada arah yang benar (reposisi) dan setelah itu dilakukan penilaian apakah testis yang mengalami torsio masih viable (hidup) atau sudah mengalami nekrosis. Jika testis masih hidup, dilakukan orkidopeksi (fiksasi testis) pada tunika dartos kemudian disusul orkidopeksi pada testis kontralateral. Orkidopeksi dilakukan dengan mempergunakan benang yang tidak diserap pada 3 tempat untuk mencegah agar testis tidak terpluntir kembali, sedangkan pada testis yang sudah mengalami nekrosis dilakukan pengangkatan testis (orkidektomi) dan kemudian disusul orkidopeksi pada testis kontralateral. Testis yang telah mengalami nekrosis jika tetap dibiarkan berada di dalam skrotum akan merangsang terbentuknya antibodi antisperma sehingga mengurangi kemampuan fertilitas dikemudian hari. 

About these ads

59 thoughts on “Tortio Testis”

  1. dok mau tanya apakah yang terkena penyakit spt ini harus dioperasi. saya kemarin pagi mengalaminya. habis nyapu rumah ehhh kok sakit banget yah.
    kl dioperasi takut banget gw donk. dan biaya nya mahal ga yah
    (plzzz bls ke email ku yah willy4987@gmail.com)

    1. Mo tya dok.anak sy yg bru lhr .dia pya testis tdk sma bsr.sy tkt apakah itu bahaya dok? Anak sya jg sering rewel dan susah menyusu…bgaimana sya hrs menanganinya?

  2. wah, kalau memang benar anda mengalami testis yang terpuntir ( tortio), itu adalah kegawatan yang harus segera ditangani.
    Segera datangi rumah sakit terdekat ( yang terdapat dokter bedah, syukur2 urolog)..
    Hati2.. karena masa viabel testis pada tortio 6-12 jam.

  3. Wah, bu dokter ini keren juga yang he..he.., seneng ilmu “alat vital (baca: mata, extremitas, THT,dll ), btw ikut program PDSBK? kalo iya bgm caranya? tks

  4. DOK, SAYA LAKI2 MENGALAMI PENYAKIT YANG ADA PADA TESTIS SEBELAH KIRI. NAMUN ITU HANYA TERJADI BENJOLAN SAJA DI TESTIS KIRI SAYA,
    APAKAH ITU BISA MEMBUAT SAYA MANDUL DOK?
    UMUR SAYA 21 TAHUN
    TRUS CARA MENGATASINYA… JUJUR SAYA TAKUT OPRASI..

  5. Dok, saya mau tanya. saya sepertinya mengalami torsio testis, saya sudah merasakan keanehan pada testis saya sudah lebih dari 1,5thn. “telor” saya yg sebelah kanan, dulu awalnya terasa sakit sekali setelah saya melakukan berhubungan badan dengan istri, setelah kejadian itu (sakit hilang) “telor” saya yang kanan menjadi pendek, mendekati badan/tidak menggantung. apakah itu namanya sakit torsio testis? lalu apakah yang harus saya lakukan sekarang? apakah batang penis saya nantinya akan mengecil? dan apa efek sampingnya kalo dibiarkan saja?

    kalau emang benar torsio testis, apakah diharuskan operasi? jika tidak dioperasi apakah berbahaya?

    dok, mohon informasinya, soalnya sudah 1,5thn ini saya mengalami kekawatiran, dan baru sekarang saya mencoba mencari tahu tentang keanehan testis, soalnya kemaren2 saya anggap biasa saja (karena saya masih bisa terangsang (membesar tegang), kencing normal, dan lain sebagainya fungsi penis normal)

  6. Dok, saya mau tanya juga…

    Saya berumur 27 tahun…
    Pada tanggal 24 Desember 2008 lalu, pada saat saya mengendarai motor, testis sebelah kiri saya terasa seperti “tidak pas” posisinya, maka dari itu saya coba “betulkan” dengan cara merapihkannya…
    Akan tetapi, setelah itu, testis kiri saya terasa ngilu…
    Setelah itu, hingga beberapa hari berikutnya, testis tersebut membengkak dan nyeri…

    Tetapi saat ini, rasa nyeri sudah hilang, akan tetapi setelah saya lakukan pengecekan dengan cara meraba, pada testis kiri saya terasa seperti ada benjolan kecil yang keras dibagian bawahnya, dan testis tersebut menjadi berat dan lebih turun dari posisi testis “tetangganya”… Serta “serasa” lebih horizontal dibanding yang satunya…

    Namun, saya belum memeriksakan diri ke dokter urolog atau yang sejenisnya…

    Saya merasa sangat terganggu sekali…

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah saya menderita Torsio Testis ?
    2. Apakah ada alternatif lain pada pengobatan, selain melalui jalur operasi, karena saya cukup sangat2 takut untuk menjalaninya…

    Sebagai catatan : Saya perokok, dan pecandu kafein…
    Apakah ada effect dari hal diatas ini ?!?

    Saya mohon bantuannya…
    Terima Kasih…

  7. saya pria 29thn,waktu saya bangun tidur tiba2 testis sebelah kiri saya terasa sakit dan bengkak tapi stelah beberapa hari rasa sakit n bengkaknya hilang…trus sekarang kumat lagi,kenapa dok ya…trims

  8. Saya pria 45 tahun, jika lama saya tidak melakukan senggama dan mengeluarkan sperma testis saya yang sebelah kiri kok terasa sakit dan bengkak ya. Dan rasa sakit ini juga meuncul ketika penis saya ereksi dalam waktu yang lama ketika saya duduk. Rasa sakit itu berangsur menghilang apabila sperma saya keluarkan baik melalui sengama atau onani. Berbahayakah rasa sakit ini di kemudian hari ? Mohon penjelasannya, Dokter.

  9. dok maaf saya mau tanya tentang tunika albuginea, saya dapet tugas sekolah tapi ga nemu” ttg penyakit yg menyerangnya.. atau memang tidak ada penyakit yang menyerangnya dok ?

  10. Dok, mau nanya juga nih……
    saya pria 32th, sehabis ereksi yang agak lama,testis saya yang sebelah kanan koq agak bengkak dan sakit banget ya….terlebih ketika dalam posisi berdiri,walaupun saat itu sedang gak ereksi.Kalo dibawa duduk atau tiduran agak berkurang. Tapi besoknya rasa sakit itu hilang dengan sendirinya. Gejala apakah ini? Perlukah diperiksakan ke dokter? Kejadian seperti ini sudah sejak masih sekolah. Mohon jawabannya ke email aja yah…Terima kasih.

  11. dok saya mengalami…. pa yg di sebut pembekokan atw pemuntiran di atas tjd pada testis sebelah kanan saya dok.dan kemaren tjd di sebelah kiri. apakah harus melalui operasi dok? tidak adakah cara lain dok?
    apa yg harus saya laukan skg dok?
    saya takut operasi

  12. salam kenal.dok,saya mau nanya juga..saya 27 th,testis kanan saya nyeri tapi hilang timbul,posisi testis kanan agak horizontal,dan kalo di raba di bagian bawahnya ada benjolan kecil..saya khawatir sekali,apakah saya menderita torsio testis? ditunggu balasannya,terima kasih

  13. Sudah sekitar satu bulan ini tumbuh benjolan kecil di sekitar saluran epididimis, sebelah kiri, diameternya sekitar 1 cm, dua hari ini terasa sedikit ngilu pada testis kiri dan perut kiri bawah. Saya berencana mengunjungi dokter spesialis dalam satu dua hari ini. Mohon bantuan diagnosa awal. Apakah saya menemui urolog atau ahli kulit dan kelamin?

    Apakah yang dimaksud dengan kanker testis – saya banyak browsing – hanya terjadi pada testis saja dan bukan di luarnya, seperti kasus saya di atas?

    Apa saja yang harus saya persiapkan/ceritakan ketika menghadapi dokter nanti?
    Saya berharap mendapat jawaban juga via mail saya.
    Data saya, usia sekitar 45 tahun, menikah dan punya anak, kondisi lain sehat.

    Terima kasih.

  14. Salam, saya mau tanya dok. Umur saya 44, Sudah 2 minggu ini testis saya menggelantung terus. Terutama siang hari dan terus sampai malam. Pagi ketika bangun tidur tidak menggelantung, dan ketika siang jam 1 mulai menggelantung lagi. Tidak ada rasa nyeri atau apa hanya saya merasa risih. Apakah ini karena stres Dok?, krn saya pernah mengalaminya ketika saya stres selama 2 bulan. Sekarang saya juga sedang stres juga. Apa saya harus memakai dekkter/celana dalam yg ketat untuk sementara waktu mengatasi menggelantungnya ini? Terima kasih

  15. permisi dok saya mau tanya, penis saya jika ereksi trlalu lama dan keras menimbulkan rasa nyeri di daerah perut bagian bwah jika dlam keadaan bediri, sedangkan jika duduk dan berbaring rasa nyeri d perut dan testis berkurang .
    Apa yg terjadi pada saya dok?
    Bagaimana cara mengobatinya?
    Trima kasih

  16. salam dok….. mau tanya
    saya harap dokter berkenan….
    sudah 1 bulan penis saya selalu meneteskan urine, tidak barbau dan saya tidak merasakan sakit apa apa…walau saat kencing..
    saya muslim……jadi ribet za tiap mo sholat selalu buka cln dalm krn ada tetesan urine..
    saya mesti ke mana dan hrus gmn dok ??
    terima kasih…… smg dokter sehat selalu….

  17. dok testis sebelah kanan saya terasa agak bengkak,,tapi dikit,,trus kalo di pegang,,terasa sedikit mules sampe ke perutm..ini baru 2 hari saaya alaami,,,kal odipegang,,seperti ada yyg padat d bawah testis tapi dikit,,kalo jalan kadang terasa mules,,,,apa yg terjadi ya dok..tolong d reply k email saya,,terima kasih dok

  18. dok ………………………..

    testis sebelah kanan saya terasa agak bengkak,,tapi dikit,,trus kalo di pegang,,terasa sedikit mules sampe ke perutm..ini baru 2 hari saaya alaami,,,kal odipegang,,seperti ada yyg padat d bawah testis tapi dikit,,kalo jalan kadang terasa mules,,,,apa yg terjadi ya dok..tolong d reply k email saya,,terima kasih dok

  19. oh ya saya pengendara motor,,,terkadang,,,kalaou motor saya masuk lubang,,,(dadakan) itu suka (joknya) suka membentur langsung ke testis,,,itu terasa mulas ke perut(hal ini beberapa kali saya alami sebelum testis saya sakit seperti sekarang

  20. slamat malam dok, saya mau tanya. Tadi sore wkt saya mandi saya coba periksa2 alat kelamin. testis sbelah kiri saya lebih besar dari yang kanan (ini sudah dr kecil), tp yang anéh di saluran yg menghub antara testis dan uretra (klo ga salah epididimis) ada benjolannya skitar 1 cm kurang. letaknya di bawah testis kiri. itu apa ya dok? o iya umur saya 22 th.
    ditunggu jawabannya dok…

  21. slamat pagi dok, saya mau tanya. kemarin sore wkt saya mandi saya coba periksa2 alat kelamin. testis sbelah kiri saya lebih besar dari yang kanan (ini sudah dr kecil), tp yang anéh di saluran yg menghub antara testis dan uretra (klo ga salah epididimis) ada benjolannya skitar 1 cm kurang. letaknya di bawah testis kiri. itu apa ya dok? o iya umur saya 22 th.
    ditunggu jawabannya dok…

  22. dok.. sudah bertahun2 testis sy beda yg kanan & kiri.sebelah kiri lebih turun,sedankan yg kanan agak naik.sy juga sering mengalami sakit perut serta sakit pingggang/pegal2 dibag pinggang,apakah ini termasuk torsio testis? sy baru tau torsio testis kemarin saat baca2 buku kesehatan.ternyata banyak gejala2 yg sy alami,sprt sakit kalo melompat dgn agak meregangkan kaki.. mohon infonya..trims.. usia sy 24th.

  23. Dok saya ingin konsultasi, saya merasa ada keganjilan pada “telor” saya, di bagian kanan terdapat benjolan kecil, agak keras dan tidak sakit, dan membuat kanan lebih turun dari kiri, apakah indikasi adanya penyakit berbahaya. Tapi sejauh ini tidak ada keluhan rasa nyeri, rasa sakit atau apapun juga. Apa bila pernah terkena benturan (trauma) bisa memicu benjolan tersebut? soalnya saya dulu saat main basket pernah kena “telornya” dan terasa sakit lalu hilang. Tolong respon via email, dan ahli apa yg harus saya hubungi untuk keluhan seperti ini. Terimakasih

  24. dok sy pri usia 23 th,sy mau tanya dok ,sudah 1th “testis” kanan saya beda dngan yang kiri,Serta lebih horizontal dibanding yang satunya,dan semakin keras,..
    awal nya memang saya merasa sakit di testis saya,dan juga bengkak,tapi skrng sudah tdk bngkak lagi dan tida sakit lg,.
    apakah saya menderita torsio testis?
    dan apakah testis saya sudah mati?(nekrosis)
    apa yg sy hrus lakukan?
    mhon bantu saya dok…!!!

  25. dok,, kalo skrotum sudah terlalu menjulur ke bawah dan lembek, dan penis harus pake obat perangsang terus supaya tegang, masih bisa di obati tidak??? saya usia 27 tahun belum menikah, balas ke email. sebelumnya terima kasih banyak.

  26. dok ..sy pria 38 thn…ada benjolan lunak di testis…saat berhubungan nikmat tdk terasa..buang air kecil tersendat-sendat …mhn bantuan apa penyakit sy ini…sdh terjadi 9 thn…

  27. dok saya mau tnya.. selama ini saya mrsakan urat dalam testi sebelah kiri kek ada pembengkakan gtu.. trus testis kek menurun gak sprti dlu.. apakah itu pnyakit

  28. Dok… saya ingin konsultasi.. saya seorang pria 21 tahun.. buah skrotum saya yang sebelah kanan sangat sakit apabia teralu lama ereksi.. dan buah tsb juga lebih besar dan terkadang keduanya juga terasa sakit.
    yg ingin saya tanyakan kira2 saya mengalami sakit pa ya dok.?? pa perlu harus di operasi ?? pernah saya cek ke dokter kata nya tu tidak penyakit yang seius.
    mohon penjelasannya dokter.
    trima kasih.

  29. dok testis sebelah kanan saya terasa agak bengkak,,tapi dikit,,trus kalo di pegang,,terasa sedikit mules sampe ke perutm..ini baru 2 hari saaya alaami,,,kal odipegang,,seperti ada yyg padat d bawah testis tapi dikit,,kalo jalan kadang terasa mules,,,,apa yg terjadi ya dok..tolong d reply k email saya solusiny,,terima kasih dok

  30. saya abas umur 20th Baru 3 hari yang lalu perut saya mrasa ksakitan ditambah maag.dan saya tidak engah trnyata testis saya yg sbelah kiri agak besar(membengkak) langsng saja saya ke doctor trdkat, trnyata pd wkt ke docter saya tdk mndapatkan efek. yg ada Malah perut saya masih sakit. Lalu sy pergi urut dikira turun berok trnyata tdk.dy menganjurkan utk ke docter lagi. Stlah itu sy ke dokter sampai di impus slama 2hari memang agak enakan bdan saya. Tp testis saya tetap membengkak. Kata docter sih ga boleh bekrja keras2. Dan dsuruh istrahat slma 5hari tp ttp sja saya sudah 4hari nunggu tdk ada perubahan sama skali. Sy benar2 malu pengen trbuka ama kluarga tp maluu yg amat sangat menakutkan. Saya mrasa ktakutan akan membsar tp saya yakin ini bkan hernia karna testis sy tdk trun tdk naik cuma membesar sblah. saya bingung hrus gmana sya jga gak tw penyakit apa ini? Tolong minta saranya agar pnyakit sy trselesaikan. therayme@yahoo.co.id sblumnya sy ucapkan trimakasih banyak

  31. Dok, saya Wirdasari,mahasiswa kedokteran yg sedang koas..
    maaf sebelumnya, saya mau menanyakan tentang arah torsio testis dan detorsi manual. Dari buku Hamilton Bailey`s Demonstration of Physical Signs in Clinical Surgery Sixteen Edition disebutkan bahwa arah torsio testis adalah menjauhi midline tubuh, dimana searah jarum jam (clockwise) utk testis kanan dan berlawanan jarum jam (anti-clockwise) utk testis kiri.
    Mohon tanggapannya.
    terimakasih sebelumnya

  32. dok, saya setyo, 20 tahun, testis kanan saya terasa sakit, terutama kalau duduk lama, tapi kalau berdiri atau berjalan sakitnya hilang. atau kalau saya menyilangkan kaki kanan saya, sakitnya bisa hilang. kalau ereksi, sakitnya bisa hilang juga. saat diraba, testis kanan saya terasa lebih besar dan lebih keras sedikit dari testis kiri. kenapa ya dok? tolong jawabannya..

  33. DOK..Saya Ingin Berkonsultasi…saya seorang pria berusia 18 tahun… Biji peler saya sakit dan biji sebelah kanan lebih kecil tapi malah kantong nya terlihat lebih panjang dan menurun ke bawah…
    awal nya penyakit itu saya derita di saat usia saya 16 dan usia saya sebentar lagi 19 tahun,,
    jadi hampir 3 tahun dok saya alr air 2 hari..amin ini…saya tidak tahu apa penyakit saya sekarang…awal mula terkena nya ketiaka saya sedang sakit cacar.eh saat saya bangun tidur testis saya terasa sakit sampi keperut,tulang ekor dan paha kanan saya dok..biji kanan membesar dan bertahan hingga 1 minggu baru sembuh..di saat testis saya sakit saya takut dok..saya tidak berani bicarakan soal penyakit tetis saya kepada ortu..karena alasan malu dok…
    setelah sembuh dari cacar dan pada testis saya yang membengkak tapi rasa sakit pada biji saya saat di sentuh sepenuh na belum hilang..saya bingung dok…
    saya malu ingin menceritakan penyakit saya ini saya slalu menutupi2 nya…hingga sekarang rasa nyeri di bagian biji saya masih terasa sampai sekarang usia saya 18th…dan saya belum pernah mengobati nya sebab saya tidak tahu penyakit apa…sekarang biji saya sebelah kanan menjadi kecil tapi berkantong panjang dan terasa nyeri,,,

    BAGAIMANA dok..?
    saya ingin sekali berobat..
    tolong jelaskan dan Rply ke Email saya twincuee@yahoo.com..
    TERIMAKASIH

  34. DOK..Saya Ingin Berkonsultasi…saya seorang pria berusia 18 tahun… Biji peler saya sakit dan biji sebelah kanan lebih kecil tapi malah kantong nya terlihat lebih panjang dan menurun ke bawah…
    awal nya penyakit itu saya derita di saat usia saya 16 dan usia saya sebentar lagi 19 tahun,,
    jadi hampir 3 tahun dok saya alamin ini…saya tidak tahu apa penyakit saya sekarang…awal mula terkena nya ketiaka saya sedang sakit cacar air 2 hari .eh saat saya bangun tidur testis saya terasa sakit sampi keperut,tulang ekor dan paha kanan saya dok..biji kanan membesar dan bertahan hingga 1 minggu baru sembuh..di saat testis saya sakit saya takut dok..saya tidak berani bicarakan soal penyakit tetis saya kepada ortu..karena alasan malu dok…
    setelah sembuh dari cacar dan pada testis saya yang membengkak tapi rasa sakit pada biji saya saat di sentuh sepenuh na belum hilang..saya bingung dok…
    saya malu ingin menceritakan penyakit saya ini saya slalu menutupi2 nya…hingga sekarang rasa nyeri di bagian biji saya masih terasa sampai sekarang usia saya 18th…dan saya belum pernah mengobati nya sebab saya tidak tahu penyakit apa…sekarang biji saya sebelah kanan menjadi kecil tapi berkantong panjang dan terasa nyeri,,,

    BAGAIMANA dok..?
    saya ingin sekali berobat..
    tolong jelaskan dan Rply ke Email saya twincuee@yahoo.com..
    TERIMAKASIH

  35. ass dok, sy umur 26 thn punya kelainan membengkaknya saluran sperma dr testis(atas testis) ukuran ¤5cm pernah didiagnosa hydrokokel, benjolan ini kadang hlg dwkt pagi stlh bgun tdr, pnykt ini sdh lama sy alami, berhubung tdk menimbulkan rasa sakit atau nyeri maka sy biarkan, tp lama kelamaan perut sering melilit dbag bwh knan, pegel, nyeri pd jalur(terasa kejang)! Sy tkt kalau dioperasi brdampak mandul atau impoten! Mhon pnjelasan dokter jln terbaiknya! Trmksh

  36. ass dok, sy umur 26 thn punya kelainan membengkaknya saluran sperma dr testis(atas testis) ukuran ¤5cm pernah didiagnosa hydrokokel, benjolan ini kadang hlg dwkt pagi stlh bgun tdr, pnykt ini sdh lama sy alami, berhubung tdk menimbulkan rasa sakit atau nyeri maka sy biarkan, tp lama kelamaan perut sering melilit dbag bwh knan, pegel, nyeri pd jalur(terasa kejang)! Sy tkt kalau dioperasi brdampak mandul atau impoten! Mhon pnjelasan dokter jln terbaiknya! Trmksh, dtggu blsanya

  37. dok..
    saya mau tanya
    kalau hydrokokel itu pecah bisa mengakibatkan mandul ato impoten gk dok ? klo harus d operasi aman gk dok ? atau ada efek sampingnya ?
    tolong bales k anggit007@plasa.com yah dok
    mkasih dok sblum a

  38. Mohon arahan, di bagian testis saya ada benjolan awalnya saya rasakan ini setelah memakai celana terlalu ketat maklum saja saya atlet renang, apa kah ini berbahaya bagaimana saya bisa pulihkan ini, terimakasih atas petunjuknya

  39. dok saya mau tanya, kenapa ketika saya sudah nonton film porno atau misalkan jaman dulu sebelum menikah saya suka berciuman lama2 sama pacar saya, jika tidak dikeluarkan spermanya testis saya terasa sakit dan jika saya raba ada semacam gumpalan di testis saya,tetapi ketika sudah saya keluarkan dengan cara berhubungan intim dengan istri sakit nya langsung hilang!apakah ini gejala serius?mohon pencerahanya,terima kasih

  40. dok ,, saya berusia 32 tahun . tpi kenapa ya beberapa hari ini saya merasakan testis saya yg sebelah kanan agak ngilu yg bikin perut mules kalo di pegang atau di raba .. tpi klo di raba di bagian bawah testis saya yg sebelah kanan seperti ad gumpalan yg agak keras ,, ini penyakit atau apa ya dok ,, klo memang ini penyakit , kmana y saya mesti cek or berobat ?? krn saya gak tau dokter untuk yg urusan kaya gini .. mohon infonya y dok .. krn saya takut ini akan jdi kanker testis .. or penyebab kemandulan pada saya .. krn bulan depan saya mo merid dok .. tolong di bntu y dok ..

  41. Maaf, Permisi dok. Bisa minta waktunya sebentar?.
    Perkenalkan, saya Gavrilla.
    Saya mahasiswa, di salah satu perguruan tinggi swasta (pts) di surabaya.
    Usia 22thn.
    Saya Mau tanya tentang pembengkakan pada tesis.

    Begini Dok, saya sudah 3 hari mengidap pembengkakan pada tesis sebelah kanan. Dan disertai nyeri serta demam. Awalnya saya tidak merasa terganggu, karena saya pikir cuma ketekan aja. Tapi bengkak dan sakitnya makin menjadi.
    Kalo lagi jalan atau berdiri, nyerinya kebangetan
    sampe mules. tapi kalo lagi tidur, sakitnya mereda.

    Ini berawal waktu bangun tidur..
    Memang sih saya tidak suka pakai ‘underwear’.
    Apa benar sayan mengidap torsio tesis?. Karna gejalanya sama. Dan (maaf) lebih Mengerikan.
    Saya udah baca artikelnya…tolong pendapatnya kalo melalui operasi, melalui terapi, atau mungkin lewat obat-obatan.
    Maaf, mengenai biaya nya juga dok…kira2 aja.

    Mohon saran dan solusi terkait. Terimakasih banyak dok….

  42. dok saya pria 22th. bberaapa bulan yang lalu saya merasakan ada benjolan si testis kanan saya, nyeri kalo dipengang dan menempel pada testis. kira2 itu kanker, tumor atau apa ya dok? saya baru kepikiran menanyakan ini sekarang karena saya merasa benjolan bertambah besar. sebelumnya saya sempat mengabaikannya karena saya masih bisa kencing, ereksi, dan ejakulasi dg normal seperti biasa. terimakasih sebelumnya, dokter.

  43. dok, saya wisnu 22th. beberapa bulan ini saya merasakan ada benjolan (menempel) di testis kanan saya. kalo tersenggol sering terasa nyeri.. saya takut kalo itu tumor /kanker. mohon penjelasannya dok, makasih sebelumnya.

  44. dok, saya wisnu 22th. beberapa bulan ini saya merasakan ada benjolan (menempel) di testis kanan saya. kalo tersenggol sering terasa nyeri.. saya takut kalo itu tumor /kanker. mohon penjelasannya dok, dan bagaimana solusinya, makasih sebelumnya.

  45. Dok.. baru2 ini suami saya mengalami nyeri dibaawah perut kanan dan testis kanan. Dari hasil usg testis didiagnosa bahwa ada pembengkakan pembuluh darah dan disebutkan juga ada tanda tanda torsio awal. Dokter hanya memberikan obat dan syukur setelah seminggu sudah berangsur pulih. sebelumnya memang suami saya dibonceng dengna motor melalui jalan rusak sepanjang 9 km dan merasa duduk terjepit.
    pertayaan saya , apa yang harus dilakukan agar hal ini tidak terulang lagi. terimakasih

  46. dokter saya teddy usia 21 tahun,keluhan saya sama dengan teman2 yg diatas pada testis saya sebelah kanan(arah saya) ada benjolan diujung bawah testisnya , jadi klo terlihat ukuran testis kanan lebih besar dibandingkan sebelah kiri,sebelumnya saya sudah konsultasi kepada dokter bedah dan telah di USG hasilnya tidak apa2 dan diberi obat saja,bengkakny ilang tetapi tetapi ko jadi ada benjolan? benjolanya gak ilang2 dok kata dokternya “gak apa2″ atau hanya kode etik dokter tidak memberitahukan efek sakitnya,,sekarang apa yang harus saya lakukan dokter??kalau operasi kira2 memakan biaya berapa ya dok jika di RS.pemerintah?????terima kasih

  47. pagi dok sy berumur 27th dan sdah menikah.beberapa hari yg lalu sy dan istri brhbungan bdan tp sperma yg keluar bercampur darah. ini kjadian yg ke dua, yg pertama kaliny terjadi.2th yg lalu..pertanyaan saya apakah ada masalah dng kmaluan saya dan apakan akan brpengaruh kpada istri saya. trims dok.d tunggu jawabny.

  48. pelajar, 17 tahun.
    dok, klo saya duduk terlalu lama, di bawah testis saya, muncul benjolan keras sekali seperti kacang, namun klo saya berbaring, texturnya berubah seperti kayak kabel. saya ini pelajar, saya biasa duduk 8 jm sehari. saya kena penyakit apa? sakit sekali dok klo kambuh.

  49. Anak sy yg bru lhr punya testis besar.stlh sy prhatikan trnyata yg bsr cma satu aj dok.yg stunya kcl n letakny agak d bwh.ap itu bsa d blg torsio testis dok.ank sy jga srg rewel n kdg susah menyusu.bagaimana sya hrs menanganinya dok?

  50. dokter, anak saya usia 7 tahun kulit bijinya nempel/terlalu dekatdengan batangnya sehingga saat ereksi tititnya tidak terlalu berdiri maksimal karena tertarik oleh kulit bijinya tersebut, untuk buang air kecil dll tidak ada masalah dok.

  51. saya iskandar umur 30th Baru 2 hari yang lalu perut saya mrasa ksakitan ditambah maag.dan saya tidak engah trnyata testis saya yg sbelah kiri agak besar(membengkak saya masih sakit.. . Tp testis saya tetap membengkak. Kata docter sih ga boleh bekrja keras2. Dan dsuruh istrahat slma 5hari tp ttp sja saya sudah 4hari nunggu tdk ada perubahan sama skali. Sy benar2 malu pengen trbuka ama kluarga tp maluu yg amat sangat menakutkan. Saya mrasa ktakutan akan membsar tp saya yakin ini bkan hernia karna testis sy tdk trun tdk naik cuma membesar sblah. saya bingung hrus gmana sya jga gak tw penyakit apa ini? Tolong minta saranya agar pnyakit sy trselesaikan. iskandarairhiam@gmail.com sblumnya sy ucapkan trimakasih banyak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s